1. Kelas 10 Bahasa Indonesia

Teks Laporan Hasil Observasi

Jika sebelumnya kalian sudah mempelajari tentang teks deskripsi, kali ini kita akan membahas tentang teks laporan hasil observasi. Jika pada teks deskripsi kalian belajar mendeskripsikan pantai khusus seperti Parangtritis. Keindahan Parangtritis diurai sehingga orang tertarik dan ingin mengunjunginya. Sementara itu, pada teks laporan hasil observasi akan dikaji secara ilmiah. Teks laporan hasil observasi tentang pantai akan memaparkan tentang pengertian pantai, jenis-jenis pantai, manfaat pantai bagi kehidupan. 

Lalu apa sebenarnya pengertian dari teks ini? Apa saja  strukturnya? Bagaimana kaidah kebahasaannya?

Pada artikel ini, Studio Literasi akan membahas secara lengkap materi teks laporan hasil observasi, mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan, serta contohnya. Yuk, simak pembahasan berikut!  

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi, setelah dilakukannya investigasi atau penelitian secara sistematis.

Teks LHO menyajikan informasi tentang suatu hal secara apa adanya lalu dikelompokkan dan analisis secara sistematis sehingga dapat menjelaskan suatu hal secara rinci dan dari sudut pandang keilmuan. Laporan hasil observasi bisa berupa hasil riset secara mendalam tentang suatu benda, hewan, tumbuhan, konsep/ekosistem tertentu. 

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan dari teks LHO adalah menjelaskan suatu objek atau hal berdasarkan hasil peninjauan atau pengamatan secara rinci, sistematis, faktual dan cermat dari sudut pandang ilmu (definisi, klasifikasi, jabaran ciri objek).

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut.

  • Berisi pembahasan ilmu tentang suatu objek/konsep.
  • Objek yang dibahas bersifat umum. Menjelaskan ciri umum semua yang termasuk kategori/kelompok itu (judul bersifat umum : Pantai, Kucing, Manggis).
  • Bertujuan menjelaskan dari sudut pandang ilmu.
  • Objek atau hal dibahas secara sistematis, dirinci per-bagiannya, dan objektif.
  • Merinci objek atau hal secara sistematis dari sudut ilmu (definisi, klasifikasi, jabaran ciri objek).

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Tidak jauh berbeda dari teks-teks lainnya, teks LHO juga terdiri dari pembuka, isi/inti, dan penutup.

Pernyataan umum/definisi umum/ klasifikasi umum 

Pernyataan umum berisi definisi, kelas atau kelompok, keterangan umum, atau informasi tambahan tentang subjek yang dilaporkan. Bagian ini biasanya terletak pada paragraf pertama.

Deskripsi bagian

Bagian ini berisi perincian bagian-bagian yang dilaporkan seperti klasifikasi objek dari berbagai segi dan deskripsi manfaat suatu objek, serta sifat-sifat khusus objek. 

Simpulan

Simpulan adalah ringkasan umum dari hal yang dilaporkan. Pada teks LHO, bagian simpulan ini boleh ada dan boleh tidak ada.

Ciri Kebahasaan/Kaidah kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Tiap teks pada laporan hasil observasi memiliki kekhasan dari segi kaidah kebahasaannya. Kaidah kebahasaan teks LHO, antara lain sebagai berikut.

  1. Menggunakan istilah-istilah dalam bidang ilmu tertentu. Contoh : istilah ekonomi, politik, kimia, kedokteran, dan sebagainya.
  2. Kalimat definisi menggunakan adalah dan merupakan.
  3. Menggunakan kata khusus dan kalimat-kalimat yang menjelaskan (merinci).
  4. Menggunakan kalimat definisi dan kalimat klasifikasi.
  5. Menggunakan jenis kata verba(kata kerja) dan nomina(kata benda).
  6. Menggunakan kalimat simpleks dan kalimat kompleks.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini adalah contoh teks hasil observasi singkat.

Judul : Kunang-kunang
NoStruktur TeksContoh Kalimat
1.Pernyataan UmumKunang-kunang merupakan sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan dari “sinar dingin” yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah. Terdapat lebih dari 2000 spesies kunang-kunang yang tersebar di daerah tropis di dunia.  
2.Deskripsi BagianHabitat kunang-kunang ada di tempat-tempat lembab, seperti rawa-rawa dan daerah yang dipenuhi pepohonan. Kunang-kunang bertelur pada saat hari gelap, telur-telurnya yang berjumlah antara 100 dan 500 butir dan diletakkan di tanah, ranting, rumput, di tempat berlumut atau di bawah dedaunan. Perkuburan yang tanahnya relatif gembur dan tidak banyak terganggu merupakan lokasi ideal untuk bertelur kunang-kunang. Pada umumnya, kunang-kunang akan keluar pada malam hari, namun ada juga kunang-kunang yang beraktivitas di siang hari. Mereka yang keluar siang hari ini umumnya tidak mengeluarkan cahaya.  Seperti serangga pada umumnya badan kunang-kunang dibagi menjadi tiga bagian: kepala, thorax, dan perut (abdomen).  Serangga bercangkang keras (exoskeleton) untuk menutupi tubuhnya. Panjang badannya sekitar 2cm. Hamper seluruh bagian tubuh kunang-kunang berwarna gelap dan berwarna titik merah pada bagian penutup kepala. Warna kuning pada bagian penutup sayap, bermata majemuk, dan berkaki enam. Jenis kunang-kunang beragam. Pemeliharaan kunang-kunang dapat dilakukan dengan penangkaran. Menurut sejarah asalnya, kunang-kunang berasal dari daratan Cina. 
Makanan kunang-kunang adalah cairan tumbuhan, siput-siputan kecil, serangga, atau cacing. Bahkan kunang-kunang  memangsa jenisnya sendiri. Kunang-kunang betina  sengaja berkelap-kelip seolah mengundang jenis pejantan. Setelah pejantan mendekat, sang betina memangsanya. Makanan bagi hewan penting untuk pertumbuhan. Dengan makanan pertumbuhan akan maksimal. Asupan yang maksimal dapat memberikan kebugaran bagi makhluk hidup.
Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang tidak berbahaya, malah tidak mengandung ultraviolet dan inframerah. Cahaya ini dipergunakan kunang-kunang untuk memberi peringatan kepada pemangsa bahwa kunang-kunang tidak enak dimakan dan untuk menarik pasangannya. Keahlian mempertontonkan cahaya tidak hanya dimiliki oleh kunang-kunang dewasa, bahkan larva. 
3.SimpulanKunang-kunang salah satu jenis serangga unik bukti kebesaran Sang Pencipta. Spesies kunang-kunang juga kekayaan yang dianugerahkan kepada negara kita sebagai salah satu negara tropis.

Sumber: dikutip dari Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Teks Laporan Hasil Observasi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]