1. Kelas 10 Sejarah

Sejarah Sumpah Pemuda, Isi Teks, dan Maknanya bagi Pelajar

Kawan Literasi pasti sudah tidak asing dengan kata Sumpah Pemuda bukan? Sebagai tonggak utama dalam sejarah pergerakan bangsa, momen tersebut menjadi kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita lahirnya negara Indonesia.

Pada pembahasan kali ini, Studio Literasi ingin mengajak teman-teman untuk mengenal lebih jauh makna sumpah pemuda, beserta sejarah dan isinya. Kawan Literasi dapat menyimak pembahasannya melalui artikel berikut ini!

Apa itu Sumpah Pemuda?

Sumpah Pemuda merupakan sebuah keputusan tekad sekaligus semangat pemuda-pemudi tanah air untuk menegakkan kemerdekaan bangsa dan menegaskan cita-cita akan “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”.

Pada dasarnya, janji dalam Sumpah Pemuda bertujuan untuk menyulut dan membangkitkan semangat rakyat Indonesia, khususnya kaum muda untuk mempertegas kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Sumpah Pemuda sendiri tercetus tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928 dari Kongres Pemuda II di Jakarta. Dari sinilah tanggal 28 Oktober selalu menjadi peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Sejarah Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda adalah buah keputusan dari Kongres Pemuda II yang berhasil diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta. Kongres tersebut dipimpin oleh Soegondo Djojopoespito dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI).

Melansir dari Museum Sumpah Pemuda, Kongres Pemudai II terlaksana di tiga gedung berbeda dan terbagi ke dalam tiga kali rapat sampai akhirnya dapat melahirkan Sumpah Pemuda.

Rapat pertama berlangsung pada tanggal 27 Oktober 1928, bertempat di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng.
Acara dibuka dengan sambutan langsung oleh Soegondo Djojopoespito selaku ketua yang berharap bahwa kongres ini mampu memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan para pemuda. Sesi berikutnya adalah pemaparan Muhammad Yamin mengenai makna dan hubungan persatuan dengan kaum pemuda.

Berikutnya, rapat kedua diadakan pada tanggal 28 Oktober 1928 di Gedung Oost-Java Bioscoop, mengangkat topik utama seputar pendidikan.
Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, selaku kedua pembicara berpendapat bahwa anak-anak sejak dini wajib memperoleh pendidikan kebangsaan. Selain itu, harus ada pula keseimbangan antara pendidikan di rumah dan sekolah.

Adapun rapat terakhir masih pada hari yang sama, tetapi berbeda lokasi yakni di Gedung Indonesische Clubhuis Kramat. Soenario dalam sesi selanjutnya memaparkan urgensi demokrasi dan nasionalisme di samping gerakan kepanduan.

Di sisi lain, Ramelan juga menjelaskan bahwa gerakan kepanduan jelas tidak dapat terpisah dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan sangatlah penting dalam mendidik anak-anak bangsa menjadi mandiri dan disiplin.

Isi Sumpah Pemuda

Naskah Sumpah Pemuda asli (nitter)

Kongres Sumpah Pemuda II ditutup dengan persembahan lagu “Indonesia Raya” karya Wage Rudolf Supratman yang disambut meriah oleh para peserta kongres. Tidak lupa pula dengan pengumuman rumusan hasil kongres yakni naskah Sumpah Pemuda. Isinya adalah sebagai berikut.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. (Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia).

Kedua:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. (Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia).

Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia. (Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia).

Tujuan Sumpah Pemuda

Memaknai Sumpah Pemuda merupakan wujud ikrar persatuan pemuda-pemudi setanah air untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Memaknai Sumpah Pemuda merupakan wujud ikrar persatuan pemuda-pemudi setanah air untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Lantas, apa tujuan dari Sumpah Pemuda?

  1. Membangkitkan sikap dan jiwanasionalisme pemuda-pemudi bangsa beserta seluruh rakyat Nusantara dalam rangka menentang, melawan, serta mengusir para penjajah.
  2. Mempertebal dan mengukuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Memperluas usaha dan kegiatan untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia.
  4. Menghilangkan rasa dan paham kedaerahan yang sering menjadi hambatan bersatunya rakyat Indonesia.
  5. Menjalankan cita-cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda-pemudi Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda

1. Makna Sumpah Pemuda bagi Pelajar

Pelajar Indonesia (Pikiran Rakyat)

Menghargai perjuangan pahlawan
Bagi pelajar, makna sumpah pemuda adalah sebagai wujud nyata untuk menghargai perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Berkat perjuangan itulah, kini teman-teman bisa memperoleh hak pendidikan dan kesejahteraan.

Menumbuhkan semangat belajar
Berikutnya, makna Sumpah Pemuda tentu menumbuhkan semangat untuk terus belajar dan berkarya. Dalam artian lain, Sumpah Pemuda dapat mendorong generasi muda Indonesia dalam rangka memberikan kontribusi terbaik untuk bangsanya.

Mencintai tanah air Indonesia
Makna Sumpah Pemuda dapat menggambarkan rasa bangga terhadap tanah air Indonesia. Hal tersebut jelas harus didukung dengan kecintaan penuh dengan menjunjung tinggi nilai persatuan.

2. Makna Sumpah Pemuda bagi Bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia (tirto)

Memperkuat Kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia
Setiap kalimat dalam ikrar Sumpah Pemuda jelas menjadi kebanggan dari para pemuda. Apalagi, Indonesia merupakan negara yang kaya berbekal keragaman budaya. Oleh sebab itu, sudah seharusnya hal tersebut dapat memperkuat rasa bangga sebagai bagian dari bangsa Indonesia.

Mengobarkan Semangat Kebangsaan
Pada masa itu, semangat di hati para pemuda pasti berkobar dengan pesat. Semangat inilah yang dapat dijadikan contoh dan teladan bagi generasi penerus bangsa supaya tetap mampu memberikan kontribusi bermanfaat bagi Indonesia.

Menjaga Keutuhan Bangsa Indonesia
Setiap masyarakat Indonesia wajib untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara. Terlebih lagi dengan pesatnya arus globalisasi yang cukup berpengaruh terhadap cara pikir pemuda zaman sekarang. Dalam hal ini, makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia adalah sesuatu yang harus tertanam sejak dini di bangku sekolah lewat pelajaran pendidikan kewarganegaraan.

3. Makna Sumpah Pemuda bagi Perjuangan Kemerdekaan

Perjuangan kemerdekaan Indonesia (LINE Today)

Mempersatukan Perjuangan Indonesia
Kelahiran Sumpah Pemuda menjadi sebuah titik awal perjuangan kaum pemuda di Indonesia. Sederet tokoh pada saat itu rela mengorbankan pikiran, tenaga, waktu, sampai harta benda demi demi mempersatukan bangsa. Perjuangan tersebut akhirnya berbuah manis lewat bersatunya keutuhan Indonesia melalui Sumpah Pemuda.

Mendorong Semangat Juang Para Generasi Muda
Memaknai Sumpah Pemuda secara mendalam pun dapat menumbuhkan semangat juang untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa. Semangat pemuda-pemudi yang mencetuskan Sumpah Pemuda saat itu jelas dapat menambah dan meneruskan estafest energi positif kepada generasi-generasi penerus.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai makna Sumpah Pemuda, beserta isi teks dan sejarahnya. Semoga melalui artikel ini, teman-teman dapat lebih memahami makna Sumpah Pemuda itu sendiri. Untuk penjelasan terlengkap lainnya, Kawan Literasi bisa simak terus laman Studio Literasi ini, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Sejarah Sumpah Pemuda, Isi Teks, dan Maknanya bagi Pelajar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]