1. Kelas 10 Fisika
  2. Kelas 10 Kimia

Tabel Periodik Unsur Kimia: Sejarah, Klasifikasi & Cara Baca

Salah satu cabang ilmu pengetahuan alam adalah kimia. Pelajaran ini tidak lepas dari mempelajari unsur, senyawa, dan berbagai reaksi kimia. Langkah pertama untuk mempelajari kimia dasar adalah memahami dan mengenali berbagai jenis unsur menggunakan tabel periodik unsur kimia. 

Sebenarnya, mempelajari kimia tidaklah terlalu sulit. Hal yang perlu kalian lakukan untuk menikmati pelajaran ini adalah dengan mengubah mindset. Tanamkan pada diri kalian bahwa kimia adalah pelajaran yang menyenangkan, termasuk mempelajari tabel periodik unsur kimia yang akan kita bahas kali ini.

Sejarah Tabel Periodik Unsur Kimia

 

Dmitri Mandeleev
Seorang Kimiawan Penemu Tabel Periodik Unsur Kimia

Tabel periodik unsur kimia ada sejarahnya, lho. Melansir kumparan.com, tabel periodik ditemukan oleh seseorang berkebangsaan Rusia bernama Dmitri Mendeleev. Beliau merupakan seorang kimiawan yang hidup pada masa Kekaisaran Rusia. Ilmuwan jenius ini lahir pada tahun 1834 dan mendedikasikan hidupnya untuk mempelajari kimia. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Beliau pernah mengemban ilmu di Universitas Imperial Saint Petersburg dan meraih beberapa penghargaan. Contohnya seperti penghargaan Medali Davvy (1882) , Faraday Lectureship Prize (1889), Fellow of the Royal Society (1892).

Dmitri Mendeleev menyusun tabel periodik berdasarkan massa atom atau peningkatan bilangan atom. Keuntungan menggunakan tabel periodik ini adalah kalian bisa memahami secara sederhana unsur tersebut karena keteraturan sifat unsur-unsur pada suatu golongan tertentu.

Pada tahun 1913, terdapat seorang kimiawan berasal dari Inggris bernama Henry Moseley yang berkontribusi dalam perkembangan dan penyempurnaan tabel periodik unsur kimia. Beliau melakukan sebuah eksperimen dan riset untuk menentukan nomor atom. Eksperimen yang beliau lakukan adalah dengan melakukan pengukuran panjang gelombang unsur menggunakan sinar-X. 

Jadi, tabel periodik unsur kimia yang sudah beredar dan bisa kita lihat itu adalah hasil penyempurnaan dari ahli kimia terdahulu. 

Pengertian Tabel Periodik Unsur Kimia

 

Unsur Kimia Nikel
Unsur Kimia Nikel

Tabel periodik unsur kimia merupakan bentuk tabel yang memuat deretan unsur-unsur kimia berdasarkan nomor-nomor atom serta kesamaan sifat kimianya.  Setiap nomor atom yang tertera mengandung muatan proton dan elektron. 

Unsur-unsur kimia tersebut dibagi menjadi empat blok, yaitu s,p,d, dan f. Dalam satu periode, sifat logam ditunjukkan pada sisi bagian kiri dan sifat non logam ditunjukkan pada sisi kanan.

Pada tabel periodik, kalian juga akan menjumpai golongan dan periode. Golongan adalah baris vertikal yang membentang pada sistem periodik dan sebaliknya, periode merupakan baris horizontal yang memuat sifat-sifat yang serupa dalam unsur kimia. 

Klasifikasi Tabel Periodik Unsur Kimia

Jika kalian lihat secara detail, maka kalian melihat tabel unsur dengan warna yang berbeda-beda, atau sederhananya melihat penomoran kecil yang berbeda pula. Itulah mengapa, kalian perlu mengetahui bagaimana pengelompokan atau klasifikasi tabel periodik unsur kimia. 

Sifat-Sifat Secara Umum

Pada umumnya, unsur-unsur kimia terbagi menjadi tiga kategori antara lain logam, non-logam, dan metaloid. Inilah penjelasannya selengkapnya. 

Logam

Apa yang kalian ketahui tentang logam? Logam merupakan zat dengan bentuk padatan shimmering yang mampu menghantarkan panas (konduktivitas). Mereka juga dapat membentuk alloy sehingga senyawa ion berupa garam. Ciri-ciri logam yang perlu kalian ketahui, antara lain:

  1. Sebanyak 78% unsur berbentuk logam.
  2. Berbentuk padat pada suhu kamar (27°).
  3. Mempunya titik didih dan leleh.
  4. Bersifat konduktor (mampu menghantarkan listrik dan panas) dengan baik.
  5. Tertulis pada sisi kiri tabel periodik unsur kimia.

 Non Logam

Karakteristik fisik non logam yaitu berupa gas berwarna atau tidak berwarna. Biasanya non logam mampu membentuk ikatan kovalen. Ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk dari muatan negatif (elektron) antara dua atom. Ikatan ini mampu menghasilkan senyawa non polar. 

Berikut adalah beberapa karakteristik yang perlu kalian ketahui:

  1. Terdapat 22 non-logam 
  2. Terletak di sisi kanan tabel periodik unsur kimia
  3. Memiliki titik leleh dan titik didih yang rendah
  4. Sifat konduktivitas yang buruk
  5.  Berupa gas atau padatan pada suhu kamar 

Metaloid

Sebenarnya, tidak ada definisi khusu mengenai metaloid, namun unsur ini adalah campuran dari logam dan non logam. Di dunia, hanya sekitar 7 macam metaloid yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. 

Beberapa metaloid yang familiar seperti boron (Br) dan silikon (Si). Ketersediaan boron (Br) dalam alam terbilang cukup sedikit. Ia biasanya digunakan untuk meningkatkan kekuatan baja, semikonduktor dalam rangkaian listrik, serta sebagai campuran obat pengusir hama.

Selanjutnya silikon (Si), silicon memiliki kelimpahan yang banyak di bumi. Menurut penelitian, 70% silikon dapat ditemukan di kerak bumi. Unsur ini sangat berguna untuk kehidupan manusia. Penggunaannya cukup penting untuk konduktivitas listrik, campuran porselen, panel surya hingga pembuatan chip komputer. 

Titik Lebur dan Titik Didih

 

Setiap Unsur Memiliki Titik Lebur
Setiap Unsur Memiliki Titik Lebur

Tabel periodik unsur kimia juga memuat titik lebur (melting point) dan titik didih (boiling point) dari masing-masing unsur. Setiap unsur memiliki titik lebur dan titik didih yang berbeda karena secara karakteristiknya merasa tidak sama. Titik lebur terjadi secara sempurna ketika suhu zat atau padatan tersebut dapat meleleh. Faktor yang mempengaruhinya antara lagi kemurnian zat dan berat antar molekul.

Melainkan titik didih adalah suhu zat atau padatan dapat berubah wujud menjadi gas secara sempurna. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain tingkat kepanasan dan tekanan udara. Fungsi dari klasifikasi ini adalah untuk mengetahui gaya antar molekul dan ikatan ionik suatu zat. 

Massa Jenis

Massa Jenis Minyak Lebih Kecil daripada Air
Massa Jenis Minyak Lebih Kecil daripada Air

Karakteristik unsur kimia bisa dapat dilihat dari massa jenis. Satuan massa jenis dinyatakan dalam gram per sentimeter kubik (g/cm3). Beberapa yang mempengaruhi massa jenis suatu unsur antara lain massa dan volumenya. Semakin besar massa jenisnya maka semakin besar massa dalam volume. 

Cara Membaca Tabel Periodik Unsur Kimia

Rupanya, kalian akan sampai pada poin terakhir pembahasan kali ini. Sekarang kalian sudah cukup paham mengenai sejarah, pengertian dan klasifikasinya. Berikut, kami akan jabarkan cara membaca tabel periodik unsur kimia dengan mudah. 

Membaca dari Atas ke Bawah

Tabel ini tersusun berdasarkan nomor atom. Kuncinya adalah memahami jika nama unsur berjajar semakin ke kanan dan ke bawah, maka nomor atomnya semakin besar. Seperti penjelasan di atas, nomor atom adalah jumlah muatan positif (proton) yang dimiliki oleh unsur. 

Memahami Unsur Kimia

Unsur kimia memiliki beberapa jenis golongan antara lain golongan alkali (IA), golongan alkali tanah (IIA), golongan halogen (VIIA), golongan gas mulia (VIIIA), dan golongan B (unsur transisi). Golongan ini menunjukkan banyaknya elektron pada kulit terluar. Golongan bisa terlihat pada tabel periodik unsur kimia pada kolom vertikal berjumlah delapan belas. 

Memahami Golongan Atom

Sekilas, kalian akan melihat beberapa warna yang tertera di tabel periodik antara satu dengan yang lain. Itulah penanda golongan. Mengenal golongan atom dapat mempermudah kalian dalam mengenali unsur-unsur yang memiliki sifat yang hampir mirip. Hal ini secara tidak langsung dapat membantu kalian memprediksi reaksi unsur kimia yang dihasilkan dari setiap golongan. 

Kesimpulan

Nah, kita sudah sampai pada pada penghujung pembahasan. Bagaimana? kalian sudah mengerti, bukan? ternyata memang sudah tersusun sedemikian rupa. Tabel periodik unsur kimia ini juga menjadi sebuah rujukan untuk melakukan reaksi kimia dan pengujian-pengujian tertentu. 

Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Tabel Periodik Unsur Kimia: Sejarah, Klasifikasi & Cara Baca

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]