1. Uncategorized

Mengenal Struktur Sel Hewan & Tumbuhan Beserta Bagiannya!

Semua makhluk hidup tersusun atas struktur sel yang beragam, tak terkecuali manusia,hewan, dan tumbuhan. Dengan kata lain, sel merupakan susunan terkecil untuk menyusun tubuh makhluk hidup. Sel ini akhirnya akan berkembang biak dengan cara mitosis atau membelah diri. Tentunya, setiap jenis makhluk hidup memiliki susunan sel yang berbeda-beda.

Secara fungsional, sel ini mampu menjalankan fungsi kehidupan. Di antaranya adalah menyerap gizi-gizi makanan, mengubah gizi tersebut menjadi sebuah energi serta memanfaatkannya untuk menjalankan fungsi-fungsi tubuh.  Nah, pembahasan kali ini kalian akan mengenal satu per satu bagian sel hewan dan tumbuhan beserta struktur selnya. Simak terus ya!

Jenis-Jenis Struktur Sel

Berbicara mengenai struktur sel makhluk hidup, ia terbagi menjadi dua jenis yaitu prokariotik dan eukariotik. Kira-kira apa yang perbedaan di antara keduanya? daripada penasaran yuk kita bahas satu per satu.

Prokariotik

Prokariotik berasal dari bahasa Yunani, kata “pro” yang berarti sebelum sedangkan “karyon” artinya adalah inti. Jadi, prokariotik merupakan sel yang tidak mempunyai membran inti sehingga materi genetiknya berupa DNA terletak bebas di dalam sitoplasma. Jenis sel ini dapat ditemukan pada bakteri dan ganggang hijau biru. 

Artikel Terkait

  • Struktur Teks Laporan Percobaan, Ciri-Ciri dan Contohnya
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 17, 2023 at 11:48 am

    Teks laporan percobaan merupakan salah satu jenis teks yang ada dalam materi Bahasa Indonesia. Teks ini berfungsi untuk melaporkan percobaan yang dilakukan oleh seorang penulis. Penulisannya tentu tidak boleh asal, sebab teks ini harus menyatakan fakta hasil dari percobaan dan disusun dengan sistematis. Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak artikel berikut hingga akhir, Kawan Literasi! Apa Artikel Struktur Teks Laporan Percobaan, Ciri-Ciri dan Contohnya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 13 Tanda Baca, Fungsi, dan Contoh Penggunaan sesuai EYD
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 17, 2023 at 8:38 am

    Dalam suatu kalimat, terdapat tanda baca yang biasanya digunakan. Baik itu kalimat pernyataan, kalimat tanya, atau kalimat seruan. Masing-masing menggunakan tanda baca sesuai fungsinya. Contohnya, tanda titik (.) yang umumnya digunakan untuk mengakhiri suatu kalimat berita.  Fungsi tanda baca adalah memudahkan pembaca untuk memberi jeda, mengetahui struktur suatu kalimat, dan menentukan intonasi. Lalu, bagaimana fungsi Artikel 13 Tanda Baca, Fungsi, dan Contoh Penggunaan sesuai EYD pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pencemaran Tanah: Komponen Pencemar, Dampak, dan Penanganan
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 17, 2023 at 2:01 am

    Pencemaran tanah terjadi jika terdapat makhluk hidup, zat, maupun komponen lain ke dalam tanah hingga kualitas tanah menurun. Biasanya pencemaran tanah kerap terjadi akibat bahan kimia buatan manusia yang merubah lingkungan tanah. Apa saja sumber pencemaran tanah, dampak, dan cara menanganinya? Untuk mengetahuinya, simak artikel Studio Literasi kali ini hingga akhir, Kawan Literasi! Pencemaran Tanah Artikel Pencemaran Tanah: Komponen Pencemar, Dampak, dan Penanganan pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Konjungsi: Ketahui Jenis-Jenis hingga Contoh Penggunaannya
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 5, 2023 at 3:44 am

    Konjungsi lebih akrab disebut sebagai kata hubung. Konjungsi berfungsi menghubungkan dua klausa maupun frasa dalam sebuah kalimat agar saling berkesinambungan. Contoh paling umum yaitu dan, tetapi, maupun, sedangkan, dan lain sebagainya.  Namun tahukah Kawan Literasi jika konjungsi memiliki berbagai macam jenis dan penggunaannya yang berbeda? Simak artikel Studio Literasi kali ini hingga selesai untuk mengetahuinya Artikel Konjungsi: Ketahui Jenis-Jenis hingga Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Eukariotik

Eukariotik adalah gabungan dari kata dalam bahasa Yunani. Ia terdiri dari kata “Eu” yang berarti sejati dan “karyon” artinya adalah inti. Sel eukariotik berbeda dengan sel prokariotik. Pada sel eukariotik, ia mempunyai nukleus yang dikelilingi oleh dua membran sel yaitu sitoplasma dan membran sel  

Baca Juga : Mengenal Porifera Sebagai Biota Laut Beserta Penjelasannya

Bagian & Struktur Sel Makhluk Hidup

Secara umum, sel hewan dan tumbuhan memiliki struktur sel yang sama, namun mempunyai tipe yang berbeda-beda. Nah, selanjutnya kalian akan berkenalan dengan struktur sel atau bagian-bagian pembentukannya. 

Dinding Sel

Lapisan terluar sel tumbuhan bernama dinding sel.Ia terdiri atas tiga lapisan antara lain primer, sekunder, dan lapisan lamela. Organel tumbuhan ini terbentuk dari selulosa, pektin, dan lignin.

Dinding sel  berfungsi untuk melindungi sel dan membatasi ruang sel untuk berkembang. Ia juga berperan penting dalam menjaga pertukaran zat protein, hormon,  dan beberapa molekul yang diperlukan oleh pertumbuhan sel-sel.

Membran sel

Membran Sel
Membran Sel

Kalian pernah nggak sih merhatiin kenapa lapisan terluar buah ada kulit baik kulit bertekstur keras atau tipis? Ternyata kulit tersebut berfungsi untuk melindungi bagian dalam buah. Begitupun dengan membran sel.

Membran sel merupakan lapisan tipis yang berguna untuk mengelilingi dan melindungi nukleoplasma. Bagian ini adalah batas antara sel dengan cairan di sekitarnya. Organel ini terbuat dari lipoprotein (lipid dan protein), bersifat semipermeabel. Apa itu semipermeabel? suatu membran polimer biologis yang tersusun atas fosfolipid lapisan ganda sehingga hanya air dan zat-zat tertentu yang bisa menembusnya. 

Sitoplasma

Struktur sel selanjutnya adalah sitoplasma. Terletak di antara membran plasma dan inti sel (nukleoid). Sebagian besar, ia mengandung zat air, karbohidrat, lemak, protein, mineral dan beberapa vitamin. Bagian ini berperan untuk menyimpan dan menghasilkan zat-zat kimia yang dibutuhkan oleh sel. Selain itu, ia turut menjaga bentuk dan struktur sel dengan serat-serat protein. 

Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma
Retikulum Endoplasma

Organel ini memiliki bentuk seperti benang pada bagian inti sel. Struktur sel ini bisa ditemukan pada semua sel-sel eukariotik. Retikulum endoplasma menyebar luas hingga separuh lebih dari total membran sel eukariotik. Jaringan membran yang terdiri dari tabung dan kantong membran, ia berfungsi untuk mensintesis, modifikasi dan mengangkut bahan-bahan yang diperlukan di dalam sel. 

Mitokondria

Tahu nggak kalian jika sel itu butuh makan alias energi untuk kelangsungan hidupnya? Nah, struktur sel bernama mitokondria ini akan memproduksi energi bagi sel. Energi tersebut dalam bentuk ATP (Adenosine Triphosphate). Julukannya sebagai The Power House ini mampu mengubah energi kimia menjadi energi lainnya.

Proses pembuatan energi atau metabolisme sel ini dilakukan oleh mitokondria. Ia mampu mengubah glukosa dan oksigen menjadi energi sebelum diedarkan oleh retikulum endoplasma.  Tak hanya itu ia juga berperan penting dalam pernafasan sel.    

Mikrofilamen 

Organel berikutnya adalah kerangka sel (sitoskeleton) berdiameter 7 nm dan tersusun dari protein-protein aktin. Protein aktin tersebut adalah sejenis protein globular.  Protein atau filamen aktin  tersusun sejajar satu sama lain dengan filamen lainnya sehingga terbentuk protein yang disebut miosin. 

Mikrofilamen juga memberikan dukungan struktural pada sel dan mempertahankan bentuknya. Fungsinya adalah menahan gaya tarik mikrotubula. Selain itu, ia berperan aktif dalam pergerakan sel, kontraksi otot, dan pembentukan kaki palsu (pseudopodia). 

Lisosom

Organel Lisosom
Lisosom

Organel ini berfungsi untuk mengontrol sistem pencernaan intraseluler, menghancurkan sel-sel yang rusak. Struktur sel ini juga berfungsi melakukan fagositosis. Fagositosis adalah proses eliminasi partikel asing yang masuk ke dalam sel. 

Peroksisom

Peroksisom merupakan organel yang terikat oleh lapisan membran. Ia mengandung granula-granula halus berenzim katalase. Fungsi peroksisom dalam struktur sel adalah memecah asam lemak menjadi karbohidrat serta mendetoksifikasi senyawa racun seperti hidrogen peroksida (H₂O₂) menjadi molekul netral dengan bantuan enzim peroksidase. 

Ribosom

Ribosom merupakan organel padat berukuran kecil sekitar 20 nm. Mengandung 35% protein ribosom dan 65% RNA ribosom. Selain itu, ia juga mengandung karbohidrat, lemak, dan mineral. Struktur sel ribosom berfungsi dalam penggabungan RNA menjadi rantai polipeptida dengan bantuan asam amino. 

Badan Golgi 

Bagian Sel Tumbuhan Yaitu Badan Golgi
Bagian Sel Tumbuhan Yaitu Badan Golgi

Badan golgi adalah organel yang terletak di dalam sel eukariotik. Setiap sel hewan dan tumbuhan  mempunyai badan golgi. Apa itu badan golgi? kantong pipih berbentuk cakram dan bercabang. Struktur sel ini mempunyai peran dalam ekskresi sel yaitu mengumpulkan karbohidrat dan zat lainnya ke permukaan sel. 

Di dalamnya ada bagian cisterna. Bisa ditemukan dengan jumlah yang bervariasi tergantung pada jenis sel dan aktivitas metabolisme.Dalam sel makhluk hidup terdapat sekitar 10-20 badan golgi yang terikat oleh membran. 

Nukleus

Nukleus merupakan organel terkecil yang mengandung materi genetik berupa DNA (Deoksiribonukleat) linear panjang membentuk kromosom. Fungsi nukleus atau inti sel ini adalah mengatur sekaligus mengendalikan aktivitas-aktivitas sel hewan, termasuk menjaga metabolisme sel. Struktur sel ini juga disebut sebagai pusat informasi. 

Membran Inti

Komponen utama yang melapisi selutuh organel adalah membran inti. Ia berguna sebagai penghalang antara inti sel dan sitoplasma. Berbeda dengan membran sel yang bersifat semipermeabel, justru membran ini sebaliknya. semua zat bisa masuk ke dalam membran inti melalui pori-pori. 

Vakuola

Organel ini hanya ada di dalam sel tumbuhan. Vakuola berada di dalam membran yang berisi cairan. Cairan tersebut seperti enzim, lipid, alkaloid, garam mineral, glukosa, dan metabolit sekunder lainnya. Fungsi dari vakuola adalah mengatur turgiditas sel dan menyimpan zat cadangan makanan seperti minyak atsiri, glukosa, asam organik serta minyak atsiri. 

Plastida

Masih dalam sel tumbuhan, ada satu organel yang tidak dijumpai pada sel hewan yaitu plastida. Ia dapat membelah secara majemuk dan dapat tumbuh dalam berbagai bentuk.  Plastida bisa dijumpai pada bagian daun pada tumbuhan. Ia akan berwarna hijau karena mengandung klorofil dan biasa disebut kloroplas. Kloroplas ini berfungsi sebagai proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan. 

Baca Juga : Mengenal Definisi Mollusca, Karakteristik dan Klasifikasinya

Perbedaan Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan

Sel Hewan
Sel Hewan

Sel hewan termasuk ke dalam sel eukariotik. Tahukah kalian jika manusia termasuk ke dalam sel hewan? Struktur selnya tersusun dari mitokondria, sentriol, nukleus, kromatin, ribosom, retikulum, endoplasma, dll. Di dalam sel hewan mengandung materi genetik yang mengandung membawa sifat individu. Dengan adanya pembawaan genetik, maka pewarisan sifat sangat mungkin terjadi.

Sel Tumbuhan
Sel Tumbuhan

Sel hewan dan sel tumbuhan memang berbeda. Hal ini juga karena kebutuhan dan cara bertahan hidup antara hewan dan tumbuhan juga berbeda. Perbedaan mendasar ialah sel hewan tidak mempunyai plastida (kloroplas), dinding sel dan vakuola. Sel hewan adalah organel terkecil yang terbungkus oleh membran tipis dan berisi larutan koloid. Unit terkecil ini mampu untuk melakukan proses pembelahan karena mengandung karbohidrat dan lipid. 

Kesimpulan

Struktur sel makhluk hidup terbagi menjadi dua bagian yaitu prokariotik dan eukariotik. Contoh sel prokariotik antara lain bakteri dan gangga hijau. Sedangkan contoh dari sel eukariotik adalah sel hewan, tumbuhan, dan manusia. Setiap sel memiliki bagian-bagaian organel yang berfungsi sendiri-sendiri. Selain itu sel hewan dan tumbuhan memiliki beberapa perbedaan seperti dinding sel, vakuola, serta plastida (kloroplas). 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Struktur Sel Hewan & Tumbuhan Beserta Bagiannya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Untuk menyelenggarakan kegiatan lingkup negara maupun daerah, pasti membutuhkan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, Undang-Undang di Indonesia telah mengatur pengelolaan dana melalui APBN dan APBD. Meskipun sama-sama bertujuan untuk mengatur pendanaan, keduanya juga memiliki perbedaan dalam hal sumber serta fungsinya. Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak artikel kali ini hingga selesai, ya, Kawan Literasi! […]
    Halo kawan literasi, akhirnya kita akan berjumpa lagi. By the way, pernahkah kalian membeli snack atau ice cream dari supermarket lalu terlintas kalian berpikir plastik itu terbuat dari apa? Kemudian saat kalian memasak, kalian pasti heran mengapa pegangan alat masak terasa begitu solid dan ringan? Peristiwa-peristiwa di atas merupakan contoh dari kegunaan polimer dalam kehidupan […]

    Trending

    Cause and effect merupakan salah satu jenis kalimat yang paling sering digunakan baik dalam teks maupun percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui cara menyusun kalimat ini dengan benar. Sebagian orang pun masih melakukan kesalahan dalam menyatakan sebab dan akibat dalam bahasa Inggris.  Misalnya, “Because sick, she can’t come to school.” Klausa pertama […]
    Puisi terbagi menjadi dua jenis, yaitu puisi lama dan puisi baru. Perbedaan yang signifikan diantara keduanya yaitu pada aturan penulisannya. Puisi lama biasanya lebih kaku karena adanya aturan seperti jumlah kata dan pengulangan kata. Setiap jenisnya pun memiliki ketentuannya sendiri. Kawan Literasi pasti sudah tidak asing dengan pantun atau syair. Pantun dan syair merupakan beberapa […]
    Kerajaan Kediri dikenal dengan nama Kerajaan Panjalu. Kerajaan ini berdiri pada sekitar abad ke-12 tahun 1042-1222. Berada di tepi Sungai Brantas, Jawa Timur, dahulu kerajaan ini merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno dengan corak Hindu. Bagaimana kehidupan masa kerajaan ini berdiri dan apa penyebab keruntuhannya? Simak artikel kali ini hingga selesai! Awalnya, kerajaan ini adalah hasil […]
    Sebagai makhluk sosial, manusia tentu melakukan interaksi sosial. Nah, untuk bisa hidup dengan teratur, perlu sistem yang dapat mengaturnya, yaitu lembaga sosial. Institusi seperti sekolah, perusahaan, bahkan keluarga pun merupakan bentuk dari lembaga sosial.  Menurut Koentjaraningrat, pengertian lembaga sosial adalah sistem tata kelakuan dan relasi yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan hidup ini mencakup […]