1. Uncategorized

Strategi Menghadapi Ujian Tertulis, Bikin Performa Ujian Oke!

Apa yang kalian lakukan menjelang ujian? Sebut saja ujian akan diadakan dua minggu depan, tentu kalian akan mempersiapkan mulai hari ini, bukan? Kalian perlu mempersiapkan diri dan rencana atau strategi menghadapi ujian tertulis dengan baik.

Nah, tapi ada beberapa orang yang merasa kurang mengerti bagaimana strategi menghadapi ujian tertulis. Yuk, cari tau selengkapnya di bawah ini!

Strategi Menghadapi Ujian Tertulis

Setiap semester, kemampuan belajar kita akan diujikan secara berkala. Tak hanya mental yang perlu dipersiapkan ya teman-teman, namun juga persiapan ujian tertulis. Berikut adalah strategi menghadapi ujian tertulis yang bisa mendongkrak nilai belajarmu menjadi lebih memuaskan.

Persiapkan Diri Sebaik Mungkin

Persiapkan Diri Sebaik Mungkin
Persiapkan Diri Sebaik Mungkin

Melakukan persiapan diri adalah hal yang penting lho guys. Strategi menghadapi ujian tertulis ini harus kalian kuasai karena akan menentukan kelancaran dalam ujian nanti. Bersikap rileks, tidak tergesa-gesa akan membantumu mengingat materi sehingga kalian bisa dalam mengerjakan soal.

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Jaga Kesehatan

Belajar mati-matian dan sampai lupa tidak menjaga kesehatan, oh no jangan begitu ya guys! Kesehatan itu sangat penting untuk kita sebagai manusia. Bayangkan saja kalian belajar tak kenal waktu tanpa memperhatikan makanan yang kalian makan, waktu istirahat kurang pasti kalian tidak akan maksimal dalam beraktivitas terutama belajar. 

Hindari Belajar Dengan Sistem Kebut Semalam

Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam
Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam

Siapa yang masih pakai sistem kebut semalam saat belajar? Besok ujian, eh baru hari ini belajar? Sebaiknya jangan sampai ya guys, Belajar dengan sistem kebut semalam akan menurunkan performa kalian saat ujian. Boro-boro mengerjakan ujian, jadi ngantuk deh. Hehe.

Baca Juga: Simak Rahasia Belajar Efektif di SMA Yang Bisa Kamu Coba

Buatlah Jadwal Belajar yang Efektif

Nah, seperti penjelasan sebelumnya, untuk menghindari belajar dengan sistem kebut semalam maka solusinya adalah membuat jadwal belajar yang nyaman dan asyik menurutmu. Dengan membuat jadwal belajar yang tepat, kalian akan lebih enjoy dan semangat untuk belajar. Yuk bisa yuk! Tak ada salahnya kasih waktu untuk bersantai supaya kalian tetap bisa having fun!

Buatlah Target Pembelajaran

Buatlah Target Belajar Adah Strategi Menghadapi Ujian Tertulis
Buatlah Target Belajar

Membuat target pembelajaran adalah strategi menghadapi ujian tertulis yang wajib kalian lakukan, ya. Pembuatan target pembelajaran bertujuan untuk mengukur kemampuan diri. Kelebihan dan kelemahan dalam penguasaan materi akan terlihat sehingga kalian bisa mengasah kemampuan dengan baik.

Belajar Mengelola Waktu

Target pembelajaran juga membutuhkan pengelolaan waktu yang baik. Strategi menghadapi ujian tertulis tidak akan maksimal jika kalian masih bingung dan tidak efisien dalam mengatur diri sendiri. Belajar mengelola waktu bukan bertujuan untuk membuat diri kita pandai, namun dengan menjadi disiplin kita bisa meningkatkan kemampuan diri sendiri. 

Buat Rangkuman Materi

Buat Rangkuman Materi
Buat Rangkuman Materi

Merangkum materi adalah cara efektif untuk membuatmu cepat belajar. Membuat rangkuman secara tidak langsung menjadikan kalian paham tentang materi dan rumus-rumus yang ditulis. Yuk, biasakan bikin rangkuman yang menarik supaya kalian nggak perlu takut lagi menghadapi ujian tertulis. 

Berlatih, Berlatih & Terus Berlatih

Konsistensi adalah kunci. Membiasakan diri tetap berlatih soal setiap hari akan mengasah kemampuan kalian. Ibarat pisau tumpul, jika diasah setiap hari akan menjadi tajam kan? Nah, kemampuan dalam menalar, berpikir cepat dan mengingat akan semakin terasah dan kalian tidak akan mengalami kesulitan lagi saat menghadapi soal-soal yang sulit. 

Buat Kelompok Belajar

Buatlah Kelompok Belajar
Buatlah Kelompok Belajar

Strategi menghadapi ujian tertulis selanjutnya adalah belajar bersama teman-teman. Menurut staiku.ac.id, Belajar bersama teman bisa membuat kalian jadi lebih semangat, di samping itu suasana belajar akan terasa menyenangkan dan tidak membosankan.Supaya suasana belajar bersama teman lebih kondusif, alangkah baiknya membentuk kelompok belajar sampai dengan 3 orang saja, ya kawan literasi.

Gunakan Teknik Mengingat Yang Efektif

Nah, tak dipungkiri rumus-rumus matematika atau fisika adalah banyak ya guys, dan itupun mustahil untuk kalian mengingatnya dengan baik. Untuk memudahkannya, kalian bisa meningkatkan efektivitas belajar dengan cara membuat jembatan ingatan atau akronim sederhana untuk mengingat rumus. Dijamin pasti auto sat-set. Hehe.

Hadapi Ujian Dengan Tenang

Beberapa siswa gagal memberikan hasil maksimal karena tidak menghadapi ujian dengan tenang. Hal yang harus kalian lakukan adalah rileks, ya. Dengan menghadapi ujian dengan tenang, otak akan mampu berpikir jernih sehingga mudah untuk mencari jawabannya. 

Baca Juga: 9 Strategi Sukses Dalam Ujian Kimia Yang Perlu Kamu Ketahui!

Nah, itulah strategi menghadapi ujian tertulis yang bisa kalian coba sekarang. Yuk, jangan pantang menyerah ya, kawan. Meskipun terlihat melelahkan, tapi percayalah saat kalian sudah melewati ujian dengan baik, pasti lelah akan terganti dengan kepuasan tersendiri.Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Strategi Menghadapi Ujian Tertulis, Bikin Performa Ujian Oke!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]