1. Pengetahuan Umum

Terpentin: Cairan Kaya Manfaat untuk Industri Cat Hingga Farmasi

terpentin adalah
Terpentin, getah pohon pinus (sumber: Mongabay)

Bagi sebagian orang, terpentin adalah suatu istilah yang masih terdengar asing. Padahal bila dimanfaatkan dengan benar, terpentin adalah zat kaya manfaat yang memiliki nilai ekonomis tinggi loh! Mulai dari pengencer cat, pembersih kuas, hingga sebagai material pembuatan sintesis resin, minyak pinus, dan camphor.

Di Indonesia sendiri, terpentin adalah zat yang mudah diolah mengingat bahan bakunya berupa getah pohon pinus. Nah buat kamu yang masih bingung seputar apa itu terpentin, simak ulasan Studi Literasi selengkapnya berikut ini ya!

Apa itu Terpentin?

Turpentine (dalam bahasa Inggris) atau terpentin adalah bahan cair berwarna kuning hingga kecoklatan yang dihasilkan dari proses olahan penyulingan getah berbagai spesies pohon pinus seperti maritima, halepensis, palustris, dan cembra. 

Budidaya terpentin
Budidaya terpentin (sumber: Padang Media)

Khusus di Indonesia, terpentin diperoleh dari Pinaceae merkusii atau pohon tusam yang memiliki cairan lengket berbau balsem dengan warna kekuningan. Nantinya, bila telah  memasuki proses penyulingan, getah tersebut akan meninggalkan residu untuk bahan resin serta minyak atsiri. Umumnya, hasil olahan terpentin adalah minyak yang memiliki ciri bau yang unik serta mudah terbakar.

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Meski dalam keseharian terdengar asing, terpentin adalah istilah yang sangat populer dalam industri cat karena mengandung terpena (semacam zat pelarut untuk karet) dan resin seperti pinena, dipentene, serta silvestrena. Tak hanya itu, terpentin dalam bentuk paling murni juga banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan farmasi, industri kosmetik, kamper, antiseptik, dan gondorukem.

Perbedaan Terpentin dan Thinner

Cara panen terpentin dari pohon
Cara panen terpentin dari pohon (sumber: Super Radio)

Walau sekilas tampak mirip, nyatanya thinner dan terpentin adalah dua zat yang jelas berbeda. Keduanya sering dianggap sama sebab dapat digunakan sebagai campuran cat minyak, membersihkan pallet, kuas, dan alat lainnya. Meski demikian, setidaknya berikut dua perbedaan terpentin dan thinner yang perlu kamu ketahui

Istilah Thinner Mencakup Pengertian Lebih Luas

Dibandingkan dengan thinner, terpentin adalah istilah yang mencakup pengertian lebih sempit. Sebab, pengertian thinner sendiri meliputi banyak pelarut berbeda seperti, naphtha, roh mineral, hingga terpentin. Sehingga dapat dipahami bahwa thinner punya beberapa jenis sedangkan terpentin adalah zat tertentu yang artinya sudah spesifik. 

Bahan Pembuatan yang Berbeda

Terpentin dibuat dari olahan getah pohon pinus yang kemudian disuling hingga menjadi minyak. Sementara thinner dihasilkan oleh senyawa kimia bernama selulosa nitrat yang diambil dari serabut kelapa. Hal inilah yang akhirnya membuat karakteristik terpentin dan thinner juga berbeda, seperti warna dan tingkat kekentalan keduanya.

Kegunaan Terpentin

Petani sedang memanen terpentin
Petani sedang memanen terpentin (sumber: Pasekan.desa)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terpentin adalah zat penuh khasiat yang bisa kamu manfaatkan untuk beberapa hal. Beberapa kegunaan terpentin adalah sebagai berikut

1. Mencegah Infeksi Bakteri

Dengan penggunaan tepat, terpentin dapat membantu meredakan infeksi bakteri khususnya shigella yang biasanya menyerang saluran pencernaan. Caranya, campurkan terpenting sekitar 2-20 tetes dengan air di bawah resep dokter dalam sehari.

2. Membantu Meredakan Beberapa Penyakit

Percaya atau tidak, salah satu kegunaan terpentin adalah mengatasi beberapa penyakit seperti

Radang sendi

Terpentin, jika dikombinasikan dengan minyak zaitun, jarak, ataupun kelapa biasa digunakan sebagai olesan memijat untuk meredakan peradangan pada sendi. Sebagai catatan, sebaiknya hindari pemakaian terpentin pada kulit sensitif sebab dapat menciptakan sensasi panas yang membakar.

Infeksi saluran kemih

Campuran terpentin dan gula dengan takaran yang tepat akan membantu menyembuhkan infeksi saluran kemih. Untuk hasil maksimal, gunakan sesuai dosis dalam jangka waktu maksimal 6 minggu.

Flu

Sifatnya yang dapat melawan bakteri tentu membuat terpentin juga bisa mengatasi flu, loh. Caranya, campurkan terpentin dengan 1 sendok makan minyak zaitun lalu oleskan pada tenggorokan. Kamu juga bisa meneteskannya ke dalam lubang hidung untuk membantu meredakan infeksi dari dalam.

Pegal

Bila dioleskan atau tidak sengaja tersentuh oleh kulit secara langsung, minyak terpentin bisa menciptakan sensasi panas yang sedikit membakar. Walau demikian, terpentin terbukti mampu meredakan beberapa rasa sakit seperti linu otot ataupun sendi dengan takaran dosis yang tepat. Bahkan dalam beberapa kasus, minyak terpentin juga biasa digunakan untuk mengurangi pegal hingga sebagai olesan memijat.

3. Menghilangkan kutu rambut

Selain mengatasi beberapa penyakit, kegunaan terpentin lainnya adalah menghilangkan kutu rambut yang menempel pada kulit kepala. Sebab, terpentin yang sudah dicampur dengan minyak kelapa terbukti efektif bila digunakan secara rutin. Siapkan campuran kedua minyak lalu pijat kulit kepala secara perlahan lalu tutup dengan handuk hingga beberapa saat kemudian bilas sampai bersih. Dijamin, kutu rambut akan langsung berguguran seketika.

4. Membunuh parasit berbahaya dalam tubuh

Tanpa obat tertentu, ternyata kamu juga bisa membunuh parasit berbahaya hanya dengan mencampurkan beberapa tetes terpentin dengan gula batu. Jenis parasit yang dapat diatasi oleh terpentin adalah cacing kremi, penyebab infeksi saluran kemih, peradangan, hingga komplikasi.

5. Mengatasi pertumbuhan jamur

Jamur yang mungkin tumbuh di sekitar permukaan luka juga dapat kamu atasi dengan mengoleskan beberapa tetes terpentin. Sebaiknya, oleskan secara rutin sebab bila dibiarkan jamur akan menyebabkan banyak keluhan lain yang sangat mengganggu.

6. Bahan campuran cat

Mirip seperti thinner, terpentin pun dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran cat tembok maupun minyak. Cat yang telah dicampur dengan terpentin akan menghasilkan finishing yang halus dan tampak mengkilap.

7. Menghilangkan karat pada besi

Permukaan besi yang berkarat memang dapat merusak penampilan suatu barang. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggosoknya dengan terpentin menggunakan lap kasar hingga noda karat benar-benar hilang.

8. Membersihkan kamar mandi

Terpentin adalah salah satu cairan yang terbukti dapat digunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi agar terlihat kinclong. Cara membersihkan kamar mandi ini cukup efektif. Kamu hanya perlu mengoleskan cairan terpentin yang dicampurkan dengan cuka serta kaporit menggunakan lap dan kuas. Oles secukupnya dan sikat hingga noda hitam pada keramik memudar.

Harga dan Tempat Membeli Terpentin

Terpentin yang sudah diolah
Terpentin yang sudah diolah (sumber: Perhutani)

Banyak sekali bukan manfaat dan kegunaan terpentin yang bisa kamu aplikasikan dalam kegiatan sehari-hari? Bila memang membutuhkannya, kamu bisa mendapatkan terpentin di toko bangunan, apotek farmasi, produsen bahan baku kosmetik, ataupun secara online di beberapa e-commerce terkenal. Untuk harga terpentin sendiri cukup bervariasi, sesuai kadar kemurniannya.

  • Minyak terpentin murni 100ml = Rp5.000 – Rp15.000
  • Minyak terpentin murni 1 liter = Rp70.000 – Rp90.000
  • Minyak terpentin campuran dijual dengan harga variatif, sesuai jenis minyak campuran yang digunakan.

Demikian ulasan lengkap mengenai terpentin, mulai dari pengertian, kegunaan, harga dan tempat membeli, hingga perbedaannya dengan thinner. Semoga setelah mengetahuinya, kamu bisa menggunakan terpentin lebih bijak lagi sesuai fungsi dan kebutuhan. Semangat belajar dan sampai jumpa di pembahasan Studio Literasi menarik lainnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Terpentin: Cairan Kaya Manfaat untuk Industri Cat Hingga Farmasi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]