1. Uncategorized

Inilah 8 Tips Memahami Rumus Fisika Secara Efektif

Mata pelajaran yang bikin pusing selain matematika adalah fisika. Sudah menjadi rahasia umum, kedua mata pelajaran tersebut menjadi momok atau permasalahan bagi sebagian siswa. Nah, untuk kalian sekiranya masih kurang optimal dalam belajar fisika, yuk ikuti tips memahami rumus fisika di bawah ini. Siapa tau setelah paham kalian langsung sat-set menjawab soal dari guru. Wah pasti keren tuh!

Tips Memahami Rumus Fisika

Fisika adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi dan geraknya dalam lingkup gerak dan perilakunya. Tentunya, materi yang ada di semesta ini sangat beragam. Oleh karena itu, kawan literasi perlu banget mengetahui trik jitu untuk mendongkrak nilai fisika. Yuk, baca tips memahami rumus fisika di bawah ini!

Ubah Mindset

Ubah Mindset
Dengan Mengubah Mindset, Kita Semakin Percaya Diri

Kawan literasi pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa hasil itu tergantung pada niat dan mindset? Nah, that’s the point. Jika ingin berhasil dalam mengerjakan fisika, ubah dahulu mindsetmu yang menganggap bahwa fisika adalah pelajaran mengerikan ya, kawan literasi?

Mungkin sekilas, mindset adalah hal yang remeh, tapi dengannya kamu akan lebih mudah dan percaya diri dalam mengerjakan tugas apapun. Setelah perspective dan pola pikirmu menjadi lebih positif, maka kalian akan bisa menyelesaikan soal fisika dalam bentuk apapun.  Yuk, terapkan tips memahami rumus fisika pertama ini, karena tips ini adalah pondasi dasar untuk memahami soal apapun terutama fisika. 

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Pahami Konsep Rumus Fisika

Tips memahami rumus fisika selanjutnya adalah dengan mengerti tentang konsep rumus fisika. Rumus tersebut biasanya memuat besaran pokok atau besaran turunan. Lalu, pemahaman rumus tersebut tidak cukup hanya dengan melihat dan mengangan-angan rumusnya saja, ya. Jadi, kawan literasi perlu memahami konsepnya juga. 

Dengan memahami konsep rumus dan perhitungan, maka akan selangkah lebih maju dalam memahami rumus fisika,lho. Di sisi lain, kalian akan lebih jago juga dalam memahami prinsip materinya.  Oleh sebab itu, kalian tidak akan  merasa kesulitan jika disuguhkan soal yang sejenis namun berbeda penyajiannya.

Banyak Latihan Soal

Selanjutnya, berlatih soal sebanyak-banyaknya. Tidak dipungkiri jika pengalaman berlatih soal akan membuatmu semakin jago terutama dalam pelajaran fisika. Di zaman sekarang, banyak sumber referensi untuk mempertajam skill dan kemampuan penalaran dalam menghitung. Di sisi lain, maraknya latihan soal yang tersebar di internet dan berbagai buku, tidak menjadikan sebuah alasan untuk tidak berlatih soal ya guys. Semangat!

Baca Juga: 8 Tips Belajar Matematika Secara Efektif dan Menyenangkan

Banyaklah Bertanya

Bertanya ke Guru
Bertanya ke Guru, Salah Satu Tips Memahami Rumus Fisika yang Mudah Dilakukan

Malu bertanya sesat di jalan, begitu ungkapan pepatah klasik. Ini ada benarnya juga lho guys. Jika kalian tidak berani bertanya ke guru, maka kamu tidak bisa memahami bagaimana cara mengerjakannya. 

Cobalah untuk lebih percaya diri dan jangan takut untuk bertanya ke guru atau teman  yang lebih bisa darimu ya? Mereka akan membantu diri kalian sehingga kalian lebih memahami soal lebih baik dari sebelumnya. Banyak bertanya di dalam kelas juga akan menambah nilai keaktifan diri kalian,lho. Mau nggak dapat nilai A? Kalau aku sih mau. Hehe.

Catat Materi dengan Baik

Tips memahami rumus fisika selanjutnya adalah mencatat materi dengan baik, entah itu materinya sulit atau tidak. Pada intinya ketika kamu mencatat sebuah materi apapun itu, maka otakmu akan merekam apa yang kamu lihat. 

Beberapa orang bisa mengerjakan dengan baik karena mereka mencatat materi dengan baik dan benar-benar memperhatikan setiap apa yang mereka tulis. Jika cara-cara di atas menurutmu kurang efektif, coba saja dengan merapikan materi yang kamu catat dan memahaminya secara berulang-ulang.

Buat Note Kecil Kreasi Sendiri

Buat Note Kecil Kreasi Sendiri
Buat Note Kecil Kreasi Sendiri, Sangat Membantu Belajarmu

Kami rasa kawan literasi sudah pernah melakukannya. Dalam satu kelas, setidaknya ada temanmu yang membuat catatan yang rapi, menarik, dan berwarna-warni. Wah, dijamin kalian pasti nggak akan bosan belajar fisika. Jika, kalian punya waktu senggang, tidak ada salahnya mengambil buku catatan kecil dan menuliskan rumus fisika dan poin-poin penting. Jadi, dengan melihat catatan yang rapi dan ringkas akan membuatmu lebih mengingat dan memahami rumus dengan baik.

Belajar Bersama Teman

Belajar Bersama Teman
Belajar Bersama Teman

Lalu, tips memahami rumus fisika selanjutnya adalah belajar bersama teman. Beberapa siswa memilih belajar fisika bersama temannya. Hal ini terjadi karena memang belajar bersama teman bisa membuat kalian semakin lebih paham. Melansir smktibaliglobalbadung, belajar bersama teman dapat meningkatkan kecakapan kalian dalam belajar fisika. 

Belajar bersama teman tidak akan membuatmu takut dan lebih rileks. Nah, tubuh dalam keadaan rileks dapat membuat ilmu lebih mudah masuk ke dalam otak. Di samping itu, kegiatan brainstorming dan rasa tidak sungkan bertanya kepada teman bisa membuatmu lebih leluasa untuk belajar. 

Belajar Privat bersama Guru Les

Menyewa jasa guru privat untuk kemajuan belajarmu, why not? Tips memahami rumus fisika terakhir ini memang bisa dijadikan pilihan pamungkas ketika cara-cara di atas kurang efektif bagi kalian lho, kawan literasi. 

Kelebihan dari belajar bersama guru les adalah fokusmu tidak akan terbagi kepada hal-hal lain. Waktu untuk belajar juga menjadi lebih eksklusif karena dipantau oleh guru privat, sehingga kalian akan mengalami kemajuan belajar yang signifikan.

Nah itulah tips memahami rumus fisika yang perlu kalian ketahui. Gimana, kalian nggak sabar nerapin tips-tips di atas, kan?  Dari tips-tips di atas, mana nih yang menurutmu menarik untuk dicoba? Jangan-jangan semuanya bakal kalian coba nih. Sampai juga di artikel selanjutnya ya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Inilah 8 Tips Memahami Rumus Fisika Secara Efektif

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]