1. Pengetahuan Umum

Metode Penelitian Kualitatif

Metode Penelitian Kualitatif
Metode Penelitian Kualitatif, Foto Oleh Unsplash com

Ketika membuat sebuah penelitian, tentunya tak lepas dari pendekatan atau metode yang akan digunakan untuk mendapatkan data. Dalam ranah kelimuan, salah satu metode yang sering digunakan ialah metode penelitian kualitatif.

Biasanya, pendekatan kualitatif digunakan pada jenis penelitian di mana datanya bukan hasil dari penghitungan matematis.

Selain itu, metode ini juga ada beberapa jenis serta memiliki ciri-ciri yang tentunya berbeda dengan metode kuantitatif.

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif merupakan metode yang menghasilkan data penelitian bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. 

Artikel Terkait

  • Contoh Kalimat Fakta: Pengertian & Cara Mencarinya!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on November 30, 2023 at 2:12 pm

    Contoh Kalimat fakta merupakan salah satu kalimat yang hampir dapat kita jumpai di berbagai sumber, seperti artikel pada website, brosur, buku hingga tulisan pada layar televisi. Jika kalimat tersebut sesuai dengan apa yang terjadi dan dilakukan, maka dapat disebut sebagai kalimat fakta. Singkatnya, kalimat fakta itu kalimat yang menjelaskan bahwa hal tersebut benar-benar terjadi. Oh Artikel Contoh Kalimat Fakta: Pengertian & Cara Mencarinya! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Kalimat Deskripsi, Cara Membuatnya & Kegunaannya!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on November 29, 2023 at 2:51 pm

    Selain mempelajari kalimat definisi, pada pelajaran Bahasa Indonesia kita juga mempelajari tentang kalimat lainnya. Salah satunya, kalimat deskripsi. Kalimat ini termasuk yang mudah untuk dipelajari serta dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari kita.  Karena caranya dengan hanya melihat objeknya secara langsung. Kita sudah bisa mendeskripsikan dari berbagai unsur. Misal kalau makhluk hidup berupa fisik dan perilaku. Sedangkan, Artikel Contoh Kalimat Deskripsi, Cara Membuatnya & Kegunaannya! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Kalimat Definisi: Pengertian Ahli, Cara Membuat & Contoh!
    by Aloysius Juhandi (Studio Literasi) on November 28, 2023 at 1:02 pm

    Ada berbagai macam kalimat yang pernah kita pelajari pada saat pelajaran Bahasa Indonesia. Salah satunya adalah kalimat definisi. Kalimat ini biasanya digunakan untuk menjelaskan suatu objek atau topik yang kita bicarakan.  Ternyata, kalimat ini memiliki pengertian yang lebih luas, yang bukan hanya sekadar pengertian dan contoh saja.  Untuk lebih luasnya akan Studioliterasi akan membahasnya melalui Artikel Kalimat Definisi: Pengertian Ahli, Cara Membuat & Contoh! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Cara Mempelajari Volume Kubus & Rumusnya!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on November 27, 2023 at 3:40 pm

    Ketika berada di kelas 5 dan 6 SD, kita mendapatkan materi mengenai bangun ruang , pada pelajaran Matematika. Materinya sudah lebih mendalam pembahasannya. Salah satunya, materi tentang menghitung volume. Materi ini merupakan salah satu materi yang bisa dibilang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Maka tidak heran banyak yang tidak paham dan akhirnya pada saat Artikel Cara Mempelajari Volume Kubus & Rumusnya! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Pendekatan kualitatif juga lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah daripada melihat sebuah permasalahan.

Dalam metode ini, landasan teori digunakan sebagai panduan guna memfokuskan penelitian sekaligus menonjolkan proses serta makna yang terdapat pada permasalahan tersebut. 

Ciri-Ciri Metode Penelitian Kualitatif

Ilustrasi ciri-ciri metode penelitian kualitatif
Ciri-Ciri Metode Penelitian Kualitatif , Foto Oleh Unsplash com

Agar kalian lebih memahami tentang metode penelitian kualitatif, berikut ada ciri-ciri yang harus kalian ketahui:

  1. Bersifat deskriptif analitik

Pendekatan kualitatif bersifat deskriptif analitik di mana data yang diperoleh tidak diuraikan dalam bentuk angka-angka melainkan narasi.

Data penelitian bisa berupa hasil wawancara, pengamatan, pemotretan, analisis dokumen, dan catatan lapangan. 

Jadi misalnya, ketika seorang peneliti sudah memperoleh data melalui wawancara beberapa koresponden, maka selanjutnya hasil data tersebut akan ditampilkan dalam bentuk uraian naratif. 

  1. Menggunakan Lingkungan Sebagai Sumber Data

Dalam hal ini, peneliti datang langsung ke lokasi objek guna memperoleh data atau informasi terkait penelitian. 

Saat di lokasi objek penelitian, peneliti harus mengamati, mencatat, bertanya, melakukan interaksi langsung, bahkan menyusun data yang diperoleh saat itu juga disana. 

  1. Mengutamakan Proses

Metode kualitatif lebih mengfokuskan pada proses  penelitian yang berjalan daripada hasil. Jadi, proses analisa dan data yang dikumpulkan harus benar-benar matang.

Terkait dengan hasil, mungkin peneliti sudah memprediksi sebelumnya. Namun yang menjadi titik beratnya ialah alasan serta bagaimana proses penelitian itu berlangsung. 

  1. Bersifat Induktif

Metode kualitatif bersifat induktif karena tidak dimulai dari deduksi teori, melainkan berawal dari lapangan yaitu fakta empiris.

Peneliti melakukan proses pengamatan data secara langsung di lapangan. Kemudian dari data tersebut akan dihasilkan sebuah teori atau penjelasan deskriptif. 

  1. Mengutamakan Makna

Metode kualitatif cenderung fokus pada makna suatu fenomena atau peristiwa yang diteliti. Makna tersebut dapat digali melalui persepsi objek penelitian. 

Prosedur Metode Penelitian Kualitatif

Prosedur Metode Penelitian Kualitatif
Prosedur Metode Penelitian Kualitatif , Foto Oleh Unsplash com

Secara umum, prosedur metode kualitatif dimulai dengan mengumpulkan data-data dari responden atau objek. Data tersebut tentu berkaitan dengan fenomena yang diteliti.

Dalam metode ini, satu responden atau objek dapat menghasilkan banyak data. Hal itu karena penelitian kualitatif lebih mengutamakan kelengkapan data dari satu responden daripada banyaknya responden itu sendiri.

Setelah semua data sudah saling melengkapi, peneliti pun mulai melakukan analisa. Pada tahap akhir, peneliti membuat kesimpulan berupa narasi yang menjelaskan secara mendalam tentang fenomena yang diteliti.

Macam-Macam Metode Penelitian Kualitatif

  1. Etnografis

Metode etnografis adalah metode yang digunakan untuk menemukan makna atau esensi di sebuah kebudayaan, kegiatan, kepercayaan, bahasa, dan cara-cara hidup  pada suatu masyarakat tertentu. 

Metode ini membuat peneliti tidak hanya mengamati saja, melainkan ikut terlibat secara langsung ke dalam suatu kelompok atau masyarakat tertentu yang dipilih. 

Oleh karena itu, waktu penelitian dapat berlangsung lama, bahkan sampai berbulan-bulan. 

Dalam kurun waktu tersebut, peneliti tetap bisa mengumpulkan data berupa foto, buku harian, artefak, serta catatan lain yang berkaitan dengan fokus penelitian. 

  1. Fenomenologis

Fenomenologis ialah metode untuk menemukan persamaan makna dari suatu fenomena yang dialami sekelompok orang. 

Metode ini dilakukan melalui teknik wawancara. Peneliti akan mewawancarai satu per satu responden yang mengalami fenomena sama. 

Teknik wawancara bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon mereka secara umum terhadap fenomena itu.

  1. Grounded Theory

Metode grounded theory dilandasi oleh teori yang sudah ada. Namun, peneliti tetap melakukan riset di mana ia melakukan pengamatan serta wawancara langsung di lapangan guna membuktikan kebenaran teori sebelumnya. 

Peneliti mempelajari teori yang akan diteliti terlebih dahulu sebelum melakukan riset. Kemudian, peneliti melaksanakan observasi langsung di lapangan. 

Data yang ditemukan di lapangan pun dapat bersifat dinamis atau berubah-ubah, sehingga hasil penelitian akan berbeda dengan teori sebelumnya.

  1. Historis

Metode historis digunakan untuk meneliti sebuah fenomena atau peristiwa di mana sudah terjadi di waktu lampau. 

Peneliti mengumpulkan data melalui pengamatan yang dilakukan di tempat peristiwa tersebut berlangsung, serta melakukan wawancara terhadap orang-orang yang masih ada kaitannya dengan peristiwa itu. 

Kemudian, hasil penelitian biasanya disajikan dalam bentuk narasi yang berisi penjelasan mengapa peristiwa itu terjadi.

  1. Studi Kasus

Studi kasus merupakan metode untuk mencari tahu alasan dan penjelasan dibalik terjadinya suatu peristiwa atau fenomena.

Jika historis digunakan untuk meneliti peristiwa yang sudah terjadi, maka studi kasus untuk peristiwa yang sedang berlangsung.

Dalam mengumpulkan data, peneliti akan melakukan pengamatan dan wawancara langsung terhadap semua hal yang berhubungan dengan peristiwa itu. 

Kelima macam metode penelitian kualitatif di atas tidak hanya digunakan untuk penelitian akademis saja, melainkan dapat digunakan juga untuk mengungkap fenomena sosial, alam bahkan kriminal. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Metode Penelitian Kualitatif

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Penyajian data dalam matematika tentunya bukan hal asing. Masih ingatkah tentang parameter penyajian data? Yap benar, penyajian data sederhana menggunakan mean, median, modus. Daya yang disajikan merupakan hasil dari observasi atau pengamatan maupun penelitian yang dilakukan sebelumnya.  Penyajian data ada berbagai cara seperti dalam bentuk diagram, tabel, infografis dan sebagainya. Nah, tunggu apa lagi kawan […]
    Halo, kawan literasi. Lama kita tidak membahas seputar tips-tips seru. Siapa nih di antara kalian yang kurang optimal mengerjakan soal matematika maupun pelajaran lain karena sering lupa? Duh, dikit-dikit lupa hafalin rumusnya. Bikin kalian semakin pusing, nggak sih? Tapi, tenang saja karena pada pembahasan kali ini, kita akan bahas bagaimana cara meningkatkan daya ingat secara […]

    Trending

    Kawan literasi, tidak dipungkiri masih banyak di antara siswa yang kurang mahir dalam berbahasa Inggris. Seringkali hal ini dibuktikan dengan nilai Bahasa Inggris yang dibawah rata-rata atau sesederhana tidak memahami bacaan Bahasa Inggris. Penyebab utamanya adalah kurangnya penguasaan dalam vocabulary building.  Nah, kabar baiknya adalah penguasaan vocabulary building bisa dipelajari dengan baik asalkan ada niat […]
    Halo kawan literasi. Kalian pasti pernah belajar tense dalam Bahasa Inggris, bukan? Tentunya kalian sangat familiar dengan future tense. Dalam  pembahasan kali ini, adapun 10 contoh kalimat future tense kalimat yang menerangkan sebuah peristiwa di masa datang atau membicarakan sesuatu yang belum terjadi di masa sekarang.  Nah, kalian masih ingat apakah ciri-ciri kalimat yang menggunakan […]
    It’s English time! Halo kawan literasi, bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Dalam Bahasa Inggris jika kalian ingin mengungkapkan profesi, identitas di kalian atau kondisi  menggunakan bentuk kalimat apa? Yap, kalian pasti menggunakan kalimat nominal. By the way, apa kalian benar-benar tahu contoh kalimat nominal Bahasa Inggris dengan baik?  Nah berhubung tenses di […]