1. Uncategorized

Vocabulary Building: Pengertian, Jenis, dan Tips Meningkatkannya

Kawan literasi, tidak dipungkiri masih banyak di antara siswa yang kurang mahir dalam berbahasa Inggris. Seringkali hal ini dibuktikan dengan nilai Bahasa Inggris yang dibawah rata-rata atau sesederhana tidak memahami bacaan Bahasa Inggris. Penyebab utamanya adalah kurangnya penguasaan dalam vocabulary building. 

Nah, kabar baiknya adalah penguasaan vocabulary building bisa dipelajari dengan baik asalkan ada niat dan ketekunan. Berikut kami jelaskan pengertian, jenis-jenis vocabulary dan tips yang oke banget untuk kalian terapkan. Simak penjelasan di bawah ini ya guys!

Pengertian Vocabulary Building

Pengertian Vocabulary Building
Pengertian Vocabulary Building

Sebelum mengenal apa itu vocabulary building, lebih baik kalian memahami apa saja sih cakupan dan definisinya. Seperti yang kalian ketahui, vocabulary merupakan kumpulan kata yang diingat dan dikuasai oleh seseorang. 

Sebenarnya tanpa kita sadari, kita saat ini juga berada di tahap perkembangan pengenalan kosakata lho. Kok bisa? Yap, karena setiap hari kita berkomunikasi dan tentunya tidak sedikit kita mendengarkan atau melihat kata baru, sehingga sepanjang kita bertumbuh otak kita selalu berkembang dan kaya akan kosakata. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Bisa dibilang kosakata identik dengan perkembangan diri manusia dan menjadi hal yang fundamental dalam kemampuan berkomunikasi.Jadi vocabulary building merupakan metode penguasaan bahasa Inggris yang bertujuan supaya orang tersebut mampu memahami kosakata Bahasa Inggris baik secara verbal maupun tulisan. 

Baca Juga: Grammar Rules :Pengertian Beserta Penjelasannya

Jenis Penguasaan Kosakata

Selanjutnya ada tingkatan dalam penguasaan kosakata yang perlu kalian pahami supaya progress belajar kalian berhasil.

Reseptif

Pertama, ada tingkatan reseptif. Maksudnya adalah tingkat penguasaan Bahasa Inggris hanya sebatas mengetahui makna kosakata, sehingga vocabulary building hanya bersifat hafalan saja. Melansir lister.co.id, vocabulary atau kosakata ini dibangun ketika aktif menyimak dan membaca. Dengan kata lain, pembelajar hanya memperoleh kosakata dalam bentuk tertulis dan lisan. 

Produktif

Ini adalah tingkatan lebih tinggi daripada sebelumnya. Pembelajar tidak hanya menguasai dan menghafal arti kata namun juga mengaplikasikan kosakata dengan baik secara tulisan maupun verbal. 

Penyebab Keterbatasan Memahami Vocabulary Building

Selanjutnya kita akan mengenal bagaimana seseorang bisa mengalami keterbatasan dalam memahami vocabulary building. 

Faktor Internal

Faktor internal yang mempengaruhi perkembangan vocabulary adalah tingkat usia dan motivasi diri. Tak dipungkiri, tingkatan usia sangat berpengaruh kepada perkembangan vocabulary building. Pada usia anak-anak, vocabulary masih sedikit dan terbatas, namun seiring berjalannya waktu, kosakata akan bertambah dan berkembang secara bertahap sampai mereka dewasa. 

Selanjutnya, tak kalah penting adalah kemauan dan motivasi diri untuk terus belajar. Belajar dan memperkaya kosakata adalah cara yang efektif dan efisien. Rajin membaca buku Bahasa Inggris, berlatih soal, menyimak percakapan Bahasa Inggris sangat ampuh meningkatkan kemampuan tersebut. 

Faktor Eksternal

Kemudian ada faktor eksternal. Faktor ini secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Keberhasilan dalam berbicara bahasa Inggris tak lepas dar pengaruh lingkungan, pengetahuan yang termanifestasikan setiap waktu. Tak heran, jika kalian berada di lingkungan yang mendukung dan positif maka kemahiran dalam Bahasa Inggris tidak perlu lagi dipertanyakan. 

Baca Juga:  Mengenal Perbedaan Had dan Has Beserta Contohnya

Tips Meningkatkan Vocabulary Building

Penyebab keterbatasan di atas bisa diantisipasi dengan mengikuti beberapa tips berikut ini, antara lain:

Pelajari Bahasa Inggris Sesering Mungkin

Gunakan Sesering Mungkin
Gunakan Sesering Mungkin

Tips yang pertama adalah banyak-banyaklah menggunakan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa bisa dibentuk dari sebuah kebiasaan, jadi jika ingin jago dalam Bahasa Inggris, maka pakailah setiap hari. 

Libatkan segala aktivitas kalian sehari-hari dengan menggunakan Bahasa Inggris, entah itu berbicara, menulis, atau kegiatan lainnya. Lalu, berdialog dengan ungkapan sederhana mampu memperkaya vocabulary building. 

Gunakan Kosakata Baru

Tak ada salahnya menggunakan kosakata baru supaya tetap ingat. Penguasaan kosakata ini tidak hanya terkait dengan menghafal secara intens namun lebih kepada penggunaan kata  yang tepat. Kosakata baru akan membuat percakapan lebih berwarna dan tidak terkesan monoton. Sekadar saran saja, jangan malu untuk menggunakan dan mengeksplorasi kosakata baru ya!

Cari Tahu Asal Usul Kata

Mempelajari lebih dalam lebih baik daripada sebatas superficial. Banyak di antara kita sebagai pembelajar yang hanya mengetahui artinya saja tanpa memahami maknanya secara komprehensif. Memahami akar kata dalam membantu kalian akan memahami pembentukan berbagai kata dan frase (words family) yang lebih kompleks,lho.

Pahami Thesaurus

Pahami Thesaurus
Pahami Thesaurus

Selanjutnya adalah memahami thesaurus. Nah bagi yang belum tahu thesaurus itu apa, ia merupakan sebuah kamus untuk mencari padanan kata berupa persamaan kata atau lawan kata. Dengan membaca thesaurus sesering mungkin, kemampuan pemahaman dan penalaran bahasa akan semakin baik. 

Nah, itulah pengertian vocabulary building beserta penjelasan lengkapnya. So, untuk kawan literasi yang ingin cas cis cus Bahasa Inggris, yuk ikuti aja tips di atas. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Vocabulary Building: Pengertian, Jenis, dan Tips Meningkatkannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]