1. Kelas 11 Fisika

Suhu dan Kalor

Sobat Studioliterasi pasti sudah tidak asing dengan yang namanya suhu dan kalor. Secara umum suhu ditunjukan dengan satuan derajat. Suhu juga memiliki skala umum yang digunakan dalam termometer. Salah satu yang biasa dikenal orang adalah Celcius. Selain itu terdapat beberapa jenis lain skala umum yang biasa digunakan untuk mengukur suhu.

Lebih lanjutnya akan kita bahas pada artikel ini. Kali ini Studioliterasi telah merangkum tentang materi suhu dan kalor. Kira-kira apa sih yang dimaksud dengan suhu dan kalor? Dan bagaimana cara menghitungnya? Yuk, kita simak pada pembahasan dibawah ini. 

Pengertian Suhu dan Kalor

Suhu adalah ukuran yang digunakan untuk menyatakan energi panas yang tersimpan dalam suatu benda. Alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah termometer. Sedangkan, Kalor adalah perpindahan energi panas dari suhu tinggi ke suhu yang lebih rendah. Satuan yang digunakan dalam kalor adalah Joule. Namun, sering juga digunakan satuan kalori yang sama dengan 4,2 Joule. Terdapat 4 skala umum yang digunakan dalam termometer :

  1. Celcius (°C)
  2. Reamur (°R)
  3. Fahrenheit (°F)
  4. Kelvin (K)

Macam-macam Kalor

Kalor atau perpindahan panas dapat dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan medium perantaranya, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Berikut ini adalah penjelasan dari macam-macam kalor.

Artikel Terkait

  • Contoh Kalimat Fakta: Pengertian & Cara Mencarinya!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on November 30, 2023 at 2:12 pm

    Contoh Kalimat fakta merupakan salah satu kalimat yang hampir dapat kita jumpai di berbagai sumber, seperti artikel pada website, brosur, buku hingga tulisan pada layar televisi. Jika kalimat tersebut sesuai dengan apa yang terjadi dan dilakukan, maka dapat disebut sebagai kalimat fakta. Singkatnya, kalimat fakta itu kalimat yang menjelaskan bahwa hal tersebut benar-benar terjadi. Oh Artikel Contoh Kalimat Fakta: Pengertian & Cara Mencarinya! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Kalimat Deskripsi, Cara Membuatnya & Kegunaannya!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on November 29, 2023 at 2:51 pm

    Selain mempelajari kalimat definisi, pada pelajaran Bahasa Indonesia kita juga mempelajari tentang kalimat lainnya. Salah satunya, kalimat deskripsi. Kalimat ini termasuk yang mudah untuk dipelajari serta dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari kita.  Karena caranya dengan hanya melihat objeknya secara langsung. Kita sudah bisa mendeskripsikan dari berbagai unsur. Misal kalau makhluk hidup berupa fisik dan perilaku. Sedangkan, Artikel Contoh Kalimat Deskripsi, Cara Membuatnya & Kegunaannya! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Kalimat Definisi: Pengertian Ahli, Cara Membuat & Contoh!
    by Aloysius Juhandi (Studio Literasi) on November 28, 2023 at 1:02 pm

    Ada berbagai macam kalimat yang pernah kita pelajari pada saat pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satunya adalah kalimat definisi. Kalimat ini biasanya digunakan untuk menjelaskan suatu objek atau topik yang kita bicarakan.  Ternyata, kalimat ini memiliki pengertian yang lebih luas, yang bukan hanya sekadar pengertian dan contoh saja.  Untuk lebih luasnya akan Studioliterasi akan membahasnya melalui Artikel Kalimat Definisi: Pengertian Ahli, Cara Membuat & Contoh! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Cara Mempelajari Volume Kubus & Rumusnya!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on November 27, 2023 at 3:40 pm

    Ketika berada di kelas 5 dan 6 SD, kita mendapatkan materi mengenai bangun ruang , pada pelajaran Matematika. Materinya sudah lebih mendalam pembahasannya. Salah satunya, materi tentang menghitung volume. Materi ini merupakan salah satu materi yang bisa dibilang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Maka tidak heran banyak yang tidak paham dan akhirnya pada saat Artikel Cara Mempelajari Volume Kubus & Rumusnya! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  1. Konduksi

Konduksi merupakan perpindahan panas melalui zat padat tanpa disertai perpindahan partikel-partikelnya.

Contoh :

  • Benda yang terbuat dari logam akan terasa panas jika ujungnya dipanaskan.
  • Mentega yang dipanaskan di wajan akan meleleh karena panas.
  • Knalpot akan menjadi panas saat mesin motor dihidupkan.
  1. Konveksi

Konveksi merupakan perpindahan panas melalui zat perantara atau medium yang disebabkan oleh pergerakan zat tersebut dan disertai perpindahan partikel-partikelnya. Konveksi dapat terjadi pada zat cair dan gas.

Contoh :

  • Gerakan naik dan turun kacang, kedelai atau lainnya pada saat dipanaskan.
  • Terjadinya angin darat.
  • Gerakan naik dan turun air ketika dipanaskan.
  1. Radiasi

Radiasi merupakan perpindahan panas yang tidak membutuhkan zat perantara atau medium.

Contoh :

  • Sinar matahari yang masuk ke bumi meskipun melalui ruang hampa..
  • Menetaskan telur menggunakan cahaya lampu.
  • Pakaian akan kering ketika dijemur dibawah terik matahari

Rumus Suhu dan Kalor

Suhu dan kalori adalah dua hal yang saling berkaitan karena keduanya memiliki hubungan sebab-akibat. Untuk menghitung dan membuktikan perpindahan kalor dapat menggunakan suhu. Sehingga untuk menghitung kalor perlu diketahui suhunya terlebih dahulu. Berikut ini merupakan rumus untuk menghitung suhu dan kalor.

Suhu dan Termometer

Dalam termometer terdapat 4 jenis skala umum yang biasa digunakan. Skala yang umum digunakan pada kehidupan sehari-hari adalah Celcius dan Fahrenheit, sedangkan skala yang digunakan sebagai satuan Internasional adalah Kelvin. Untuk mengubah atau mengkonversi besaran suhu dari skala satu ke skala lainnya dapat menggunakan rumus seperti berikut.

Rumus Konversi Suhu

 CelciusReamurFahrenheitKelvin
CelciusTCelcius ReamurCelcius FahrenheitT + 273
ReamurReamur CelciusTReamur FahrenheitReamur Kelvin
FahrenheitFahrenheait CelciusFahrenheit ReamurTFahrenheit Kelvin
KelvinT – 273Kelvin ReamurKelvin FahrenheitT

Kalor

Terdapat beberapa cara untung menghitung besaran kalor, yaitu berdasarkan adanya perubahan suhu atau tidak ada perubahan suhu.

Jika mengalami perubahan suhu :

Q = m.c.ΔT

Jika tidak mengalami perubahan suhu :

Es menjadi Cair

Q = m.L

Cair menjadi Gas (Uap)

Q = m.U

Keterangan :

Q = Kalor (J)
m = Massa benda (Kg)
c = Kalor jenis (J/Kg℃)
ΔT = perubahan suhu (℃)
L = Kalor lebur (J/Kg)
U = Kalor uap (J/Kg)

Asas Black

Asas Black adalah hukum atau prinsip yang menyatakan bahwa banyaknya jumlah kalor yang dilepas zat yang memiliki suhu lebih tinggi sama dengan banyaknya jumlah kalor yang diterima zat bersuhu lebih rendah. Berikut ini merupakan rumus pernyataan Asas Black.

Qlepas = Qterima

 m1.c1.(T1 – Tm) = m2.c2.(Tm – T2

Keterangan :

m1 = Massa benda dengan suhu lebih tinggi
c1 = Kalor jenis benda dengan suhu lebih tinggi
T1 = Suhu benda dengan dengan suhu lebih tinggi
m2 = Massa benda dengan suhu lebih rendah
c2 = Kalor jenis benda dengan suhu lebih rendah
T2 = Suhu benda dengan dengan suhu lebih rendah
Tm = Suhu campuran atau suhu akhir

Contoh soal Suhu dan Kalor

  1. Panas sebesar 12 kJ diberikan pada sepotong logam dengan massa 2500 gram yang memiliki suhu 30℃, Jika kalor jenis logam adalah 0,2 kalori/gr℃, maka tentukan suhu akhir logam!

    Pembahasan 
    Diketahui :
    Q = 12 kilojoule = 12000 Joule
    m = 2500 gram = 2,5 kg
    T1 = 30℃
    c = 0,2 kal/gr℃ = 0,2 x 4200 Joule/Kg℃ = 840 Joule/Kg℃

    Ditanya : T2 = ?

    Q = m.c.ΔT
    12000 = (2,5).(840).ΔT
    ΔT= (12000/2100) = 5,71℃

    T2 = T1 + ΔT
    T2 = 30 + 5,71
    T2 = 35,71℃
  1. Sebuah es dengan massa 800 gram memiliki suhu 0℃ hendak dicairkan hingga keseluruhan es menjadi air yang bersuhu 0℃. Jika jenis kalor es 0,5 kal/gr℃, dan kalor lebur es adalah 80 kal/gr, tentukan banyak kalor yang dibutuhkan! (nyatakan dalam kilokalori)

    Pembahasan
    Diketahui :
    m = 500 gram
    L = 80 kalori/gr

    Ditanya : Q = ?
    Q = m.L
    Q = (500).(80)
    Q = 40000 kalori
    Q = 40 kkal

Itulah penjelasan materi mengenai Suhu dan Kalor. Bagaimana? Mudah bukan? Jangan lupa untuk banyak mengerjakan latihan soal agar teman-teman menjadi lebih paham lagi ya! Semoga bermanfaat dan sampai jumpa!

Baca juga:
Energi dan Daya Listrik
Hukum Kirchoff

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Suhu dan Kalor

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Penyajian data dalam matematika tentunya bukan hal asing. Masih ingatkah tentang parameter penyajian data? Yap benar, penyajian data sederhana menggunakan mean, median, modus. Daya yang disajikan merupakan hasil dari observasi atau pengamatan maupun penelitian yang dilakukan sebelumnya.  Penyajian data ada berbagai cara seperti dalam bentuk diagram, tabel, infografis dan sebagainya. Nah, tunggu apa lagi kawan […]
    Halo, kawan literasi. Lama kita tidak membahas seputar tips-tips seru. Siapa nih di antara kalian yang kurang optimal mengerjakan soal matematika maupun pelajaran lain karena sering lupa? Duh, dikit-dikit lupa hafalin rumusnya. Bikin kalian semakin pusing, nggak sih? Tapi, tenang saja karena pada pembahasan kali ini, kita akan bahas bagaimana cara meningkatkan daya ingat secara […]

    Trending

    Kawan literasi, tidak dipungkiri masih banyak di antara siswa yang kurang mahir dalam berbahasa Inggris. Seringkali hal ini dibuktikan dengan nilai Bahasa Inggris yang dibawah rata-rata atau sesederhana tidak memahami bacaan Bahasa Inggris. Penyebab utamanya adalah kurangnya penguasaan dalam vocabulary building.  Nah, kabar baiknya adalah penguasaan vocabulary building bisa dipelajari dengan baik asalkan ada niat […]
    Halo kawan literasi. Kalian pasti pernah belajar tense dalam Bahasa Inggris, bukan? Tentunya kalian sangat familiar dengan future tense. Dalam  pembahasan kali ini, adapun 10 contoh kalimat future tense kalimat yang menerangkan sebuah peristiwa di masa datang atau membicarakan sesuatu yang belum terjadi di masa sekarang.  Nah, kalian masih ingat apakah ciri-ciri kalimat yang menggunakan […]
    It’s English time! Halo kawan literasi, bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Dalam Bahasa Inggris jika kalian ingin mengungkapkan profesi, identitas di kalian atau kondisi  menggunakan bentuk kalimat apa? Yap, kalian pasti menggunakan kalimat nominal. By the way, apa kalian benar-benar tahu contoh kalimat nominal Bahasa Inggris dengan baik?  Nah berhubung tenses di […]