1. Kelas 11 Bahasa Indonesia

Kenali 8 Unsur Intrinsik Cerpen & Penjelasan Lengkapnya

Unsur intrinsik cerpen adalah unsur yang membentuk suatu cerita pendek itu sendiri. Unsur-unsur tersebut mencakup tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Untuk mengetahui lebih dalam masing-masing unsurnya, simak artikel Studio Literasi kali ini hingga akhir!

1. Tema

Sumber: wallpaperflare

Unsur intrinsik yang pertama ialah tema. Tema bisa disebut topik, gagasan utama, atau gambaran besar di balik cerita yang seorang pengarang buat. Sering kali tema dituliskan secara tersirat oleh sang penulis, sehingga untuk menentukan tema suatu cerpen, pembaca harus membaca keseluruhan rangkaian peristiwa pada cerpen. Tema bersifat umum atau general, serta bisa jadi berasal dari permasalahan yang umum terjadi di masyarakat maupun pengalaman pribadi sang penulis. 

2. Tokoh

Sumber: pngtree

Dalam suatu cerita, pasti menceritakan berbagai karakter yang mengalami rangkaian peristiwa. Karakter yang menjadi pelaku yang diciptakan penulis inilah yang disebut tokoh. Berdasarkan porsi perannya dalam cerita, tokoh terbagi menjadi tokoh utama dan tokoh figuran atau pembantu. Tokoh utama sendiri juga terbagi menjadi tokoh yang sifatnya baik dan berlawanan. Berikut penjelasannya: 

  • Tokoh Protagonis 

Tokoh ini memiliki sifat yang baik dan umumnya dimiliki oleh tokoh utama pada cerpen. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tokoh Antagonis

Sebaliknya, tokoh antagonis umumnya bersifat jahat dan menentang tokoh protagonis. 

  • Tokoh Tritagonis

Sedangkan tokoh tritagonis adalah tokoh yang menjadi penengah antara tokoh baik dan jahat (protagonis dan antagonis). Umumnya tokoh tritagonis memiliki watak yang bijaksana. 

  • Tokoh Pembantu (Figuran)

Tokoh figuran bertugas untuk menjadi tambahan dalam cerpen dan kemunculannya dalam cerita tidak terlalu sering. 

Baca juga: Mengenal Jenis Jenis Drama, Pengertian, dan Unsurnya

3. Penokohan

Sumber: gurupendidikan

Unsur intrinsik cerpen berikutnya adalah penokohan. Penokohan adalah cara pengarang mendeskripsikan dan mengembangkan suatu karakter dalam cerpen. Terdapat 6 cara seorang penulis menggambarkan tokohnya, yaitu: 

  • Teknik Analitik Langsung

Dengan cara ini, seorang penulis secara eksplisit atau langsung menggambarkan sifat atau watak sang tokoh, seperti nakal, baik, jelek, pemalas, egois, dan sebagainya. 

  • Penggambaran Fisik serta Perilaku 

Penulis juga bisa melakukan karakterisasi dengan menjelaskan kondisi fisik sang karakter, cara berpakaian, seperti tinggi semampai, atau bahkan ekspresi wajahnya. 

  • Penggambaran Lingkungan Kehidupan Tokoh

Melalui cara ini, penulis lebih fokus pada deskripsi latar kehidupan tokoh, seperti berasal dari desa yang sangat pelosok, atau keluarga yang kurang harmonis. 

  • Penggambaran Tata Bahasa 

Karakterisasi tokoh juga bisa digambarkan melalui susunan bahasa yang seorang tokoh utarakan. 

  • Pengungkapan Jalan Pikiran Tokoh

Penulis juga bisa menggambarkan watak tokoh dengan mengungkapkan isi pikiran atau cara berpikir suatu tokoh dalam cerpen. 

  • Penggambaran melalui Tokoh Lain 

Selain melalui narasi penulis dalam cerpen, penulis juga bisa mengungkapkan penokohan suatu karakter melalui tokoh lain yang terlibat dalam cerita. 

Baca juga: Teks Prosedur Kompleks

4. Alur

Sumber: wallpapers

Alur adalah jalan cerita atau pola pengembangan cerita yang sifatnya kronologis. Pengembangan alur suatu cerpen sebaiknya mudah dipahami, logis, namun juga menarik untuk pembaca. Alur cerita secara umum biasanya bermula dari pengenalan cerita (orientasi), penjelasan peristiwa (komplikasi), konflik (rising action), puncak konflik atau klimaks (turning point), hingga penyelesaian (resolusi dan koda). 

Berikut ini adalah jenis-jenis alur pada suatu cerpen: 

  • Alur Maju 

Jenis alur ini adalah yang paling umum pada suatu cerpen, sebab rangkaian ceritanya bergerak maju ke masa depan, serta dijelaskan secara berurutan. 

  • Alur Mundur 

Sebaliknya, alur mundur memiliki pola penyampaian yang sifatnya flashback atau mengingat masa lalu. 

  • Alur Campuran

Sementara itu, ada pula alur campuran, dimana alur ceritanya adalah perpaduan dari alur maju dan mundur. Akan tetapi, alur ini jarang digunakan oleh pengarang. 

5. Latar (Setting

Sumber: pinterest

 

Latar, atau sering juga disebut setting, merupakan unsur intrinsik cerpen yang memberi keterangan waktu, ruang, dan suasana pada suatu cerita. Setting sangat erat hubungannya dengan tokoh pada suatu peristiwa dan bisa mempertegas dan meyakinkan pembaca pada jalan cerita. Latar cerita bisa bersifat faktual dan imajinatif, sesuai dengan keinginan sang penulis. 

  • Latar waktu menjelaskan kapan waktu terjadinya suatu peristiwa yang seorang tokoh alami. 
  • Latar tempat memberi informasi pembaca dimana letak suatu peristiwa dalam cerita.
  • Latar suasana memberikan keterangan tentang suasana atau atmosfer pada suatu peristiwa yang sedang penulis gambarkan. Latar suasana juga bisa digambarkan dari perasaan tokoh maupun skenario penulis. 

Baca juga: Teks Cerpen

6. Sudut Pandang (Point of View)

Sumber:istockphotos

Sudut pandang adalah unsur intrinsik cerpen yang menggambarkan kedudukan pengarang dalam cerita, atau cara seorang penulis menempatkan diri pada suatu cerita. Sudut pandang bisa terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu: 

  • Sudut pandang orang pertama

Pada sudut pandang orang pertama, penulis menggunakan kata ganti persona Aku, dimana pengarang adalah karakter utama itu sendiri. Sudut pandang ini sering dipakai ketika cerpen menceritakan pengalaman pribadi seorang penulis. 

  • Sudut pandang orang kedua

Dengan sudut pandang ini, penulis menjadi narator yang sedang berbicara dengan kata ganti orang kedua seperti Kamu, Kau, atau Anda. Pembaca dalam hal ini menjadi pelaku utama, sehingga merasa dekat dengan cerita, seolah menjadi tokoh utama. Namun, penulis tidak menyebut Aku untuk berkomunikasi dengan karakter utama. 

  • Sudut pandang orang ketiga serba tahu

Sudut pandang orang ketiga biasanya memakai kata ganti dia, ia, mereka, atau nama tokoh dalam penyampaiannya. Pada sudut pandang serba tahu, penulis akan menyampaikan apa yang ada dalam pikiran dan benak sang tokoh cerita. 

  • Sudut pandang orang ketiga terbatas

Dengan sudut pandang orang ketiga terbatas, penulis atau narator terikat pada tokoh tertentu dalam penyampaiannya. 

  • Sudut pandang orang ketiga pengamat atau objektif 

Berkebalikan dengan sudut pandang orang ketiga serba tahu, pada sudut pandang pengamat, penulis berada di luar karakter serta tidak mengetahui isi hati atau pikiran si tokoh. Sudut pandang ini biasanya dipakai ketika penulis hendak menciptakan kesan misterius yang membuat pembaca penasaran.  

7. Gaya Bahasa 

Sumber: wallpaperflare

Gaya bahasa merupakan cara penulis untuk menciptakan suatu suasana, atmosfer, atau nada tertentu saat menguraikan cerita. Gaya bahasa sendiri meliputi pemilihan kata (diksi), penggunaan kalimat, dan penghematan kata. Unsur inilah yang membuat seorang penulis memiliki ciri khasnya sendiri. 

8. Pesan atau Amanat

Sumber: peakpx

Yang terakhir, komponen yang menjadi unsur intrinsik cerpen adalah amanat. Amanat berisi pesan yang penulis ingin sampaikan pada pembaca, serta umumnya bersifat tersirat, tidak tersurat. Selain itu, amanat juga biasanya selaras dengan tema cerpen. Contohnya, jika tema cerpen adalah tentang keluarga, maka amanat cerita bisa jadi tidak jauh dari menghargai kebersamaan dan sebagainya. 

Baca juga: Contoh Teks Negosiasi, Pengertian, & Strukturnya

Nah, itu dia ulasan materi tentang unsur intrinsik cerpen, Kawan Literasi. Seluruh unsur tersebut sangat penting untuk membantu menyusun sebuah cerpen. Sudahkah kamu memahaminya?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kenali 8 Unsur Intrinsik Cerpen & Penjelasan Lengkapnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]