1. Uncategorized

Mean Median Modus: Pengertian, Contoh Soal & Pembahasannya

Penyajian data dalam matematika tentunya bukan hal asing. Masih ingatkah tentang parameter penyajian data? Yap benar, penyajian data sederhana menggunakan mean, median, modus. Daya yang disajikan merupakan hasil dari observasi atau pengamatan maupun penelitian yang dilakukan sebelumnya. 

Penyajian data ada berbagai cara seperti dalam bentuk diagram, tabel, infografis dan sebagainya. Nah, tunggu apa lagi kawan literasi, kita kupas satu per satu apa itu mean median modus beserta penjelasannya.

Mean (Rata-Rata)

Nah, mean atau rerata adalah salah satu penyajian data yang sering kalian temukan. Mean merupakan hasil bagi antara jumlah data secara keseluruhan dengan banyaknya data yang kita olah. Rata-rata atau mean dinotasikan dengan lambang x (dibaca: x bar). Tak hanya itu, penyajian data ini bisa digunakan untuk menyajikan data tunggal atau berkelompok. 

Rumus mean (rata-rata) Data Tunggal

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

x = xin

Keterangan

x = mean/rata-rata

xi= jumlah data keseluruhan

n = banyak data

Rumus mean (rata-rata) Data Berkelompok

x = fi . xifi

Keterangan

x = mean/rata-rata

fi= frekuensi data kelompok ke-i

xi = nilai tengah data kelompok ke -i

Baca Juga: Teknik Pengumpulan Data

Contoh Soal Mean

Berikut adalah contoh soal penyajian data rata-rata menggunakan data tunggal dan berkelompok. 

Data Tunggal

Pak Rahman selaku wali murid kelas 10 B SMA 1 Surabaya sedang melakukan perhitungan nilai siswa nya yang berjumlah 20 pada mata pelajaran IPA. Berikut adalah nilainya

75 60 80 85 70

65 70 90 75 80

90 85 80 85 85

70 60 80 60 90

Cara Penyelesaian:

  1. Cari nilai rata-rata siswa dengan cara menjumlahkan nilai-nilai mereka di atas. Sehingga didapatkan total penjumlahan nilai siswa.

xi =1535

2. Selanjutnya adalah membagi nilai keseluruhan di atas dengan banyaknya nilai. Jumlah total seluruh siswa adalah 20 orang. Maka, jumlah data keseluruhan (xi) 1535 dibagi dengan 20

x = xin

x = 153520

Rata-rata = 76,75

Nah, jadi data mean atau rata-rata nilai IPA siswa kelas 10 SMA 1 Surabaya adalah 76,75

Data Berkelompok

Seorang petani sukses bernama Pak Budi melakukan pengiriman hasil panen kepada distributor di kota-kota Besar selama 3 bulan sekali dalam setahun . Nah, hasil panen tersebut berupa jagung dan tomat  yang berkualitas. Pada pengiriman musim pertama yaitu sebesar 120 kuintal jagung dan 100 kuintal tomat. 

Selanjutnya pada musim kedua sekitar 450 kuintal jagung dan .80 kuintal tomat. Sementara itu pada musim selanjutnya, panen jagung mengalami peningkatan pesat sebanyak 800 kuintal dan tomat 250 kuintal. Namun pada musim keempat mengalami penurunan yaitu hanya menghasilkan 550 kuintal jagung dan 180 kuintal tomat. 

Dari peristiwa di atas, dapat disajikan data dalam bentuk berkelompok 

 

Januari – Maret

(Musim 1)

April-Juni

(Musim 2)

Juli-September

(Musim 3)

Oktober-Desember

(Musim 4)

Jagung120 Kuintal450 Kuintal800 Kuintal550 Kuintal
Tomat100 Kuintal80 Kuintal250 Kuintal180 Kuintal
Jumlah Hasil Panen220 Kuintal530 Kuintal1050 Kuintal730 Kuintal

Cara Penyelesaian:

  1. Jumlahkan keseluruhan hasil panen dari dari sesi pertama hingga sesi keempat. xi =2530 kuintal
  2. Setelah itu, bagikan jumlah keseluruhan hasil panen dengan banyaknya musim panen dalam setahun.

x = fi . xifi

x = 25304

x = 632,5 kuintal

Jadi, data mean atau rata-rata hasil panen selama setahun adalah 632,5 kuintal.

Baca Juga: 8 Trik Mengatasi Kesulitan Matematika Ini Perlu Kamu Ketahui

Median (Nilai Tengah)

Penyajian data selanjutnya adalah median. Median merupakan nilai tengah dari suatu data. Untuk mendapatkan nilai tengah atau median, kalian harus mengurutkan dahulu data dari yang terkecil hingga terbesar. Persyaratan lainnya yaitu melihat berapa banyak data yang diolah. Jika data tersebut ganjil maka perhitungan median juga berbeda. Begitupun sebaliknya. 

Rumus Median (Jumlah Data Ganjil)

Me = Xn+12

Keterangan

n+1 = Banyak data yang ganjil ditambah dengan angka 1

Rumus Median (Jumlah Data Genap)

Me = Xn2 + Xn2+12

Keterangan

Xn2 = Nilai tengah pertama pada data 

Xn2+ 1 = Nilai tengah kedua pada data 

Contoh Soal Median

Nilai Ujian Akhir Semester kelas 10 SMK 3 Boyolali  adalah sebagai berikut, hitunglah mediannya!

Nilai657075808590
Frekuensi254432

 

Cara Penyelesaian
Dari tabel data di atas kita dapat mengetahui bahwa ia termasuk ke dalam data genap. Maka cara untuk menyelesaikannya adalah:

  1. Data tersebut sudah urut dari terkecil hingga terbesar. Lalu cari nilai tengahnya dengan membagi dua sisi nilainya. Sehingga di tengah-tengah hanya ada nilai 75 dan 80. 
  2. Tentukan nilai Xn2 dengan cara menghitung frekuensi nilai dari yang terkecil (sisi kiri) yaitu 65 sebanyak 2 berarti ia adalah data ke-2
  3. Selanjutnya yang mendapat nilai 70 sebanyak 5 siswa berarti ia termasuk ke dalam frekuensi data ke-3 sampai ke-7.
  4. Selanjutnya nilai tengah Xn2 adalah pada frekuensi data ke-8 yaitu pada nilai 75.
  5. Jika sudah menemukan frekuensi data pertama, maka frekuensi data kedua   Xn2+1 adalah data ke-9 yaitu pada nilai 75. 
  6. Masukkan nilainya ke dalam rumus 

Me = Xn2 + Xn2+12

Me = 75+ 752

Median = 75

Bisa disimpulkan bahwa nilai median dari nilai UAS siswa kelas 10 SMK Boyolali adalah 75 

Modus (Nilai yang Sering Muncul)

Sesuai dengan judulnya, penyajian data modus merupakan penyajian data dengan nilai yang sering muncul. Nilai modus biasa dilambangkan dengan lambang “Mo”. Mencari nilai modus pada data tunggal, dengan cara menghitung frekuensi nilai yang sering muncul. Jika dalam data berkelompok, maka lihatlah frekuensi nilai yang paling banyak.  

Contoh Soal Modus

Nilai70758085
Banyak Siswa8345

Cara Penyelesaian

Amati frekuensi (banyak siswa) yang mendapatkan nilai terbanyak. 

Jadi, dari contoh di atas didapatkan kesimpulan bahwa terdapat 8 siswa yang mendapatkan nilai 70. Maka,  nilai modus yang paling banyak adalah 70.

Baca Juga: Mengenal Stoikiometri, Hukum dan Konsep Dasar Perhitungan Kimia 

Kesimpulan

Nah, bagaimana sudah paham bukan? Mean, median, modus bisa kalian dapatkan dengan menggunakan cara di atas. Mean, median, modus termasuk ke dalam ilmu statistika sederhana. Ilmu ini berguna untuk kalian di jenjang akademis berikutnya. 

Semoga bermanfaat ya!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mean Median Modus: Pengertian, Contoh Soal & Pembahasannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]