1. Uncategorized

Simak Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Ideologi Negara!

Strategi mengatasi ancaman di bidang ideologi adalah langkah tepat untuk menyelamatkan ideologi negara. Beberapa bentuk ancaman yang berpotensi merugikan negara akan terkontrol dengan baik dan tidak menimbulkan kerugian yang berarti.

Semenara itu, pengaruh buruk dari globalisasi, agresi militer, kesenjangan sosial dan ekonomi serta gerakan-gerakan ekstrimis lainnya akan terhenti jika kita melakukan tindakan-tindakan di bawah ini, antara lain:

Mempelajari dan Mengamalkan Pancasila

Mempelajari & Mengamalkan Pancasila
Mempelajari & Mengamalkan Pancasila

Ideologi itu ibarat sebuah pondasi, ketika pondasi sudah kokoh dan kuat maka masalah apapun yang terjadi akan mudah terselesaikan. Maka dari itu pentingnya untuk mempelajari dan mengamalkan pancasila sejak dini. 

Jika ditinjau secara harfiah, pancasila berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu “panca” yang berarti lima dan “sila” yakni prinsip atau dasar. Seperti yang kita tahu, pelajaran tentang Pancasila ini sudah ada sejak di bangsu Sekolah Dasar.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Melansir kumparan.com, dengan mempelajari pancasila, maka generasi muda tidak akan mudah terpengaruh oleh pemikiran luar yang bertentangan dengan ideologi pancasila. Mempelajari Pancasila akan memproteksi mereka dari pengaruh negatif globalisasi dan modernisasi yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. 

Baca Juga: Faktor-Faktor & Contoh Ancaman Ideologi Sebuah Negara

Memberikan Edukasi Kepada Masyarakat

Mencerdaskan kehidupan bangsa ternyata tidak hanya sebatas memberikan pelajaran formal kepada anak bangsa. Salah satu langkah yang tidak kalah penting adalah memberikan edukasi terpadu mengenai nasionalisme, kecintaan terhadap tanah air serta kiat-kiat untuk menjaga keutuhan ideologi. 

Edukasi tersebut bisa disalurkan lewat berbagai media seperti iklan, media sosial, seminar dan penyuluhan di daerah setempat. Oleh karena itu, perlu sikap antusias dari pihak berwenang dan partisipasi masyarakat yang baik dalam mewujudkan bangsa yang kuat dan berkarakter sehingga tidak mudah terpengaruh oleh pihak luar. 

Menguatkan Pertahanan Negara dari Segi Non-militer

Semangat bela negara
Semangat bela negara

Strategi mengatasi ancaman di bidang Ideologi adalah menggalakkan pemikiran dan kesadaran bela negara dan dalam bidang pendidikan. Ancaman ideologi tentu tidak hanya secara fisik namun yang lebih berbahaya adalah pemikiran. 

Konsep penyebaran pemikiran yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila akan meruntuhkan pertahanan ideologi negara yaitu masyarakat sipil. Oleh karena itu, pemerintah perlu mengadakan upaya yang tepat sasaran untuk melindungi dan menguatkan pertahanan negara .

Memajukan Kesejahteraan Sosial dan Ekonomi

Ancaman ideologi juga berasal dari dalam negeri. Ketidakpuasan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah dan juga kondisi sosial dan ekonomi berpeluang meruntuhkan keutuhan negara yang berdaulat. Tentunya hal ini juga mengancam keberadaan ideologi sehingga perlu adanya upaya yang tepat sasaran dan tindakan tegas untuk memajukan kedua sektor tersebut. 

Baca Juga: Kilas Balik Periode Demokrasi Terpimpin di Indonesia

Menebalkan Pengetahuan Agama dan Akhlak

Mempertebal ilmu agama dan akhlak
Mempertebal Ilmu Agama dan Akhlak

Selanjutnya adalah menebalkan pengetahuan agama. Salah satu elemen penting sebuah negara untuk menjaga Ideologi adalah dengan bekerjasama dengan pemimpin agama atau tokoh-tokoh publik. 

Pemerintah dapat mengajak para pemuka agama untuk membentengi diri dari pengaruh buruk ideologi luar. Selain itu, mengajak masyarakat untuk menebalkan iman dan lebih taat dalam menjalankan ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya itu, tokoh-tokoh publik yang dikagumi tentunya juga sebagai jembatan atau penghubung komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat sipil terutama anak muda. Kolaborasi ini tentunya sangat dibutuhkan oleh sebuah negara untuk menciptakan keadaan yang damai, sejahtera dan jauh dari ancaman. 

Nah itulah strategi mengatasi ancaman di bidang ideologi. Nah, kira-kira kalian sebagai generasi muda apakah sudah siap dengan upaya-upaya di atas? Pasti sudah siap dong untuk Indonesia lebih kuat dan utuh. 

Sampai jumpa di artikel berikutnya ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Simak Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Ideologi Negara!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]