1. Kelas 11 Fisika

Suhu dan Kalor

Sobat Studioliterasi pasti sudah tidak asing dengan yang namanya suhu dan kalor. Secara umum suhu ditunjukan dengan satuan derajat. Suhu juga memiliki skala umum yang digunakan dalam termometer. Salah satu yang biasa dikenal orang adalah Celcius. Selain itu terdapat beberapa jenis lain skala umum yang biasa digunakan untuk mengukur suhu.

Lebih lanjutnya akan kita bahas pada artikel ini. Kali ini Studioliterasi telah merangkum tentang materi suhu dan kalor. Kira-kira apa sih yang dimaksud dengan suhu dan kalor? Dan bagaimana cara menghitungnya? Yuk, kita simak pada pembahasan dibawah ini. 

Pengertian Suhu dan Kalor

Suhu adalah ukuran yang digunakan untuk menyatakan energi panas yang tersimpan dalam suatu benda. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah termometer. Sedangkan, Kalor adalah perpindahan energi panas dari suhu tinggi ke suhu yang lebih rendah. Satuan yang digunakan dalam kalor adalah Joule. Namun, sering juga digunakan satuan kalori yang sama dengan 4,2 Joule. Terdapat 4 skala umum yang digunakan dalam termometer :

  1. Celcius (°C)
  2. Reamur (°R)
  3. Fahrenheit (°F)
  4. Kelvin (K)

Macam-macam Kalor

Kalor atau perpindahan panas dapat dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan medium perantaranya, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Berikut ini adalah penjelasan dari macam-macam kalor.

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  1. Konduksi

Konduksi merupakan perpindahan panas melalui zat padat tanpa disertai perpindahan partikel-partikelnya.

Contoh :

  • Benda yang terbuat dari logam akan terasa panas jika ujungnya dipanaskan.
  • Mentega yang dipanaskan di wajan akan meleleh karena panas.
  • Knalpot akan menjadi panas saat mesin motor dihidupkan.
  1. Konveksi

Konveksi merupakan perpindahan panas melalui zat perantara atau medium yang disebabkan oleh pergerakan zat tersebut dan disertai perpindahan partikel-partikelnya. Konveksi dapat terjadi pada zat cair dan gas.

Contoh :

  • Gerakan naik dan turun kacang, kedelai atau lainnya pada saat dipanaskan.
  • Terjadinya angin darat.
  • Gerakan naik dan turun air ketika dipanaskan.
  1. Radiasi

Radiasi merupakan perpindahan panas yang tidak membutuhkan zat perantara atau medium.

Contoh :

  • Sinar matahari yang masuk ke bumi meskipun melalui ruang hampa..
  • Menetaskan telur menggunakan cahaya lampu.
  • Pakaian akan kering ketika dijemur dibawah terik matahari

Rumus Suhu dan Kalor

Suhu dan kalori adalah dua hal yang saling berkaitan karena keduanya memiliki hubungan sebab-akibat. Untuk menghitung dan membuktikan perpindahan kalor dapat menggunakan suhu. Sehingga untuk menghitung kalor perlu diketahui suhunya terlebih dahulu. Berikut ini merupakan rumus untuk menghitung suhu dan kalor.

Suhu dan Termometer

Dalam termometer terdapat 4 jenis skala umum yang biasa digunakan. Skala yang umum digunakan pada kehidupan sehari-hari adalah Celcius dan Fahrenheit, sedangkan skala yang digunakan sebagai satuan Internasional adalah Kelvin. Untuk mengubah atau mengkonversi besaran suhu dari skala satu ke skala lainnya dapat menggunakan rumus seperti berikut.

Rumus Konversi Suhu

 CelciusReamurFahrenheitKelvin
CelciusTCelcius ReamurCelcius FahrenheitT + 273
ReamurReamur CelciusTReamur FahrenheitReamur Kelvin
FahrenheitFahrenheait CelciusFahrenheit ReamurTFahrenheit Kelvin
KelvinT – 273Kelvin ReamurKelvin FahrenheitT

Kalor

Terdapat beberapa cara untung menghitung besaran kalor, yaitu berdasarkan adanya perubahan suhu atau tidak ada perubahan suhu.

Jika mengalami perubahan suhu :

Q = m.c.ΔT

Jika tidak mengalami perubahan suhu :

Es menjadi Cair

Q = m.L

Cair menjadi Gas (Uap)

Q = m.U

Keterangan :

Q = Kalor (J)
m = Massa benda (Kg)
c = Kalor jenis (J/Kg℃)
ΔT = perubahan suhu (℃)
L = Kalor lebur (J/Kg)
U = Kalor uap (J/Kg)

Asas Black

Asas Black adalah hukum atau prinsip yang menyatakan bahwa banyaknya jumlah kalor yang dilepas zat yang memiliki suhu lebih tinggi sama dengan banyaknya jumlah kalor yang diterima zat bersuhu lebih rendah. Berikut ini merupakan rumus pernyataan Asas Black.

Qlepas = Qterima

 m1.c1.(T1 – Tm) = m2.c2.(Tm – T2

Keterangan :

m1 = Massa benda dengan suhu lebih tinggi
c1 = Kalor jenis benda dengan suhu lebih tinggi
T1 = Suhu benda dengan dengan suhu lebih tinggi
m2 = Massa benda dengan suhu lebih rendah
c2 = Kalor jenis benda dengan suhu lebih rendah
T2 = Suhu benda dengan dengan suhu lebih rendah
Tm = Suhu campuran atau suhu akhir

Contoh soal Suhu dan Kalor

  1. Panas sebesar 12 kJ diberikan pada sepotong logam dengan massa 2500 gram yang memiliki suhu 30℃, Jika kalor jenis logam adalah 0,2 kalori/gr℃, maka tentukan suhu akhir logam!

    Pembahasan 
    Diketahui :
    Q = 12 kilojoule = 12000 Joule
    m = 2500 gram = 2,5 kg
    T1 = 30℃
    c = 0,2 kal/gr℃ = 0,2 x 4200 Joule/Kg℃ = 840 Joule/Kg℃

    Ditanya : T2 = ?

    Q = m.c.ΔT
    12000 = (2,5).(840).ΔT
    ΔT= (12000/2100) = 5,71℃

    T2 = T1 + ΔT
    T2 = 30 + 5,71
    T2 = 35,71℃
  1. Sebuah es dengan massa 800 gram memiliki suhu 0℃ hendak dicairkan hingga keseluruhan es menjadi air yang bersuhu 0℃. Jika jenis kalor es 0,5 kal/gr℃, dan kalor lebur es adalah 80 kal/gr, tentukan banyak kalor yang dibutuhkan! (nyatakan dalam kilokalori)

    Pembahasan
    Diketahui :
    m = 500 gram
    L = 80 kalori/gr

    Ditanya : Q = ?
    Q = m.L
    Q = (500).(80)
    Q = 40000 kalori
    Q = 40 kkal

Itulah penjelasan materi mengenai Suhu dan Kalor. Bagaimana? Mudah bukan? Jangan lupa untuk banyak mengerjakan latihan soal agar teman-teman menjadi lebih paham lagi ya! Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

Baca juga:
Energi dan Daya Listrik
Hukum Kirchoff

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Suhu dan Kalor

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]