1. Pengetahuan Umum

Surat Keputusan : Pengertian, Unsur, dan Manfaatnya

Pernahkah kalian mendengar tentang surat keputusan (SK)? Mungkin kalian yang pernah mengikuti suatu organisasi sudah tidak asing dengan surat ini. SK biasanya digunakan ketika seorang pemimpin atau atasan perlu memutuskan sesuatu yang harus diketahui oleh setiap anggota instansi, organisasi atau kelompok.

Sebenarnya penggunaanSK ini tidak harus dilakukan, karena seorang pemimpin suatu instansi atau organisasi boleh memutuskan sesuatu secara lisan. Namun, hal itu tidak dapat diterapkan untuk suatu keputusan yang sifatnya resmi. Karena keputusan yang dibuat secara lisan tidak memiliki landasan hukum atau kekuatan.

Supaya lebih memahaminya, mari kita simak pembahasan berikut ini mengenai pengertian, manfaat, unsur-unsur hingga contoh dari surat keputusan.

Pengertian Surat Keputusan

Berdasarkan Kamus Hukum Indonesia, pengertian surat keputusan adalah penetapan tertulis yang dikeluarkan oleh badan, Pejabat Negara atau Pemerintah yang berisi sebuah penetapan tertulis berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. SK bersifat konkrit, individual, dan final, yang berarti keputusan tersebut dapat ditentukan wujudnya, tidak ditujukan untuk umum, dan sudah pasti atau secara definitive.

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Sedangkan menurut Prajudi Atmosudirjo, keputusan merupakan suatu pengakhiran dari proses pemikiran tentang suatu masalah atau problema untuk menjawab suatu pertanyaan yang harus diperbuat guna untuk mengatasi masalah tersebut, dengan menjatuhkan sebuah pilihan.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa surat keputusan adalah suatu penetapan yang dikeluarkan oleh badan, instansi, pejabat negara atau pemerintah dengan tujuan untuk mengatasi suatu masalah.

Manfaat Surat Keputusan

Dari pengertian diatas, bila dijabarkan, maka terdapat beberapa manfaat/ kegunaan dari pembuatan sebuah SK, diantaranya yaitu :

  1. Mendapatkan penetapan atau hasil keputusan tertulis dari suatu badan, atau pejabat negara/pemerintah.
  2. Mendapatkan suatu tindakan hukum atas dasar peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Mendapatkan suatu penetapan yang konkrit, individual, dan final yang berarti keputusan itu dapat ditentukan wujudnya, bersifat pribadi, dan sudah pasti atau definitive (tidak dapat didebatkan/dipermasalahkan).

Unsur-unsur Surat Keputusan

Sebelum melihat berbagai contoh SK, ada baiknya kalian terlebih dahulu mempelajari tentang unsur-unsur penyusun SK. Terdapat tiga unsur penting yang harus ada dalam SK, antara lain :

  • Konsiderans
  • Desideratum
  • Diktum

Lebih jelasnya akan dibahas pada penjabaran berikut ini.

Konsiderans

Konsiderans adalah bagian surat yang isinya landasan atau dasar hukum  yang menjadi pertimbangan pembuatan SK. Karena itu lah konsiderans ini wajib ada dalam SK. Konsiderans sendiri memuat beberapa hal yaitu nama undang-undang, peraturan, keputusan terdahulu, usul, dan saran yang dirinci ke dalam sub topik menimbang, mengingat, membaca, mendengar, dan memperhatikan.

Dari kelima sub topik tersebut, minimal terdapat dua sub topik yang dipakai di dalam isi surat. Terdapat sub topik yang paling penting dan harus dipakan dalam setiap keputusan yaitu sub topik menimbang dan mengingat. Berikut ini penjelasan singkat dari kelima sub topik diatas.

  • Menimbang, berisi tentang hal-hal yang menjadi pertimbangan dikeluarkannya suatu keputusan.
  • Mengingat, pernyataan yang berisikan peraturan atau perundang-undangan yang melandasi dikeluarkannya keputusan tersebut. 
  • Membaca, berisi ketentuan yang tidak berkaitan langsung dengan masalah pokok, namun diperlukan untuk memperkuat konsiderans.
  • Mendengar, merupakan usul atau saran yang pernah disampaikan kepada pemimpin tertinggi/ pengambil keputusan.
  • Memperhatikan, berisi keputusan rapat yang pernah atau sengaja diadakan berkaitan dengan permasalahan yang akan dibuat surat keputusan.

Desideratum

Desideratum merupakan bagian surat yang isinya tujuan (untuk apa) dari pembuatan SK. Setiap SK pasti mengandung tujuan yang jumlahnya bisa satu atau lebih. Desideratum dapat dicantumkan secara tersirat di dalam konsiderans atau di dalam diktum, atau di dalam konsiderans dan diktum.

Diktum

Diktum adalah bagian yang berisi rumusan tentang keputusan yang diambil oleh pejabat yang berwenang berdasarkan konsiderans yang biasanya ditandai dengan adanya kata Memutuskan dan Menetapkan. 

Contoh Surat Keputusan

Berikut ini merupakan beberapa contoh SK.

Contoh 1

PT SETIA BUDI

Jl. Kalpataru I, Surabaya

Telp. (022)8638210, Fax. (022)337891

SURAT KEPUTUSAN

No. 024/SK/HRD/1/2020

Perihal : Pengangkatan Karyawan Tetap

Setelah melalui beberapa tahap evaluasi terhadap performa dan kinerja Saudara Rendy, terhitung mulai tanggal 12 Agustus 2020, PT Setia Budi metepakan bahwa Saudara telah memenuhi kriteria untuk diangkat menjadi karyawan tetap, dengan ketentuan sebagai berikut :

Menimbang : Berdasarkan penilaian dan pengamatan objektif terhadap Saudara Rendy

Mengingat : Berdasarkan Peraturan Perusahaan dan Anggaran Dasar

Memperhatikan : Kebutuhan mengenai Sumber Daya Manusia di PT Setia Budi

MEMUTUSKAN

  1. Mengangkat saudara Rendy sebagai karyawan tetap dengan jabatan Asisten Manager
  2. Mendapat gaji sebesar Rp. 3.500.000 per bulan
  3. Hal lain yang berhubungan dengan kewajiban dan hak mengikuti aturan yang sudah ditetapkan
  4. Surat keputusan ini berlaku sejak 12 Agustus 2020

Ditetapkan di Surabaya, 9 Agustus 2020

PT Setia Budi

Manager HRD

Contoh 2

surat keputusan organisasi
Contoh Surat Keputusan Organisasi, foto oleh Id Scribd Com

Contoh 3

surat keputusan lomba
Contoh Surat Keputusan Lomba, foto oleh Slideshare Net

Contoh 4

surat keputusan univeristas
Contoh Surat Keputusan Universitas, foto oleh Fti Unmerpas Ac Id

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Surat Keputusan : Pengertian, Unsur, dan Manfaatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]