1. Kelas 11 Bahasa Inggris

Explanation Text: Definisi, Struktur, Ciri-ciri, & Contohnya

Kawan Literasi, kalian tahu nggak sih, bagaimana caranya kita memberi penjelasan terhadap terjadinya suatu kejadian dalam bahasa Inggris? Nah, kalian nggak perlu khawatir, karena kali ini Studio Literasi akan mengajak kalian untuk bahas tentang explanation text atau teks penjelasan.

Explanation text ini banyak digunakan untuk menjelaskan terjadinya suatu hal, baik itu fenomena alam maupun fenomena sosial. Untuk lebih memahami tentang explanation text, yuk kita bahas definisi, struktur teks dan ciri-cirinya berikut ini. 

Definisi Explanation Text

Explanation text adalah teks dalam bahasa Inggris yang dipergunakan untuk menjelaskan suatu cara atau proses dari sesuatu, terutama yang berhubungan dengan kejadian, fenomena alam, dunia ilmiah dan sosial budaya.

Text explanation ini hampir sama dengan procedure text, namun procedure text lebih menekankan pada penjelasan terhadap cara untuk melakukan sesuatu. Sementara explanation text adalah penjelasan bagaimana sesuatu dapat terjadi. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Fungsi explanation text sendiri adalah memberikan informasi kepada para pembaca mengenai proses suatu objek.

Struktur Explanation Text

Hal yang perlu diperhatikan sebelum kita menulis explanation text tentunya adalah membuat struktur tulisannya terlebih dahulu. Berikut ini penjelasan dari struktur teks penjelasan. 

1. Titles

Title atau judul menjadi poin penting dalam teks penjelasan. Dalam pemberian judul, harus langsung mengarah pada tujuan teksnya. Misalnya “why did poverty happen?” “How did the tsunami happen?”, dan sebagainya. Tujuan dari pemberian judul ini adalah untuk mengarahkan para pembaca kepada teks. Biasanya, judul lebih banyak menggunakan kalimat tanya seperti “bagaimana” dan “kenapa”.

2. Statement

Statement atau pernyataan pembuka bertujuan untuk memberikan informasi yang valid yang didukung dengan fakta. Maka dari itu, pernyataan pembuka harus disampaikan dengan kuat. Pada bagian statement ini, penulis dapat mengidentifikasi proses yang akan dijelaskan di dalam teks. Melalui pernyataan pembuka ini, penulis dapat memperkenalkan fenomena yang akan dibahas secara singkat. 

3. Sequencing

Bagian sequencing adalah bagian penyusunan isi teks kalimat dan paragraf. Hal ini bertujuan agar para pembaca tidak kebingungan dalam membaca antar paragraf satu dan yang lainnya. Penulis dapat menyambungkan hubungan sebab-akibat dari fenomena yang dibahas. Paragraf harus diurutkan secara logis dan menjelaskan bagaimana dan mengapa fenomena tersebut dapat terjadi. Urutan teksnya adalah rangkaian kejadian, tindakan, penyebab dan proses dari fenomena tersebut. 

4. Konklusi

Konklusi bertujuan untuk memberikan kesimpulan dari keseluruhan teks. Kesimpulan yang diberikan harus memberikan kesan bahwa tulisan yang dibuat adalah valid. 

5. Visuals

Aspek visual ini sangat penting dalam memberikan gambaran sebuah fenomena. Dengan adanya gambar ini berguna untuk memperjelas explanation dari peristiwa yang terjadi. 

Ciri-ciri Explanation Text

  • Berasal dari pertanyaan penulis yang berhubungan dengan “why” dan “how” mengenai suatu fenomena yang ada.
  • Materi teks berfokus pada proses kejadian atau peristiwa yang dialami oleh benda atau orang.
  • Teks menggunakan simple present tense, karena explanation text menjelaskan suatu fakta.
  • Menggunakan action verb yakni kata kerja yang digunakan untuk menjelaskan proses atau peristiwa yang sedang berlangsung.
  • Menggunakan adverbial phrase
  • Menggunakan passive voice untuk memberikan penekanan pada fokus kejadian yang berlangsung. 
  • Menggunakan noun phrase.
  • Menggunakan general dan abstract noun.
  • Menggunakan technical terms, merujuk pada istilah teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahas pada teks. 
  • Menggunakan conjunction of time dan cause-effect

Explanation Text Examples (Contoh)

Berikut ini dua contoh teks penjelasan berupa fenomena alam. 

1. Explanation about Tsunami

How Tsunami Works

Teks eksplanasi (explanation text) tentang tsunami
Explanation about Tsunami. (Sumber: bbc)

Tsunamis are also referred to as tidal waves. They are, however, unrelated to the tidal activity caused by the sun and moon’s gravitational forces. Tsunamis are, in many ways, just larger versions of regular waves. They have a trough and a crest and are made up of moving energy rather than moving water.

The distinction is in the source of this energy. Because wind only affects the surface of the ocean, normal ocean waves are limited in size and speed. Tsunamis, on the other hand, are caused by underwater energy, such as a volcanic eruption, a submarine landslide, or, most commonly, an earthquake on the ocean floor. When the earth’s tectonic plates slip, a massive amount of energy is released.

2. Explanation about Rainbow

How Rainbow is Formed?”

Teks eksplanasi (explanation text) tentang pelangi
Explanation about a rainbow. (Sumber: Edraw)

A rainbow appears as a light spectrum: a band of familiar colors such as red, orange, yellow, green, blue, and violet. The name “Roy G. Biv” is an easy way to remember the rainbow’s colors and their order: red, orange, yellow, green, blue, indigo, and violet. (However, many scientists believe “indigo” is too close to blue to be truly distinguishable.) Our eyes perceive all of the colors of the rainbow mixed together as white light. 

The sun appears white, when sunlight strikes a raindrop, some of it is reflected. The electromagnetic spectrum is made up of many different wavelengths of light, each of which is reflected at a different angle. As a result, the spectrum is separated, resulting in a rainbow.

Baca juga: Contoh Invitation Letter: Undangan Bahasa Inggris & Strukturnya

Itu tadi penjelasan dari definisi, struktur, ciri-ciri beserta dengan contoh dari explanation text. Teman-teman dapat berlatih menulis teks penjelasan dari fenomena yang terjadi di sekitar, seperti bencana alam atau peristiwa lainnya. Simak terus materi pembelajaran yang bisa kamu akses kapan saja dan di mana saja hanya di Studio Literasi. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Explanation Text: Definisi, Struktur, Ciri-ciri, & Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]