1. Uncategorized

Apa Saja Trik Memecahkan Soal Fisika Sulit? Simak Ya!

Pelajaran fisika bagi beberapa siswa adalah pelajaran yang bikin pusing tujuh keliling. Bener nggak tuh? Setiap kali mengerjakan soal fisika, seolah-olah otak kalian jadi mendadak macet dan pingin nyerah gitu aja? Tenang ya guys, berikut ada beberapa trik memecahkan soal fisika sulit yang bisa kamu terapin sendiri. Simak ya!

Tenangkan Diri Terlebih Dahulu

Tenangkan Diri
Tenangkan Diri

Hanya sebatas mengerjakan soal fisika ya kawan literasi bukan akhir dari dunia. Hahaha. Trik memecahkan soal fisika sulit yang pertama adalah buat diri kalian serileks mungkin. Berpikir dengan keadaan kalut dan cemas akan mengurangi kemampuan kalian dalam berpikir jernih. 

Oleh karena itu guys, usahakan berpikir jernih setiap menghadapi soal dan ujian. Cara untuk menenangkan diri adalah dengan menarik nafas dalam-dalam, hembuskan perlahan serta lemaskan tubuhmu sejenak supaya tidak tegang.

Baca & Pahami Maksud Soal

Trik memecahkan soal fisika sulit selanjutnya yakni mencoba fokus membaca soal dengan seksama. Resapi setiap kalimat sembari memvisualisasikan soal di pikiran kalian. Percaya deh cara ini cukup membantu. Memahami maksud soal dengan mindful juga dapat mengefisiensi waktu dalam pengerjaan soal. So, jangan sampai salah fokus ya!\

Artikel Terkait

  • Contoh Kalimat Fakta: Pengertian & Cara Mencarinya!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on November 30, 2023 at 2:12 pm

    Contoh Kalimat fakta merupakan salah satu kalimat yang hampir dapat kita jumpai di berbagai sumber, seperti artikel pada website, brosur, buku hingga tulisan pada layar televisi. Jika kalimat tersebut sesuai dengan apa yang terjadi dan dilakukan, maka dapat disebut sebagai kalimat fakta. Singkatnya, kalimat fakta itu kalimat yang menjelaskan bahwa hal tersebut benar-benar terjadi. Oh Artikel Contoh Kalimat Fakta: Pengertian & Cara Mencarinya! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Kalimat Deskripsi, Cara Membuatnya & Kegunaannya!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on November 29, 2023 at 2:51 pm

    Selain mempelajari kalimat definisi, pada pelajaran Bahasa Indonesia kita juga mempelajari tentang kalimat lainnya. Salah satunya, kalimat deskripsi. Kalimat ini termasuk yang mudah untuk dipelajari serta dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari kita.  Karena caranya dengan hanya melihat objeknya secara langsung. Kita sudah bisa mendeskripsikan dari berbagai unsur. Misal kalau makhluk hidup berupa fisik dan perilaku. Sedangkan, Artikel Contoh Kalimat Deskripsi, Cara Membuatnya & Kegunaannya! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Kalimat Definisi: Pengertian Ahli, Cara Membuat & Contoh!
    by Aloysius Juhandi (Studio Literasi) on November 28, 2023 at 1:02 pm

    Ada berbagai macam kalimat yang pernah kita pelajari pada saat pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satunya adalah kalimat definisi. Kalimat ini biasanya digunakan untuk menjelaskan suatu objek atau topik yang kita bicarakan.  Ternyata, kalimat ini memiliki pengertian yang lebih luas, yang bukan hanya sekadar pengertian dan contoh saja.  Untuk lebih luasnya akan Studioliterasi akan membahasnya melalui Artikel Kalimat Definisi: Pengertian Ahli, Cara Membuat & Contoh! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Cara Mempelajari Volume Kubus & Rumusnya!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on November 27, 2023 at 3:40 pm

    Ketika berada di kelas 5 dan 6 SD, kita mendapatkan materi mengenai bangun ruang , pada pelajaran Matematika. Materinya sudah lebih mendalam pembahasannya. Salah satunya, materi tentang menghitung volume. Materi ini merupakan salah satu materi yang bisa dibilang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Maka tidak heran banyak yang tidak paham dan akhirnya pada saat Artikel Cara Mempelajari Volume Kubus & Rumusnya! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Baca Juga: Inilah 8 Tips Memahami Rumus Fisika Secara Efektif

Pahami Konsep Materi Dalam Soal

Pahami Konsep Materi Soal
Pahami Konsep Materi Soal

Selanjutnya adalah memahami konsep materi dalam soal. Untuk mengerjakan soal fisika tidak sebatas kalian paham dan hafal rumus saja, karena rumus adalah hasil dari penulisan prinsip atau konsep materi. Apabila hanya belajar dari menghafal rumusnya saja, kalian akan kesulitan jika nanti soal tersebut berbeda dari biasanya seperti yang kamu hadapi sebelumnya. 

Menggambar Ilustrasi atau Diagram

Contoh soal:

Seekor ikan koi sedang berenang di sebuah bejana yang cukup besar. Ikan tersebut memiliki tekanan hidrostatis (P) sebesar 5000 Pa. Berapakah kedalaman ikan tersebut berenang jika diketahui massa jenis air ) adalah 1.000 kg/m³ dengan percepatan gravitasi bumi sebesar 10 m/s²?

Trik memecahkan soal fisika sulit adalah menggambar ilustrasi atau  diagram sesuai dengan maksud soal. Tekanan hidrostatis disimbolkan dengan huruf kapital P dengan rumus sistematis yaitu P= ρ. g . h

Langkah selanjutnya, kalian harus menggambar bejana yang berisi air di atas kertas buram. Menurut wikihow.com, Memvisualisasi soal sedemikian rupa membantu kalian untuk cepat memahami soal. 

Masih ingat nggak tentang materi fisika ini? Tekanan hidrostatis menyatakan bahwa semakin dalam benda tersebut tenggelam maka semakin besar pula tekanan hidrostatisnya. Tentunya bisa dianalogi jika seberapa jauh benda tersebut tenggelam maka semakin besar ketinggiannya. 

Tulis Poin-Poin Penting Dalam Soal

Tulis Poin Yang Diketahui Dari Soal
Tulis Poin-Poin Dari Soal

Trik memecahkan soal fisika sulit yang tidak kalah penting adalah menulis ringkas poin-poin yang telah tertera di soal, yakni seperti ini:

Diketahui:

Tekanan hidrostatis (P) = 5000 Pa

Massa jenis ) = 1000 kg/m3

Percepatan Gravitasi (g) = 10 m/s2 

Ditanya : ketinggian ikan tersebut berenang (h) ?

Tulis Rumus Yang Tepat

Selanjutnya tuliskanlah rumus dasar dari tekanan hidrostatisnya

Rumus:

P=</b><b> ρ. g . h

Maka, 

h=\frac{</b><b>P}/{ρ</b><b> . g}

Nah, dengan menguraikan rumus secara runtut seperti di atas, maka otomatis kalian akan bisa mengerjakannya dengan baik. Pada rumus di atas, maka untuk mencari ketinggian benda dengan cara membagi besar tekanan hidrostatis dengan hasil perkalian massa jenis dan percepatan gravitasi. 

Baca Juga: Pahami Teknik Memahami Soal Ujian, Dijamin Pasti Sukses!

Cari Variabel Yang Belum Diketahui

Setelah mendapatkan rumus yang sesuai maka cari variabel yang belum diketahui dengan cara memasukkan besaran angka ke setiap elemen rumus. Pastikan juga satuan tersebut sudah setara atau sesuai dengan ketetapan SI (Satuan Internasional).

h=\frac{</b><b>5000 Pa}{</b><b>1000 kg/</b><b>m</b><b>3</b><b> . 10 m/</b><b>s</b><b>2}/

Selesaikan Persamaan

Nah, hampir selesai. Trik memecahkan soal fisika sulit selanjutnya adalah dengan mencari jawabannya. Diketahui nilai tekanan hidrostatis adalah 5000 dan hasil perkalian massa jenis dan percepatan gaya gravitasi adalah 10000 . Selanjutnya perhitungan terakhir adalah membagi 5000 dengan 10000. Hasilnya adalah 0,5 m. Jika satuan dikonversian menjadi cm, maka dikalikan 100 yaitu menjadi 50 cm.

Nah, gimana sudah paham ya bagaimana trik memecahkan soal fisika sulit? Oke, aku berharap kawan literasi paham ya. Jikalau masih kurang paham, coba pelajari kembali dan banyaklah berlatih soal. 

Oke, sampai jumpa di artikel selanjutnya semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa Saja Trik Memecahkan Soal Fisika Sulit? Simak Ya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Penyajian data dalam matematika tentunya bukan hal asing. Masih ingatkah tentang parameter penyajian data? Yap benar, penyajian data sederhana menggunakan mean, median, modus. Daya yang disajikan merupakan hasil dari observasi atau pengamatan maupun penelitian yang dilakukan sebelumnya.  Penyajian data ada berbagai cara seperti dalam bentuk diagram, tabel, infografis dan sebagainya. Nah, tunggu apa lagi kawan […]
    Halo, kawan literasi. Lama kita tidak membahas seputar tips-tips seru. Siapa nih di antara kalian yang kurang optimal mengerjakan soal matematika maupun pelajaran lain karena sering lupa? Duh, dikit-dikit lupa hafalin rumusnya. Bikin kalian semakin pusing, nggak sih? Tapi, tenang saja karena pada pembahasan kali ini, kita akan bahas bagaimana cara meningkatkan daya ingat secara […]

    Trending

    Kawan literasi, tidak dipungkiri masih banyak di antara siswa yang kurang mahir dalam berbahasa Inggris. Seringkali hal ini dibuktikan dengan nilai Bahasa Inggris yang dibawah rata-rata atau sesederhana tidak memahami bacaan Bahasa Inggris. Penyebab utamanya adalah kurangnya penguasaan dalam vocabulary building.  Nah, kabar baiknya adalah penguasaan vocabulary building bisa dipelajari dengan baik asalkan ada niat […]
    Halo kawan literasi. Kalian pasti pernah belajar tense dalam Bahasa Inggris, bukan? Tentunya kalian sangat familiar dengan future tense. Dalam  pembahasan kali ini, adapun 10 contoh kalimat future tense kalimat yang menerangkan sebuah peristiwa di masa datang atau membicarakan sesuatu yang belum terjadi di masa sekarang.  Nah, kalian masih ingat apakah ciri-ciri kalimat yang menggunakan […]
    It’s English time! Halo kawan literasi, bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Dalam Bahasa Inggris jika kalian ingin mengungkapkan profesi, identitas di kalian atau kondisi  menggunakan bentuk kalimat apa? Yap, kalian pasti menggunakan kalimat nominal. By the way, apa kalian benar-benar tahu contoh kalimat nominal Bahasa Inggris dengan baik?  Nah berhubung tenses di […]