1. Kelas 11 Bahasa Indonesia

Teks Eksplanasi

Pernahkan kalian membaca uraian mengenai peristiwa seperti banjir, tsunami, dan gempa bumi dan lain sebagainya? Jika pernah, berarti kalian sedang membaca teks eksplanasi.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah penjelasan materi terkait apa itu teks eksplanasi dan apa saja ciri – ciri, struktur teks eksplanasi dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang penjelasan mengenai proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya dan juga lainnya bisa terjadi. Hal ini dibuat karena setiap peristiwa yang ada disekitar kita selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses terjadinya.

Dengan adanya teks eksplanasi kita dapat membuat suatu uraian mengenai peristiwa tertentu sebagai pembelajaran agar dikemudian hari kita dapat mengetahui atau mengantisipasi kejadian tersebut terjadi lagi. 

Contohnya jika sedang terjadi gempa bumi. Teks eksplanasi membantu menguraikan apa itu bencana gempa bumi, bagaimana ciri – cirinya, serta bagaimana cara mengatasi atau menyelamatkan diri dari bencana gempa bumi di kemudian hari. 

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Tujuan Teks Eksplanasi

  1. Menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa
  2. Menjelaskan sebab – akibat suatu peristiwa

Ciri – Ciri

Untuk membedakan teks eksplanasi dengan jenis teks lainnya dapat dilihat dari ciri – cirinya. Berikut ciri-ciri teks eksplanasi.

  1. Teks eksplanasi memiliki struktur yang terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi.
  2. Informasi yang dimuat didalamnya berdasarkan fakta (faktual).
  3. Faktual adalah memuat informasi yang sifatnya itu ilmiah / keilmuan, contohnya sains.
  4. Sifatnya informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.
  5. Memiliki / menggunakan sequence markers. Seperti pertama, kedua,ketiga dan sebagainya. Bisa juga menggunakan pertama, berikutnya, terakhir.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur dari teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi. Berikut ini uraian lengkapnya.

Pernyataan Umum

Pada bagian awal teks ekplanasi berisi pernyataan umum mengenai topik atau pembahasan yang akan dijelaskan pada proses terjadinya/proses keberadaan.

Urutan Sebab Akibat

Pada bagian ini berisi penjelasan mengenai proses terjadinya suatu fenomena yang dijelaskan secara urut dan bertahap, dari kejadian yang paling awal hingga yang paling akhir.

Interpretasi

Bagian akhir berisi tentang kesimpulan mengenai topik pembahasan yang telah dijelaskan.

Teks Eksplanasi
Interpretasi, Foto Oleh Beranda

Baca Juga : 11 Contoh Teks Deskripsi

Kaidah Kebahasaan

Teks eksplanasi biasanya mengandung beberapa kaidah kebahasaan yang ada didalamnya, yaitu sebagai berikut.

  1. Pembahasan teks jenis ini berfokus pada hal umum (generic), bukan berfokus pada partisipan manusia (nonhuman participants). Contohnya banjir, gempa bumi, hujan, tsunami dan udara.
  2. Dimungkinkan untuk menggunakan istilah ilmiah.
  3. Menggunakan verba material dan juga verba relasional ( kata kerja aktif ).
  4. Menggunakan konjungsi waktu dan juga kausal. Contohnya sehingga, jika, pertama, bila, sebelum, dan kemudian.
  5. Menggunakan kalimat pasif.
  6. Ekspanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan dengan secara kausal itu benar adanya.

Contoh Teks Eksplanasi

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya.

NoStruktur TeksContoh Kalimat
1Pernyataan Umum Gempa bumi adalah getaran atau goncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas.
2Urutan Sebab Akibat Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang begitu hebat. Oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar biasa. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik.
Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Teori “Tektonik Plate” berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa lapisan batuan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lainnya. Itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan gempa tektonik.
3Interpretasi Gempa dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti pada batas Plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyaknya gunung berapi.

Materi menarik lainnya tentang Bahasa Indonesia :

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Teks Eksplanasi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]