1. Kelas 12 Biologi

Inilah 6 Kajian Tentang Teori Evolusi Menurut Beberapa Ahli

Halo, kawan literasi! bagaimana kabarnya? aku harap kalian sehat selalu, ya!  Ngomong-ngomong, pada artikel ini kita nggak akan membahas sesuatu yang tidak terlalu berat. Yap, kita akan belajar teori revolusi?

Eh, kalian pernah nggak sih lihat berita di TV atau baca-baca buku kalau manusia itu berasal dari kera? Mungkin kalian merasa shock atau nggak percaya. Kalian mungkin bertanya-tanya. Tapi menurut ilmu biologi revolusioner, manusia berasal dari evolusi seekor kera lho. 

Penasaran, kan? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Pengertian Teori Evolusi Menurut Para Ahli

Kata evolusi berasal dari bahasa Latin yakni “Evolvo” yang berarti membentang. Secara umum, evolusi merupakan perubahan struktur tubuh individu atau makhluk hidup secara perlahan dalam waktu dan proses yang sangat lama. Perubahan secara perlahan ini mempunyai keterkaitan erat dengan genetika. 

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Pada masanya, beberapa ahli mencoba untuk mendalami dan membuat sebuah kajian teori sebagai pembuktian bahwa manusia berasal dari kera. Memang, kita sudah tahu jika ilmu pengetahuan sudah berkembang dari bertahun-tahun lamanya. Oleh karena itu, berbagai macam kemajuan dalam ilmu pengetahuan tak mustahil untuk dicetuskan tak terkecuali teori 

Teori Evolusi Plato

Pertama kali, seorang ahli bernama Plato membuat pemikiran jika dunia terbagi menjadi dua yaitu dunia maya (khayal) dan tidak sempurna. Kedua dunia yang berbeda itu dapat dipahami menggunakan indra manusia. Evolusi terjadi pada suatu organisme makhluk hidup termasuk manusia. Organisme yakni unit sel yang mampu beradaptasi dengan lingkungan sehingga mengalami perubahan perlahan dalam waktu yang sangat lama. 

Teori Evolusi Zaman Aristoteles

Teori Evolusi Zaman Aristoteles
Teori Evolusi Zaman Aristoteles

Selanjutnya, teori evolusi mengalami perubahan yakni tepatnya pada zaman Aristoteles. Beliau merupakan seorang filsuf asal Yunani dan juga murid dari Plato. Semasa hidupnya, Aristoteles menyumbang pemikirannya tentang perubahan peradaban manusia atas dasar metafisika alam. 

Fenomena ini dapat mengubah suatu organisme sederhana menjadi bentuk lain yang lebih kompleks menurut kondisi lingkungannya. Teori evolusi pada zaman Aristoteles biasa dikenal dengan sebutan masa fiksisme. Kok bisa sih? karena pemikiran ini memiliki keterkaitan dengan mitos. 

Lalu, salah satu konsep pada abad ke-18, menyebutkan bawah organisme adalah ciptaan Tuhan alias teori ciptaan khusus. Dalam teorinya berpendapat jika cacat pada anggota tubuh merupakan adanya kutukan, bukan penyebab seleksi alam atau mutasi genetik.  

Teori Evolusi Lamarck

Teori Evolusi Lamarck
Teori Evolusi Lamarck

Pada abad ke-19, seorang ahli naturalis bernama Jean Baptiste de Monet dan Chevalier de Lamarck mengemukakan bahwa organisme hidup tertinggi adalah manusia. Awal mulanya, organisme manusia sebelumnya mengalami evolusi selama bertahun-tahun dari bentuk yang lebih rendah ke bentuk yang lebih tinggi. 

Perbedaan dalam setiap fase individu disebabkan karena adanya kebiasaan dari aktivitas individunya sendiri. Teori evolusi Lamarck mengeluarkan dua gagasan. Pada gagasan pertama, disitu menjelaskan bahwa terdapat bagian tubuh yang berguna dan tidak berguna. Bagian terpenting seperti tubuh akan berubah menjadi lebih kuat dan lebih besar dari anggota tubuh lainnya karena sering dipakai.

Melainkan, bagian tubuh yang jarang terpakai akan mengalami kemunduruan. Sedangkan pada gagasan Lamarck kedua menjelaskan bahwa evolusi berkaitan erta dengan pewarisan sifat alias genetik makhluk hidup dalam beradapasti dengan lingkungan sekitarnya. 

Selanjutnya, teori ini alias Lamarckisme diklaim tidak sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan alam. Namun tak dipungkiri, jika teorinya mampu melahirkan penelitian dan teori baru setelahnya. 

Teori Evolusi Charles Robert Darwin

Teori Evolusi Charles Darwin
Charles Darwin Pencetus Teori Evolusi

Memasuki tahun 1859, teori evolusi berkembang karena berasal dari pemikiran Charles Robert Darwin atau Charles Darwin. Dalam bukunya berjudul “On the Origin of Species” mengatakan bawah organisme berevolusi dari generasi sebelumnya ke generasi mendatang melalui pewarisan fisik atau perilaku. 

Lain daripada yang lain, beliau menyatakan jika setiap individu memungkinkan untuk mempertahankan hidupnya dengan cara beradaptasi. Mempertahankan hidupnya sekaligus mempunyai lebih banyak keturunan yang akan mewarisi sifat-sifatnya. 

Beliau juga mengumpulkan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa sebuah evolusi terjadi. Secara alamiah, organisme berubah dari bentuk yang lebih rendah ke bentuk yang lebih tinggi. Peristiwa tersebut terbukti karena bentuk fisik pada nenek moyang dan makhluk hidup pada saat zamannya telah mengalami perbedaan drastis. 

Baca Juga : Sistem Rangka Manusia – Macam Tulang dan Fungsinya

Teori Evolusi Russel Wallace

Teori Evolusi Wallace
Teori Evolusi Wallace

Lalu, munculah seorang naturalis bernama Alfred Russel Wallace yang meneruskan pemikiran Russel Wallace.  Ternyata ekspedisi teori evolusi dilakukan di daerah Malaysia, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Berdasarkan hasil penelitiannya, beliau mendapatkan sebuah bukti bahwa awak jerapah mempunyai variasi bentuk leher berbeda. Jerapah yang berleher panjang dinilai bisa unggul terhadap seleksi alam daripada jerapah berleher pendek. Sehingga sifat unggul tersebut diwariskan pada keturunannya. 

Teori Evolusi Weismann

Selanjutnya, seorang bernama August Friedrich Leopold Weismann mempelajari karakter organisme berevolusi dalam beberapa kurun waktu tertentu. Beliau menemukan bahwa hewan jenis insekta mengalami evolusi yang sangat menakjubkan. Dia juga mengajukan sebuah teori kontinuitas yaitu plasma nutfah alias teori hereditas. Dia berkeyakinan jika perubahan sel germinal dapat diwariskan. 

Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Teori Evolusi

Tentunya kalian berpikir, jika teori evolusi muncul karena adanya penyebab baik dari faktor internal maupun eksternal. Berikut adalah faktor-faktor penyebab perubahan makhluk hidup dalam jangka waktu yang lama, antara lain:

Mutasi Gen

Mutasi Genetik
Mutasi Genetik

Pertama adalah mutasi gen. Nah, apa sih artinya mutasi? mutasi adalah sebuah perubahan yang terjadi dalam suatu organel kromosom. Ini dapat menyebabkan terjadinya variasi sifat-sifat dalam suatu komunitas atau populasi. Mutasi yang menguntungkan akan menghasilkan spesies baru yang lebih adaptif dan unggul, sebaliknya mutasi merugikan akan menghasilkan spesies yang kurang adaptif dan kurang unggul. 

Hanyutan Genetik

Masih berhubungan dengan gen, hanyutan genetik adalah peristiwa perubahan frekuensi gen. Hal ini terjadi karena adanya sebuah populasi yang berpisah dengan populasi induknya. Beberapa darinya mungkin mempunyai jumlah yang sedikit, atau hilang dari populasi. 

Rekombinasi Gen

Rekombinasi gen yaitu peristiwa biologi pembentukan susunan gen baru. Gen-gen itu berinteraksi membuat gen baru melalui fase perkembang biakan (meiosis 1).

Aliran Gen

Selanjutnya, aliran gen adalah peristiwa pertukaran gen antar populasi. Hal ini kerap terjadi di kehidupan makhluk hidup khususnya pada kingdom animalia. Proses ini berjalan lancar akibat adanya proses imigrasi dan emigrasi dari sebuah kumpulan makhluk hidup. Alhasil, mereka secara tidak langsung menurunkan aliran gen kepada keturunannya.

Baca Juga : Sistem Peredaran Darah Manusia

Kesimpulan

Itulah pembahasan yang menyenangkan mengenai teori evolusi. Bagaimana? kalian jadi tahu kan perkembangan teori ini dari beberapa ahli. Nah, dari sini bisa kita simpulkan bahwa untuk bisa tetap bertahap bersama dengan perkembangan zaman, maka kita harus bisa beradaptasi, lho!

Tentunya tidak sebatas hanya fungsi tubuh, namun mindset, pengetahuan, serta mental kita sebagai manusia untuk tumbuh adaptif pada zaman sekarang alias zaman yang mempunyai kemajuan teknologi yang pesat. 

Sampai di sini dulu ya, kawan literasi. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Inilah 6 Kajian Tentang Teori Evolusi Menurut Beberapa Ahli

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]