1. Kelas 11 Bahasa Indonesia

Teks Puisi: Pengertian, Struktur, Ciri, dan Contohnya

Kawan Literasi tentu pernah membaca atau pernah mendengar seseorang membacakan puisi. Namun, pernahkah teman-teman menulis teks puisi sendiri? Sebenarnya, membuat teks puisi itu sama sekali tak susah, asalkan kamu mengerti apa saja unsur, ciri, serta strukturnya.

Di pembahasan kali ini Studio Literasi ingin mengajak teman-teman untuk mengenal lebih dalam tentang teks dari sebuah puisi dan bagaimana cara membuatnya. Daripada kamu semakin penasaran, yuk, simak bersama pengertian, unsur, ciri-ciri dan contoh teks puisi berikut ini. Jangan lupa dicatat!

Pengertian Teks Puisi

Orang membaca puisi
Membaca puisi. (Sumber: Unsplash)

Teks puisi adalah karangan sastra yang mengungkapkan isi pikiran serta perasaan dari penyair dengan mengutamakan keindahan kata. Melalui puisi, kita bisa mengungkapkan segala hal dengan bahasa yang indah seperti misalnya kemarahan, kerinduan, jatuh cinta dan sebagainya. Secara garis besar, puisi merupakan sebuah teks yang mengandung unsur-unsur keindahan dan dipergunakan untuk mengungkapkan banyak hal.

Unsur Pembangun Teks Puisi

Ilustrasi penyair menulis struktur puisi
Struktur puisi. (Sumber: iStock)

Dalam membuat puisi, terdapat unsur-unsur yang membangun puisi tersebut. Berikut ini adalah unsur pembangun teks puisi. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

1. Struktur Fisik

Struktur fisik adalah metode penyampaian dari suatu puisi. Berikut ini adalah unsur dari struktur teks puisi dalam bentuk fisik. 

a. Perwajahan Puisi

Perwajahan puisi disebut juga sebagai tipografi. Tipografi adalah bentuk format puisi seperti garis tepi, ketentuan baris dan halaman. Tipografi memiliki pengaruh terhadap pemaknaan isi puisi tersebut. 

b. Diksi

Diksi adalah pemilihan kata-kata oleh penyair dalam puisinya. Meskipun puisi berisi sedikit kata-kata, namun mengandung banyak makna. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan pemilihan diksi.

c. Imaji

Selanjutnya adalah imaji. Imaji adalah susunan kata yang terdapat di dalam puisi yang mengungkapkan pengalaman indrawi dari penyair. Imaji terbagi menjadi tiga, yaitu imaji suara, imaji penglihatan, dan imaji sentuh. 

Dengan menggunakan unsur imaji, dapat mempengaruhi audiens sehingga mereka seolah merasakan yang dialami penyair. 

d. Kata Konkret

Kata konkret adalah kata-kata yang dapat ditangkap oleh indera, sehingga dapat menimbulkan imaji. Kata-kata konkret berhubungan dengan kiasan, seperti misalnya “api yang membara”. 

e. Gaya Bahasa

Gaya bahasa merupakan penggunaan bahasa yang mampu menghidupkan dan menimbulkan makna konotasi menggunakan bahasa bahasa figuratif. Gaya bahasa yang digunakan dalam puisi umumnya adalah majas. 

f. Rima atau Irama

Unsur terakhir adalah rima atau irama. Rima adalah persamaan bunyi di bagian awal, tengah, maupun akhir puisi. Penggunaan rima biasanya sangat menonjol dalam pembacaan puisi. 

2. Struktur Batin

Struktur batin dalam puisi adalah komponen yang melibatkan batin dari si penulis. Berikut ini adalah unsur-unsur dari struktur teks puisi. 

a. Tema

Tema adalah unsur utama yang berkaitan dengan makna yang dihasilkan dari puisi. Puisi tanpa adanya tema akan tidak bermakna. 

b. Rasa

Rasa adalah sikap dari penyair terhadap masalah yang diungkapkan dalam puisi. Pengungkapan rasa berkaitan dengan latar belakang dari sang penyair. 

c. Nada

Selanjutnya adalah nada atau tone. Nada berkaitan dengan makna dan rasa. Melalui nada, penyair dapat menyajikan puisi dengan berbagai jenis nada seperti nada rendah, tinggi, atau nada mendikte. 

d. Tujuan

Tujuan sama dengan amanat puisi, yang berupa pesan yang ingin disampaikan oleh penyair kepada pembaca atau pendengarnya. 

Ciri-Ciri Teks Puisi

Ilustrasi orang menulis puisi
Menulis puisi (Sumber: Unsplash)

Ciri ciri puisi terbagi menjadi tiga jenis. Yaitu ciri puisi secara umum, ciri puisi lama dan puisi baru. Berikut ini adalah ciri-ciri teks puisi 

Ciri-ciri puisi secara umum:

  • Tulisannya terdiri dari bait yang di dalamnya berisi baris-baris.
  • Menggunakan gaya bahasa yang bermakna kiasan.
  • Diksi yang digunakan terdapat rima dan irama. 
  • Tidak terlalu menonjolkan alur, tokoh dan latar dalam pengungkapannya. 

Ciri-ciri puisi lama:

  • Penulis bersifat anonim, dan tidak diketahui orang dan nama penulisnya.
  • Memiliki jumlah baris, diksi, rima dan irama serta intonasi yang mengikat. 
  • Menggunakan gaya bahasa yang statis dan klise. 
  • Berjenis karya sastra lisan yang disampaikan dan diajarkan dari mulut ke mulut. 

Ciri-ciri puisi baru:

  • Nama penulis yang diketahui.
  • Memiliki jumlah baris, rima dan irama yang tidak mengikat.
  • Menggunakan gaya bahasa yang dinamis dan berubah-ubah.
  • Cenderung memiliki sifat yang simetris atau dalam bentuk rapi.
  • Menggunakan sajak syair.
  • Puisinya memiliki bentuk empat seuntai. 
  • Terdiri dari kesatuan sintaksis.
  • Di setiap sintaksis terdiri dari empat sampai lima suku kata.
  • Umumnya berisi tentang kehidupan. 

Contoh Teks Puisi

Ilustrasi menulis puisi dengan mesin ketik
Mengetik puisi. (Sumber: Unsplash)

Untukmu, Kedua Orang Tuaku

Cinta kasihmu.. selalu kau berikan padaku

Kau banting tulang.. kau peras keringat..

Namun kau selalu tersenyum di depanku..

Walau aku sering mengecewakanmu, kau tak pernah berhenti memberi semua cintamu..

Kau juga tak pernah sedikitpun meminta balasan dariku..

Karena ku tau.. kau melakukan semua itu hanya untuk membuat anakmu bahagia.

Kau menerangi hidupku, kau adalah pelita dalam setiap langkahku..

Maafkan aku belum bisa membalas semua kebaikan yang telah kau berikan padaku..

Tapi aku berjanji.. aku akan selalu berusaha dan berdoa untukmu. Untuk kebahagiaanmu dan untuk masa tuamu kelak.

Agar kau selalu tersenyum, walaupun apa yang aku beri tidak sebesar  yang aku terima selama ini..Ibu, Ayah. 

Baca juga: Mengenal Jenis Jenis Drama, Pengertian, dan Unsurnya

Teman-teman, itu tadi penjelasan lengkap dari materi teks puisi. Kalian dapat berlatih dengan membuat puisi sendiri dengan melihat beberapa contoh puisi lainnya, ya. Ikuti terus materi pelajaran terlengkap hanya di laman Studio Literasi. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Teks Puisi: Pengertian, Struktur, Ciri, dan Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]