1. Kelas 10 matematika

Mengenal Sudut Istimewa Trigonometri beserta Jenisnya!

Dalam ilmu matematika, kalian sebagai siswa sekolah menengah pasti tidak asing dengan istilah sudut istimewa. Ilmu ini kalian temui saat mempelajari sudut segitiga dalam trigonometri. Beberapa orang menganggap pelajaran ini cukup membingungkan. Namun kalian tidak perlu khawatir karena kita akan kupas satu per satu penjelasan di bawah ini!

Pengertian Sudut Istimewa

Berbicara tentang trigonometri maka langkah yang pertama adalah mengetahui nilai sinus, cosinus, ataupun tangen. Namun, jika kalian ingin mengetahui nilai sudut istimewa, kalian tidak perlu untuk menghitungnya. Beberapa sudut yang dimaksud antara lain 0°, 30°, 45°, 60°, dan 90°. Sederhananya jika bukan sudut-sudut tadi, maka tidak termasuk sudut istimewa.

Ilmu ini berguna dalam pendekatan memecahkan masalah, terutama di bidang teknik. Biasanya, dalam kelautan dan penerbangan ilmu ini untuk menavigasi kapal dan pesawat terbang. Pada penjelasan kali ini, kita akan mempelajari sudut istimewa dalam kuadran I (0° – 90°)

Berikut adalah tabel trigonometri dengan sudut istimewa (kuadran I).

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

 

Fungsi30°45°60°90°
Sin0½ ½ 2½ 31
Cos1½ 3½ 2½0
Tan0½ 313

 

Sudut Istimewa

 

Sudut Istimewa 0 Derajat
Sudut Istimewa 0°

Sesuai dengan namanya, berarti sudut ini membuat segitiga menjadi sebuah garis lurus. Dengan kata lain, sisi miring, sisi depan dan sisi samping bergabung menjadi satu membentuk sudut sebesar 0°. 

Sudut Istimewa 30°

Sudut Istimewa 30 Derajat
Sudut Istimewa 30°

Prinsipnya yaitu membuat salah satu sudut pada segitiga siku-siku sebesar 30°.  Ia dibentuk dari segitiga siku-siku yang semula adalah segitiga sama sisi maka untuk mempermudah nilai sisi pada segitiga sama sisi, ia bernilai dua. Pemilihan nilai dua ini supaya segitiga sama sisi dibagi menjadi dua bagian akan mendapatkan segitiga sama siku yang ideal.Jadi, setelah pembagian menjadi dua bagian yang sama besar, maka nilainya menjadi satu sebagai sisi depan. Secara tidak langsung akan membentuk sudut 30°dengan panjang sisi samping 3. Sampai poin ini cukup paham, bukan? 

Sudut Istimewa 45°

Sudut Istimewa 45 Derajat
Sudut Istimewa 45°

Nah, konsep sudut istimewa dengan 45° diilustrasikan mula-mula dengan gambar persegi. Memiliki panjang sisi (a) yang sama inilah akan terbagi secara diagonal. Kemudian, besaran sudut yang terbentuk adalah sebesar 45° terhadap sisi miring 2  dengan sisi depan dan sisi samping.

Sudut Istimewa 60°

Sudut Istimewa 60 Derajat
Sudut Istimewa 60°

Selanjutnya adalah sudut istimewa 60°ini terbentuk dari segitiga siku-siku yang awal mulanya adalah segitiga sama sisi. Panjang sisi miring sebesar dua, lalu untuk bagian sisi samping akan menjadi satu karena sisinya sudah terbagi dua. Dengan begitu nilai dari sisi depannya adalah 3.

Sudut Istimewa 90°

Sudut Istimewa 90 Derajat
Sudut Istimewa 90°

 

Sudut istimewa 90° pada segitiga siku-siku menjelaskan bahwa sisi samping, sisi depan dan sisi miring membentuk sebuah garis lurus. Sehingga, sisi miring dan sisi depan mempunyai nilai yang sama yaitu satu. Sedangkan panjang sisi samping memiliki nilai 0. 

Kesimpulan

Sebenarnya untuk mengetahui sudut-sudut istimewa tidak perlu kalian hitung, karena memang cukup melihat tabel sudut istimewa, kalian sudah tahu nilainya. Setiap perhitungan sin cos dan tan pada setiap sudut-sudut istimewa tentulah berbeda, kalian harus cermat mengenali setiap sisinya dan nilai-nilai yang sudah ada. Sehingga ia bisa menjadi petunjuk kalian dalam mengerjakan soal. 

 

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Sudut Istimewa Trigonometri beserta Jenisnya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]