1. Uncategorized

Simak Rahasia Belajar Efektif di SMA Yang Bisa Kamu Coba

Belajar memang sebuah kegiatan yang membosankan bagi sebagian siswa, tak terkecuali siswa yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Mereka berpendapat bahwa belajar tidak menjadikan mereka paham sekaligus. Sementara itu, ada siswa yang enggan untuk belajar karena memang kurang tertarik dengan suasana belajar yang monoton. Dari kasus umum di atas, dapat kami simpulkan bahwa mereka masih belum tahu bagaimana rahasia belajar efektif di SMA. 

Daripada kawan literasi penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Rahasia Belajar Efektif di SMA

Kali ini, ada 13 Rahasia yang bisa kalian terapkan mulai hari ini. Beberapa di antaranya mungkin cocok untuk kalian. Nah, kira-kira yang mana ya pilihan favoritmu?

Buat Suasana Belajar Nyaman

Buatlah Suasana Kerja Nyaman
Buatlah Suasana Kerja Nyaman

Membuat suasana belajar kondusif dan menyenangkan adalah sebuah keharusan. Menjelang belajar, pasti kita akan menyiapkan beberapa hal sebelum fokus untuk jangka waktu yang lama. Saat kalian belajar namun kondisi lingkungan tidak mendukung dan bising maka secara tidak langsung kalian kehilangan kesempatan untuk belajar secara optimal. So, pilih tempat yang nyaman ya!

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Belajar Secara Berulang

Belajar dengan waktu yang singkat tapi lakukan dengan frekuensi sering. Beberapa artikel lain juga menyarankan untuk melakukan cara ini karena memang bagus untuk meningkatkan performa belajarmu. Belajar dengan spaced repetition tidak akan membebanimu, justru membuatmu menjadi lebih sigap dan paham.

Baca Juga: 8 Trik Mengatasi Kesulitan Matematika Ini Perlu Kamu Ketahui

Buat Jadwal Belajar

Jadwal belajar adalah sesuatu yang perlu kamu perhatikan. Melansir smadwiwarna.sch.id, rahasia belajar efektif di SMA ini bisa mendongkrak nilai pelajaranmu dengan baik, asalkan kamu mengatur jadwal belajar dan bermain dengan bijak. Tentunya, kalian sebagai pelajar juga tidak ingin kehilangan kesempatan untuk bersantai dan bermain bersama teman bukan? Nah, tidak ada kata mustahil untuk menikmati kegiatan belajar dan bermain karena apabila kamu jago dalam mengatur waktu ya guys.

Tidur Cukup

Tidur Cukup
Rahasia Belajar Efektif di SMA Salah Satunya Tidur Cukup

Hayo ngaku, siapa yang belajar masih pakai metode SKS (Sistem Kebut Semalam)? Hari ini baru belajar padahal besok ujian. Wah, gawat banget guys! Percaya nggak percaya, sebagian besar siswa yang menggunakan sistem belajar ini kurang bisa menunjukkan hasil yang maksimal, lho. 

Ditambah lagi, mengorbankan waktu tidur dan istirahat yang dimana ia memiliki peran penting dalam keseharian kalian. Ubah kebiasaan buruk seperti itu dengan tidur yang cukup. Tidur cukup akan membuat tubuh rileks dan segar kembali untuk melaksanakan kegiatan belajar di esok hari.

Jauhi Distraksi

Pernah mengalami kejadian Ibu ngomel-ngomel karena kalian belajar sambil main handphone,nggak? Baru belajar 10 menit, eh main handphonenya 30 menit sendiri.  Jika masih seperti itu, jangan diulangi lagi ya kawan literasi? Melakukan kegiatan multitasking seperti di atas tidak akan membuat belajar kalian cepat selesai,lho. Pastinya, kalian akan semakin bingung dan tidak optimal dalam belajar.

Dengarkan Musik Klasik

Mendengar Musik Klasik
Mendengar Musik Klasik

Kabar baik untuk kalian yang dimana metode belajar menggunakan musik. Ternyata mendengarkan musik-musik tertentu bisa meningkatkan ketajaman pikiran kalian,lho guys. Pernah mendengar lagu klasik Fur Elise dari Ludwig Van Beethoven atau Nocturne Op. 9 No. 2 dari Chopin?

Lagu-lagu di atas bersuara instrumen musik saja, sehingga tidak akan mengganggu fokus kalian untuk belajar. Eits ingat, usahakan hindari lagu-lagu berlirik ya karena bisa mengganggu waktu belajar kalian. Nanti nggak jadi belajar deh, malah nyanyi sendiri. Hehe.

Merangkum Materi Pembelajaran

Salah satu rahasia belajar efektif di SMA adalah merangkum materi. Kegiatan ini cukup efektif untuk menaikkan performa belajar kalian, lho. Menurut sdnwarungboto.sch.id, dengan merangkum otomatis diharuskan untukmembaca keseluruhan materi dan mengambil poin-poin penting yang hendak ditulis di buku rangkuman.

Kalian akan belajar bagaimana membuat sebuah rangkuman yang baik tanpa menghilangkan bagian-bagian pentingnya. Di sisi lain, kalian akan sering membaca buku rangkuman karena memang praktis dan mudah dibawa kemana-mana. 

Buatlah Akronim Sederhana

Jika memiliki masalah dalam hal mengingat, buatlah akronim sederhana ya. Meskipun terdengar sepele, membuat akronim yang mudah untuk diingat akan membantu dalam menghafal.

Biasanya, membuat akronim tentang rumus matematika atau IPA. Untuk rumus yang panjang dan susah untuk diingat, kami rasa membuat akronim bisa membantu kamu menyelesaikan soal dengan baik.

Selesaikan Soal Sulit Terlebih Dahulu

Rahasia belajar efektif di SMA selanjutnya adalah menyelesaikan soal yang sulit terlebih dahulu. Mengapa disebut sebagai belajar yang efektif? Dengan mengerjakan soal yang sulit, kalian akan memecahkan persoalan tersebut dengan seksama, sehingga kalian merasa tidak kesulitan kembali ketika menemukan soal sejenis seperti itu.

Buat Target Belajar Yang Relevan

Membuat target belajar membuat kalian akan menjadi lebih bersemangat. Menentukan target harian belajar dengan materi yang berbeda-beda bisa memotivasi diri untuk lebih maju. Target yang relevan dan realistis juga akan mengukur daya tangkap dan kecakapan kalian dalam belajar. Yuk, buat target belajar sekarang juga!

Pahami Materi Baik-Baik

Memahami materi dengan tenang dan sungguh-sungguh setidaknya harus kalian lakukan ketika sedang belajar. Rahasia belajar efektif di SMA tersebut memang banyak diabaikan oleh beberapa siswa karena mungkin tidak benar menyimak materi dengan baik. Nah, mulai sekarang jangan lupa untuk selalu pay attention dengan materi yang ada di depanmu ya!

Baca Juga: 9 Strategi Sukses Dalam Ujian Kimia Yang Perlu Kamu Ketahui!

Berpikir Kritis

Cobalah Berpikir Kritis
Cobalah Berpikir Kritis

Berpikir kritis perlu diasah sejak dini ya. Pasalnya, berpikir kritis bisa membuat kalian selangkah lebih maju dari yang lain. Dengan berpikir kritis, kalian akan terbiasa menanyakan dan mencari jawaban yang lebih kompleks dalam mengerjakan soal. Tidak hanya sebatas mengetahui jawabannya, tapi juga bagaimana cara mendapatkan jawaban tersebut dan keterkaitan dengan perhitungan lainnya.

Perbanyak Latihan Soal

Practice makes perfection. Itulah pepatah lama. Rahasia belajar efektif di SMA tidak jauh-jauh dengan perbanyak latihan soal. Dengan banyak berlatih soal membuat kalian terbiasa menghadapi jenis soal apapun dan kemampuan aritmatika akan meningkat seiring konsisten berlatih soal. 

Nah, bagaimana sudah paham bukan? Tips-tips di atas bisa kalian coba sesuai dengan kebutuhan kalian. So, jangan beranggapan belajar itu membosankan ya guys, kalau sudah tau cara yang lebih asyik di sini.Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Simak Rahasia Belajar Efektif di SMA Yang Bisa Kamu Coba

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]