...
  1. Pengetahuan Umum

Teknik Bubut

Teknik bubut Kayu
Membubut Kayu, Foto Oleh gumahd76

Teknik bubut adalah suatu teknik pengerjaan sebuah benda kerja dengan cara menghilangkan bagian atau serpihan dari bahan kerja tersebut dengan pahat sebagai alat potongnya yang digerakkan secara berputar.

Teknik bubut biasanya digunakan untuk pengerjaan suatu karya kerajinan dengan bahan dasar kayu, contoh bahan dasarnya adalah bambu, kayu jati, kayu mahoni, dan kayu acacia.

Sejarah Singkat Teknik Bubut

Teknik Bubut pertama kali digunakan pada tahun 1200 sebelum masehi untuk membuat sebuah mangkuk dangkal dengan buktinya ditemukan di sebuah kuburan di Mycenae. Untuk sejauh ini contoh dan bukti paling kuno dari Teknik Bubut adalah fragmen sebuah mangkuk kayu Etruscan yang dibuat sekitar tahun 700 sebelum masehi dan kemudian ditemukan di Makam Pejuang di Cornetto.

Artikel Terkait

[feedzy-rss feeds='https://museumnusantara.com/feed/,https://studioliterasi.com/feed/' max='4' multiple_meta='yes' template='default']

Alat yang Digunakan
Dalam Teknik Bubut

Alat yang umum digunakan pada Bengkel Kayu atau Pabrik Mebel Kayu untuk Teknik Bubut adalah Mesin Bubut. Alasan Mesin Bubut banyak digunakan oleh Bengkel – bengkel dan Pabrik Kayu adalah Mesin ini mempunyai banyak fungsi dalam proses pembubutan.

Fungsi Mesin Bubut

Mesin Bubut mempunyai fungsi sebagai berikut :

  • Membentuk sebuah bidang datar
  • Mengebor suatu benda
  • Membentuk benda yang berbentuk bulat
  • Mengulir, yaitu membuat alur melingkar pada suatu benda kerja
  • Membentuk benda -benda bersegi
  • Memotong benda
  • Membentuk tirus, yaitu bentuk kerucut

Jenis Mesin Bubut

Pembagian jenis mesin bubut ada dua, yang pertama berdasarkan ukuran mesin dan yang kedua berdasarkan cara kerja mesin.

Jenis Mesin Bubut Berdasarkan Ukuran

Jenis mesin bubut berdasarkan ukurannya adalah sebagai berikut :

  • Portable Lathe ( Mesin Bubut Ringan )

Biasa digunakan untuk melakukan pekerjaan ringan seperti memotong benda kecil dan keperluan – keperluan rumah tangga lainnya.

  • Medium Lathe ( Mesin Bubut Sedang )

Medium lathe mempunyai ukuran yang lebih besar dan susunan mesin yang lebih kompleks. Biasa digunakan untuk menciptakan atau memperbaiki suatu perkakas dan menciptakan alat – alat rumah tangga ataupun sekolah.

  • Standard Lathe ( Mesin Bubut Standard )

Standard lathe mempunyai ukuran yang lebih besar dan lebih berat tentunya dari Medium Lathe, dan juga susunan mesin yang lebih kompleks. Biasanya digunakan untuk pabrik dan industri dari yang kecil sampai yang besar.

  • Long bed Lathe ( Mesin Bubut Meja Panjang )

Mesin dengan ukuran terbesar jika dibandingkan dengan mesin yang lainnya. Mempunyai performa yang maksimal karena sudah dilengkapi oleh roda gigi. Mesin ini biasanya digunakan khusus untuk pabrik- pabrik besar yang memang memerlukan alat yang memumpuni.

Jenis Mesin Bubut Berdasarkan Cara Kerja

Jenis mesin bubut berdasarkan cara kerjanya adalah sebagai berikut :

  • Centre Lathe

Cara kerja Mesin Centre Lathe adalah Mesin ini menggunakan sebuah poros spindle yang berfungsi untuk mencengkram material.

  • Mesin Bubut Sabuk

Sesuai dengan namanya, Mesin Bubut Sabuk mempunyai ciri khas yaitu terdapat suatu bagian yang berfungsi sebagai sabuk yang nantinya akan memutar roda gigi.

  • Facing Lathe

Cara kerja Mesin Facing Lathe saat Proses pembubutan menggunakan dua piringan yang ada di mesin ini.

  • Mesin Bubut Boring Milling dan Vertical Turning

Mesin ini bekerja secara otomatis, Hanya perlu mengatur bentuk akhir dari bahan atau potongan yang diperlukan lalu mesin akan bekerja secaa otomatis sesuai dengan perintah yang diberikan.

  • Mesin Bubut Turret

Cara kerja mesin ini sama dengan Mesin Boring Milling dan Vertical Tuning yang membedakannya adalah mesin ini mempunyai fitur lebih dan mesin dapat memproduksi dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat.

Hasil Kerajinan Dari Teknik Bubut

Hasil – hasil karya yang biasa dihasilkan dari Teknik Bubut adalah mainan, hiasan, vas bunga, dan barang barang lainnya yang dibuat dengan bahan dasar kayu. Berikut ini kerajinan – kerajinan yang dibuat dengan Teknik Bubut :

1. Mainan atau Pajangan Berbahan Dasar Kayu

Mainan Mobil mobilan berbahan dasar kayu dibuat dengan teknik bubut
Mainan Mobil, Foto Oleh tokopedia

2. Vas Bunga

Vas Bunga Berbahan Dasar Kayu
Vas Bunga, Foto Oleh tokopedia

3. Asbak

Asbak Rokok Berbahan Dasar Kayu
Asbak Kayu, Foto Oleh bukalapak

4. Meja

Meja bulat berbahan kayu
Meja Bulat Kayu Jati, Foto Oleh arthopabu

Itulah materi mengenai teknik bubut yang telah kami ringkas mulai dari sejarah, alat yang digunakan, serta contohnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya : Kerajinan Bahan Lunak

Tidak ada komentar
Komentar untuk: Teknik Bubut

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Dalam akuntansi pencatatan transaksi dapat menggunakan dua jenis jurnal yakni jurnal khusus dan jurnal umum. Kali ini Studio Literasi akan membahas secara rinci mengenai perbedaan jurnal khusus dan umum lengkap dengan jenis jurnalnya. Penasaran? Yuk kita bahas bersama.  Perbedaan Jurnal Umum dan Jurnal Khusus Ketika Kawan Literasi akan melakukan pencatatan yang dilengkapi dengan bukti transaksi […]

Trending

Ketika Kawan Literasi menyatakan rasa setuju dan tidak setuju maka dalam hal ini di bahasa inggris merupakan ekspresi dari agreement dan disagreement. Hal ini merupakan sesuatu yang lumrah kita temui dalam kehidupan sehari. Kawan Literasi penasaran dengan bagaimana cara penggunaannya? Berikut pembahasannya secara lengkap di studio Literasi.  Pengertian Agreement and Disagreement Expression of agreement adalah […]
Salah satu proses seleksi mendapatkan beasiswa adalah membuat essay yang baik dan benar. Biasanya isi essay akan mencakup isu dan bagaimana penulis menyampaikan argumennya melalui dua sisi. Bagi Kawan Literasi yang penasaran bagaimana contoh essay beasiswa yang baik, berikut penjelasan lengkapnya di Studio Literasi.  Apa itu Esai? Sebelum kita masuk ke contoh essay beasiswa yang […]
Beasiswa merupakan bantuan dana yang pada saat ini telah membantu berbagai siswa dan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Ada berbagai program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah dan perusahaan swasta untuk memberikan bantuan dana untuk menutupi biaya studi, akomodasi, dan uang saku. Berikut penjelasan lengkapnya tentang beasiswa di Studio Literasi.  Pengertian Beasiswa Menurut KBBI, beasiswa adalah bantuan […]
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah pasti menginginkan negaranya utuh dan memiliki rasa persatuan yang kuat. Integrasi nasional berpengaruh dalam pembangunan dan kemakmuran suatu bangsa. Berikut ini Studio Literasi rangkum mengenai integrasi nasional dan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional secara lengkap yang bisa Kawan Literasi simak.  Apa itu Integrasi Nasional? Dikutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), […]
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.