1. Pengetahuan Umum

Teknik Bubut

Teknik bubut Kayu
Membubut Kayu, Foto Oleh gumahd76

Teknik bubut adalah suatu teknik pengerjaan sebuah benda kerja dengan cara menghilangkan bagian atau serpihan dari bahan kerja tersebut dengan pahat sebagai alat potongnya yang digerakkan secara berputar.

Teknik bubut biasanya digunakan untuk pengerjaan suatu karya kerajinan dengan bahan dasar kayu, contoh bahan dasarnya adalah bambu, kayu jati, kayu mahoni, dan kayu acacia.

Sejarah Singkat Teknik Bubut

Teknik Bubut pertama kali digunakan pada tahun 1200 sebelum masehi untuk membuat sebuah mangkuk dangkal dengan buktinya ditemukan di sebuah kuburan di Mycenae. Untuk sejauh ini contoh dan bukti paling kuno dari Teknik Bubut adalah fragmen sebuah mangkuk kayu Etruscan yang dibuat sekitar tahun 700 sebelum masehi dan kemudian ditemukan di Makam Pejuang di Cornetto.

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Alat yang Digunakan
Dalam Teknik Bubut

Alat yang umum digunakan pada Bengkel Kayu atau Pabrik Mebel Kayu untuk Teknik Bubut adalah Mesin Bubut. Alasan Mesin Bubut banyak digunakan oleh Bengkel – bengkel dan Pabrik Kayu adalah Mesin ini mempunyai banyak fungsi dalam proses pembubutan.

Fungsi Mesin Bubut

Mesin Bubut mempunyai fungsi sebagai berikut :

  • Membentuk sebuah bidang datar
  • Mengebor suatu benda
  • Membentuk benda yang berbentuk bulat
  • Mengulir, yaitu membuat alur melingkar pada suatu benda kerja
  • Membentuk benda -benda bersegi
  • Memotong benda
  • Membentuk tirus, yaitu bentuk kerucut

Jenis Mesin Bubut

Pembagian jenis mesin bubut ada dua, yang pertama berdasarkan ukuran mesin dan yang kedua berdasarkan cara kerja mesin.

Jenis Mesin Bubut Berdasarkan Ukuran

Jenis mesin bubut berdasarkan ukurannya adalah sebagai berikut :

  • Portable Lathe ( Mesin Bubut Ringan )

Biasa digunakan untuk melakukan pekerjaan ringan seperti memotong benda kecil dan keperluan – keperluan rumah tangga lainnya.

  • Medium Lathe ( Mesin Bubut Sedang )

Medium lathe mempunyai ukuran yang lebih besar dan susunan mesin yang lebih kompleks. Biasa digunakan untuk menciptakan atau memperbaiki suatu perkakas dan menciptakan alat – alat rumah tangga ataupun sekolah.

  • Standard Lathe ( Mesin Bubut Standard )

Standard lathe mempunyai ukuran yang lebih besar dan lebih berat tentunya dari Medium Lathe, dan juga susunan mesin yang lebih kompleks. Biasanya digunakan untuk pabrik dan industri dari yang kecil sampai yang besar.

  • Long bed Lathe ( Mesin Bubut Meja Panjang )

Mesin dengan ukuran terbesar jika dibandingkan dengan mesin yang lainnya. Mempunyai performa yang maksimal karena sudah dilengkapi oleh roda gigi. Mesin ini biasanya digunakan khusus untuk pabrik- pabrik besar yang memang memerlukan alat yang memumpuni.

Jenis Mesin Bubut Berdasarkan Cara Kerja

Jenis mesin bubut berdasarkan cara kerjanya adalah sebagai berikut :

  • Centre Lathe

Cara kerja Mesin Centre Lathe adalah Mesin ini menggunakan sebuah poros spindle yang berfungsi untuk mencengkram material.

  • Mesin Bubut Sabuk

Sesuai dengan namanya, Mesin Bubut Sabuk mempunyai ciri khas yaitu terdapat suatu bagian yang berfungsi sebagai sabuk yang nantinya akan memutar roda gigi.

  • Facing Lathe

Cara kerja Mesin Facing Lathe saat Proses pembubutan menggunakan dua piringan yang ada di mesin ini.

  • Mesin Bubut Boring Milling dan Vertical Turning

Mesin ini bekerja secara otomatis, Hanya perlu mengatur bentuk akhir dari bahan atau potongan yang diperlukan lalu mesin akan bekerja secaa otomatis sesuai dengan perintah yang diberikan.

  • Mesin Bubut Turret

Cara kerja mesin ini sama dengan Mesin Boring Milling dan Vertical Tuning yang membedakannya adalah mesin ini mempunyai fitur lebih dan mesin dapat memproduksi dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat.

Hasil Kerajinan Dari Teknik Bubut

Hasil – hasil karya yang biasa dihasilkan dari Teknik Bubut adalah mainan, hiasan, vas bunga, dan barang barang lainnya yang dibuat dengan bahan dasar kayu. Berikut ini kerajinan – kerajinan yang dibuat dengan Teknik Bubut :

1. Mainan atau Pajangan Berbahan Dasar Kayu

Mainan Mobil mobilan berbahan dasar kayu dibuat dengan teknik bubut
Mainan Mobil, Foto Oleh tokopedia

2. Vas Bunga

Vas Bunga Berbahan Dasar Kayu
Vas Bunga, Foto Oleh tokopedia

3. Asbak

Asbak Rokok Berbahan Dasar Kayu
Asbak Kayu, Foto Oleh bukalapak

4. Meja

Meja bulat berbahan kayu
Meja Bulat Kayu Jati, Foto Oleh arthopabu

Itulah materi mengenai teknik bubut yang telah kami ringkas mulai dari sejarah, alat yang digunakan, serta contohnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya : Kerajinan Bahan Lunak

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Teknik Bubut

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]