1. Uncategorized

8 Tips Belajar Matematika Secara Efektif dan Menyenangkan

8 Tips Belajar Matematika Secara Efektif dan Menyenangkan

Meta description: Tips belajar matematika di bawah ini bisa kalian terapkan sendiri, lho. Jangan takut untuk berubah menjadi lebih positif ya, kawan literasi!

Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Kami harap kalian baik-baik saja ya. Ngomong-ngomong mata pelajaran apa sih yang buat kalian merasa pusing tujuh keliling? Pasti matematika, bukan? Berbicara matematika memang punya kesan tersendiri bagi setiap siswa.

Nah, jika kalian merasa kurang ada kemajuan dalam belajar matematika. Coba nih simak penjelasan tentang 8 tips belajar matematika secara efektif dan menyenangkan, tentunya. Hmm, daripada kalian penasaran, ikutin aja tips-tipsnya berikut in!

Mengubah Mindset Jadi Lebih Positif

Ubah Mindset Menjadi Lebih Positif
Ubah Mindset Menjadi Lebih Positif

Perubahan terbesar berasal dari pikiran. Yap, begitulah kata-kata yang sering kita dengar. Saat kita mencoba untuk melakukan suatu perubahan, maka langkah pertama yang kita ambil adalah mengubah pikiran negatif menjadi lebih positif. Mencoba untuk berpikir positif di saat kesusahan memang bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi jika alam bawah sadar kita selalu merekam pikiran-pikiran negatif.

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Sama halnya dengan belajar matematika, ketika kita menganggap matematika itu susah, ribet, dan bikin kalian sakit kepala. 90% alam bawah sadar kita memberikan penolakan untuk belajar mata pelajaran tersebut. Jadi, tips belajar matematika pertama adalah  perlahan mengubah mindset kita menjadi lebih positif dengan berpikir bahwa matematika itu seru dan menyenangkan.  

Buat Lingkungan Belajar Menyenangkan

Nah, tips belajar matematika kedua ini adalah faktor eksternal yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kualitas belajar. Coba kalian ingat-ingat, kalian belajarnya dalam kondisi lingkungan bagaimana? apakah ia nyaman untuk dibuat belajar? Jika tidak, segera ganti lingkungan belajar yang nyaman. 

Lingkungan belajar nyaman itu setidaknya membuat kalian lebih fokus dan tenang sepanjang waktu kalian belajar. Temukan juga gaya kalian dalam belajar. Apakah lebih mudah belajar menggunakan musik atau tidak? Cobalah untuk berekplorasi gaya belajarmu ya!

Baca Juga : Mengenal Logika Matematika, Jenis & Cara Menarik Kesimpulan

Pahami Konsep Dasar

Tips belajar matematika selanjutnya adalah memahami konsep dasar. Nah, bagian ini adalah terpenting. Dalam ilmu matematika, memahami konsep dasar perhitungan adalah pondasi. Oleh karena itu, ketika kalian tidak memahami prinsip perhitungan, kalian akan bingung untuk menjawabnya. Apabila jika soal-soal disajikan dengan bentuk yang berbeda.  Maka dari itu, jangan pernah merasa bosan untuk memahami konsep dasar.

Pahami Rumus, Jangan Menghafal

Pahami Rumus Matematika dengan Baik
Coba Pahami Rumus Matematika dengan Baik

Matematika adalah ilmu yang identik dengan rumus-rumus, bukan? Nah, kami tebak kalian pasti tidak sanggup untuk menghafal semuanya. Sebenarnya, menguasai materi ini tidak serta merta menghafal setiap bagiannya. Namun juga tentang bagaimana kita berpikir logis dan menalar sesuatu dengan baik.

Tenang aja, ada kabar baiknya kok. Ternyata, untuk lebih cepat menguasai matematika kalian harus memahami rumus. Memahami rumus diperlukan pemikiran kritis tentang asal-usul elemen yang ada di dalam rumus. Oleh sebab itu, jangan hanya dihafal ya, kawan literasi.

Buatlah Rangkuman

Membuat rangkuman adalah salah satu cara efektif, karena memuat poin-poin yang penting. Rangkuman matematika cocok untuk kalian yang kurang suka untuk membaca secara keseluruhan. Membuat rangkuman, otomatis kalian juga harus mengerti fungsi dan prinsip dari rumus itu sendiri. Jangan sampai, kalian hanya menulis apa yang kalian sebenarnya belum paham.

Jadi, jangan ragu buatlah rangkuman sejelas mungkin dengan keterangan rumus yang bisa membantu kalian untuk memahaminya. Dijamin deh, beban belajar kalian akan berkurang!

Diskusi Bersama Guru

Berdiskusi Bersama Guru
Berdiskusi Bersama Guru

Sudah mencoba belajar sendiri tapi masih belum paham? bisa coba untuk berdiskusi permasalahan kalian bersama guru atau mentor yang berpengalaman. Diskusi bersama guru secara langsung membuat kalian memahami letak kesalahan dalam berhitung maupun cara penyelesaian soal yang lebih baik.

Di sisi lain, guru akan menilai kalian adalah siswa yang aktif dan berpikir kritis. Bisa jadi, beliau akan memberikan nilai A dalam bidang keaktifan di kelas. Wih, keren dong! Jadi, buat kalian yang masih belajar, jangan malu untuk bertanya dan diskusi bersama guru di sekolah, ya! 

Buat Kelompok Belajar

Tips belajar matematika kemudian adalah membuat kelompok belajar. Jangan anggap remeh belajar bersama teman ya guys. Terkadang, kalian tidak bisa menangkap materi yang disampaikan oleh guru, bisa jadi belum paham mengetahui maksudnya. Nah, jika bersama teman, kalian dapat leluasa bertanya dan berdiskusi secara interaktif. 

Membuat kelompok belajar juga akan mempererat hubungan pertemanan kalian. Memahami materi sambil bersantai bersama teman, aku rasa bukanlah ide yang buruk.  

Baca Juga : Simak Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Secara Efektif!

Ikut Kursus Matematika

Coba Ikut Kursus Matematika
Coba Ikut Kursus Matematika

Ini adalah tips belajar matematika terakhir yang bisa kalian coba. Mengikuti kursus matematika adalah cara ampuh untuk menjawab permasalahan matematika kalian selama ini. Dengan adanya berbagai latihan soal yang beragam, kalian akan terus dipantau perkembangan akademis hari demi hari. Sehingga, kalian akan takjub dengan hasil kerja kalian semenjak kursus berlangsung. 

Wih, kita sudah sampai di ujung pembahasan nih ya! Gimana seru kan, mengenal tips belajar matematika. Meskipun nanti saat belajar kalian menemukan sesuatu yang sulit, ingat ya jangan putus asa.

Oke, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Tips Belajar Matematika Secara Efektif dan Menyenangkan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]