1. Uncategorized

Apa Saja Trik Memecahkan Soal Fisika Sulit? Simak Ya!

Pelajaran fisika bagi beberapa siswa adalah pelajaran yang bikin pusing tujuh keliling. Bener nggak tuh? Setiap kali mengerjakan soal fisika, seolah-olah otak kalian jadi mendadak macet dan pingin nyerah gitu aja? Tenang ya guys, berikut ada beberapa trik memecahkan soal fisika sulit yang bisa kamu terapin sendiri. Simak ya!

Tenangkan Diri Terlebih Dahulu

Tenangkan Diri
Tenangkan Diri

Hanya sebatas mengerjakan soal fisika ya kawan literasi bukan akhir dari dunia. Hahaha. Trik memecahkan soal fisika sulit yang pertama adalah buat diri kalian serileks mungkin. Berpikir dengan keadaan kalut dan cemas akan mengurangi kemampuan kalian dalam berpikir jernih. 

Oleh karena itu guys, usahakan berpikir jernih setiap menghadapi soal dan ujian. Cara untuk menenangkan diri adalah dengan menarik nafas dalam-dalam, hembuskan perlahan serta lemaskan tubuhmu sejenak supaya tidak tegang.

Baca & Pahami Maksud Soal

Trik memecahkan soal fisika sulit selanjutnya yakni mencoba fokus membaca soal dengan seksama. Resapi setiap kalimat sembari memvisualisasikan soal di pikiran kalian. Percaya deh cara ini cukup membantu. Memahami maksud soal dengan mindful juga dapat mengefisiensi waktu dalam pengerjaan soal. So, jangan sampai salah fokus ya!\

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Baca Juga: Inilah 8 Tips Memahami Rumus Fisika Secara Efektif

Pahami Konsep Materi Dalam Soal

Pahami Konsep Materi Soal
Pahami Konsep Materi Soal

Selanjutnya adalah memahami konsep materi dalam soal. Untuk mengerjakan soal fisika tidak sebatas kalian paham dan hafal rumus saja, karena rumus adalah hasil dari penulisan prinsip atau konsep materi. Apabila hanya belajar dari menghafal rumusnya saja, kalian akan kesulitan jika nanti soal tersebut berbeda dari biasanya seperti yang kamu hadapi sebelumnya. 

Menggambar Ilustrasi atau Diagram

Contoh soal:

Seekor ikan koi sedang berenang di sebuah bejana yang cukup besar. Ikan tersebut memiliki tekanan hidrostatis (P) sebesar 5000 Pa. Berapakah kedalaman ikan tersebut berenang jika diketahui massa jenis air ) adalah 1.000 kg/m³ dengan percepatan gravitasi bumi sebesar 10 m/s²?

Trik memecahkan soal fisika sulit adalah menggambar ilustrasi atau  diagram sesuai dengan maksud soal. Tekanan hidrostatis disimbolkan dengan huruf kapital P dengan rumus sistematis yaitu P= ρ. g . h

Langkah selanjutnya, kalian harus menggambar bejana yang berisi air di atas kertas buram. Menurut wikihow.com, Memvisualisasi soal sedemikian rupa membantu kalian untuk cepat memahami soal. 

Masih ingat nggak tentang materi fisika ini? Tekanan hidrostatis menyatakan bahwa semakin dalam benda tersebut tenggelam maka semakin besar pula tekanan hidrostatisnya. Tentunya bisa dianalogi jika seberapa jauh benda tersebut tenggelam maka semakin besar ketinggiannya. 

Tulis Poin-Poin Penting Dalam Soal

Tulis Poin Yang Diketahui Dari Soal
Tulis Poin-Poin Dari Soal

Trik memecahkan soal fisika sulit yang tidak kalah penting adalah menulis ringkas poin-poin yang telah tertera di soal, yakni seperti ini:

Diketahui:

Tekanan hidrostatis (P) = 5000 Pa

Massa jenis ) = 1000 kg/m3

Percepatan Gravitasi (g) = 10 m/s2 

Ditanya : ketinggian ikan tersebut berenang (h) ?

Tulis Rumus Yang Tepat

Selanjutnya tuliskanlah rumus dasar dari tekanan hidrostatisnya

Rumus:

P=</b><b> ρ. g . h

Maka, 

h=\frac{</b><b>P}/{ρ</b><b> . g}

Nah, dengan menguraikan rumus secara runtut seperti di atas, maka otomatis kalian akan bisa mengerjakannya dengan baik. Pada rumus di atas, maka untuk mencari ketinggian benda dengan cara membagi besar tekanan hidrostatis dengan hasil perkalian massa jenis dan percepatan gravitasi. 

Baca Juga: Pahami Teknik Memahami Soal Ujian, Dijamin Pasti Sukses!

Cari Variabel Yang Belum Diketahui

Setelah mendapatkan rumus yang sesuai maka cari variabel yang belum diketahui dengan cara memasukkan besaran angka ke setiap elemen rumus. Pastikan juga satuan tersebut sudah setara atau sesuai dengan ketetapan SI (Satuan Internasional).

h=\frac{</b><b>5000 Pa}{</b><b>1000 kg/</b><b>m</b><b>3</b><b> . 10 m/</b><b>s</b><b>2}/

Selesaikan Persamaan

Nah, hampir selesai. Trik memecahkan soal fisika sulit selanjutnya adalah dengan mencari jawabannya. Diketahui nilai tekanan hidrostatis adalah 5000 dan hasil perkalian massa jenis dan percepatan gaya gravitasi adalah 10000 . Selanjutnya perhitungan terakhir adalah membagi 5000 dengan 10000. Hasilnya adalah 0,5 m. Jika satuan dikonversian menjadi cm, maka dikalikan 100 yaitu menjadi 50 cm.

Nah, gimana sudah paham ya bagaimana trik memecahkan soal fisika sulit? Oke, aku berharap kawan literasi paham ya. Jikalau masih kurang paham, coba pelajari kembali dan banyaklah berlatih soal. 

Oke, sampai jumpa di artikel selanjutnya semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa Saja Trik Memecahkan Soal Fisika Sulit? Simak Ya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]