1. Kelas 12 Bahasa Indonesia

Apa itu Tajuk Rencana? Struktur, Ciri, dan Contohnya

Tajuk rencana adalah suatu teks atau artikel pada surat kabar yang penulisannya dilakukan berdasarkan perspektif redaksi terhadap peristiwa yang sedang dibicarakan. Tajuk rencana juga sering disebut teks editorial. Isu yang dibahas bersifat aktual, baik isu ekonomi, sosial, politik, maupun budaya. 

Meski merupakan pendapat redaksi, teks ini juga dilengkapi fakta serta alasan logis agar diterima pembaca. Kali ini Studio Literasi akan membahas materi tajuk rencana dengan lengkap, jadi simak sampai selesai, ya, Kawan Literasi! 

Ciri-Ciri Tajuk Rencana

Sumber: depositphotos

Untuk lebih mengetahui apa itu tajuk rencana, simak ciri-cirinya berikut ini: 

  • Fenomena atau Isu yang Dibahas Aktual dan Relevan

Penulisan sebuah tajuk rencana tidak hanya menyesuaikan keinginan jajaran redaksi, namun juga didasari oleh respons masyarakat terhadap suatu isu yang aktual. Apa maksudnya aktual? Menurut KBBI, aktual artinya sedang dibicarakan oleh banyak orang. Oleh karena itu, tajuk rencana umumnya membicarakan tema atau hal yang sedang hangat di tengah masyarakat. 

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Bersifat Sistematis

Penulisan teks editorial juga sifatnya sistematis agar pembaca bisa dengan mudah memahami teks tersebut. Jadi, struktur dan unsur kebahasaan teks editorial ini juga memiliki peran penting dalam penulisan suatu tajuk rencana. 

  • Susunan Kalimat Logis

Meski sifat teks ini sangat argumentatif, namun penyusunan kalimatnya haruslah logis agar dapat dipertanggung jawabkan. Penulis sebisa mungkin menghadirkan fakta dan data-data yang bersumber dari narasumber yang kompeten pada bidangnya, agar bisa mendukung argumen yang dibawakan dengan kuat. 

  • Fungsional 

Tidak hanya memaparkan isu atau masalah yang relevan dan aktual, tajuk rencana juga memaparkan gagasan penyelesaian atas suatu persoalan. Pastikan solusi tersebut logis dan aplikatif, sehingga tajuk rencana bisa membantu masalah yang sedang masyarakat hadapi. 

Baca juga: Teks Puisi: Pengertian, Struktur, Ciri, dan Contohnya

Struktur Teks Editorial 

Sumber: edumasterprivat

1. Pernyataan Pendapat (Thesis Statement)

Tesis atau pernyataan pendapat adalah bagian awal dimana penulis menjelaskan topik yang akan dibahas dalam teks. Tesis ini terdapat pada awal paragraf.

2. Argumentasi 

Kemudian, tajuk rencana dilanjutkan dengan penyampaian argumen atas fenomena yang terjadi di lapangan dan penulis menyampaikan komentar atas fakta tersebut berdasarkan sudut pandangnya. Bagian ini bertujuan untuk mempengaruhi dan meyakinkan pembaca. 

Argumen biasanya dipaparkan dalam beberapa paragraf, bisa berupa generalisasi (pernyataan umum) maupun data hasil suatu penelitian, pernyataan beberapa ahli, atau deskripsi fakta yang diambil dari sumber yang terpercaya. Paparan data atau pernyataan ahli dapat menjadi dasar argumen yang kuat. Opini yang disampaikan pada bagian argumen pun harus logis serta bisa dipahami pembaca. 

3. Pernyataan Ulang Pendapat (Reiterasi)

Tajuk rencana ditutup dengan penegasan ulang dari tesis beserta argumentasi untuk kembali meyakinkan pembaca. Penulis juga terkadang menuliskan saran atau harapan pada bagian reiterasi. 

Baca juga: Paragraf Deduktif dan Induktif

Kaidah Kebahasaan Tajuk Rencana

Sumber: suara

Untuk menulis tajuk rencana, ada beberapa kaidah kebahasaan yang penulis bisa ikuti. Berikut kaidah-kaidah kebahasaan pada sebuah tajuk rencana: 

1. Adverbia (Keterangan)

Kaidah kebahasaan yang pertama ialah keterangan atau adverbia. Keterangan yang dituliskan merupakan kapan waktu kejadian terjadi, lokasi kejadian, serta keterangan lain yang bisa membantu menjelaskan isu yang tengah didiskusikan. Dengan pencantuman keterangan, tulisan yang dibuat dapat lebih mudah dipahami oleh pembaca. 

2. Konjungsi (Kata Hubung)

Kata hubung atau konjungsi diperlukan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat serta menata argumen sehingga lebih mudah dipahami. Misalnya, selanjutnya, selain itu, misalnya, padahal, meski demikian, dan lain-lain. 

3. Verba Material 

Verba material ialah kata kerja yang mengacu pada kegiatan fisik. Contohnya yaitu memfasilitasi, menghasilkan, meneliti, menghendaki, dan lain-lain. 

Baca juga: Apa Perbedaan Artikel dan Jurnal? Baca Selengkapnya di Sini.

Contoh Tajuk Rencana

Sumber: depositphotos

Contoh 1

Hari Pers Nasional 

Pertama, masyarakat pers Indonesia niscaya berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat yang menyetujui dan meneguhkan 9 Februari menjadi Hari Pers Nasional. 

Persetujuan dan peneguhan itu suatu kehormatan yang menjadi lebih jelas jika misalnya dibandingkan dengan hari-hari lain seperti Hari Ibu. 

Suatu kehormatan senantiasa membawa serta tanggung jawab. Karena pembawaannya yang selalu berada di atas panggung terbuka, penampilan pers dilihat, ditonton, dan disaksikan oleh masyarakat luas. Ia berada di depan dan karena itu juga segera tampak kekurangan dan kelebihannya. 

Pada hari menerima kehormatan, yang menjadi kerisauan utama bukanlah kelebihan yang mungkin ada, melainkan kekurangan-kekurangannya. Pada Hari Pers Nasional yang pertama, kesadaran pertama ialah kesadaran untuk secara apa adanya mengakui kekurangan serta menggugat diri untuk senantiasa berusaha memperbaikinya. 

Contoh 2

Menghasilkan Sarjana Tanpa Skripsi

Kini para mahasiswa yang mengambil program sarjana strata satu sudah tidak lagi wajib melaksanakan penelitian skripsi. Sama halnya dengan mahasiswa program pascasarjana, mereka juga tidak lagi wajib menulis tesis atau disertasi. Sebagai gantinya, pemerintah menyerahkan perguruan tinggi untuk menentukan pilihan dalam bentuk tugas akhir. 

Hal ini tercantum pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan. Menteri Nadiem Makarim juga menyampaikan hal tersebut dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-26 tentang Transformasi Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi pada Selasa, (29/8/2023) di Jakarta. 

Skripsi menjadi tugas akhir mahasiswa dalam bentuk penelitian atau riset sebagai wujud praktis pengetahuan yang dipelajari selama proses perkuliahan. Namun, nyatanya skripsi kerap dinilai membebani mahasiswa dari segi waktu serta menghambat perancangan proses dan bentuk pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan keilmuan serta kemajuan teknologi. Selain itu, tidak semua program studi dapat mengukur kompetensi mahasiswa dari skripsi ataupun karya ilmiah. 

Meskipun begitu, penyederhanaan ini perlu dipastikan kembali agar bisa menghasilkan lulusan yang setara ataupun lebih tinggi kompetensi dan mutunya, mengingat persaingan dunia kerja semakin hari semakin tinggi. Kebebasan ini sebaiknya dilaksanakan dengan tanggung jawab oleh perguruan tinggi, sehingga standar kelulusan mahasiswa tetap memenuhi standar nasional. 

Baca juga: Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, & Contoh Lengkap

Itu dia ulasan materi tajuk rencana, lengkap dengan beberapa contoh teksnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk Kawan Literasi yang berminat untuk mendalami dunia kepenulisan!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa itu Tajuk Rencana? Struktur, Ciri, dan Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]