1. Kelas 11 Fisika
  2. Uncategorized

GLBB : Pengertian, Jenis, Rumus , Aplikasi & Contoh Soalnya

Sadarkah kalian, jika setiap hari kalian setidaknya berkutat dengan waktu dan kecepatan. Sebagai contoh, ketika kalian pergi terlambat ke sekolah menggunakan motor tentu saja dengan kecepatan yang lebih dari biasanya. Kalian akan melihat perubahan kecepatan tetap laju motor secara beraturan setiap detiknya dengan satuan “km/h”  Itulah namanya GLBB atau Gerak Laju Berubah Beraturan yang akan kita pelajari kali ini. 

Yap, kalian akan melihat bagaimana benda itu bergerak dari posisi satu ke posisi lain pada bidang lurus serta menghitung percepatannya. Tenang saja, ini tidak serumit seperti yang kalian pikirkan. Simak selengkapnya di sini!

Pengertian GLBB

 

Terjung Payung adalah Contoh Aktivitas GLBB
Terjung Payung adalah Contoh Aktivitas GLBB

Gerak Lurus Berubah Beraturan atau GLBB adalah sebuah benda yang bergerak pada lintasan lurus dengan perubahan kecepatan yang tetap. Lebih jelasnya, benda tersebut bergerak dengan perubahan kecepatan secara tetap atau berubah dengan teratur setiap detiknya.

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Perubahan kecepatan secara tetap, maka percepatan geraknya tetap (konstan) dan tidak bernilai nol. 

Jenis-Jenis GLBB

 

Grafik GLBB
Grafik GLBB

Ngomong-ngomong tentang percepatan, Gerak Lurus Berubah Beraturan terbagi menjadi dua, antara lain:

GLBB dipercepat

GLBB dipercepat terjadi ketika gerak suatu benda pada sebuah lintasan lurus dengan kecepatan bertambah secara teratur setiap detiknya. Benda tersebut bergerak dengan percepatan yang konstan atau tetap.

GLBB diperlambat

Kebalikan dengan sebelumnya, kecepatan suatu benda tersebut mengalami penurunan secara konstan setiap detiknya, hingga benda tersebut benar-benar berhenti. 

Rumus GLBB

GLBB dipercepat

Berikut adalah rumus untuk menghitung GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan jika kecepatan laju suatu benda menjadi cepat

vₜ  = v₀+ at

s   = v₀t + ½ at²

vₜ² = v₀² + 2as

 

Keterangan:

v  = kecepatan (m/s)

v₀ = kecepatan awal (m/s)

vt = kecepatan akhir

a = percepatan (m/s²)

t = waktu (s)

s = jarak (m)

GLBB diperlambat

Sedangkan, ini adalah rumus untuk menghitung GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan jika kecepatan laju suatu benda menjadi lambat

vₜ  = v₀ – at

s   = v₀t – ½ at²

v= v₀² – 2as

 

Keterangan:

v  = kecepatan (m/s)

v₀ = kecepatan awal (m/s)

vₜ = kecepatan akhir

a = percepatan (m/s²)

t = waktu (s)

s = jarak (m)

Penerapan GLBB di Kehidupan Sehari-Hari 

Melempar bola adalah Contoh Aktivitas GLBB
Melempar bola adalah Contoh Aktivitas GLBB

Salah saat manfaat mempelajari ilmu fisika untuk mempermudah kegiatan sehari-hari. Aplikasi atau penerapan Gerak Lurus Berubah Beraturan atau GLBB bisa kalian lakukan saat melakukan beberapa kegiatan yang berhubungan dengan waktu dan kecepatan.

Sebagai contoh, ketika kalian melempar bola ke atas, maka kalian sedang mengalami peristiwa GLBB diperlambat. Bola yang melambung ke atas, maka kecepatan bola akan terus berkurang seiring bola menjauhi dasar atau tanah. 

Contoh yang kedua adalah, ketika kalian mengemudikan mobil ketika kondisi jalan raya di depan terlihat lengang, maka sebagian besar kalian akan menambah kecepatan laju mobil tersebut. Maka jarum speedometer akan bergerak secara beraturan ke arah kanan. Itulah yang dinamakan GLBB dipercepat.

Aplikasi GLBB ketiga adalah saat melihat seseorang bermain skateboard di taman. Perhatikan ketika pemain itu berseluncur di permukaan yang miring. Dari persitiwa tersebut, pemain itu sedang melakukan peristiwa GLBB dipercepat. Skateboard yang semula berada di atas dan kemudian berseluncur akan terjadi penambahan kecepatan secara konstan. 

Penerapan GLBB keempat ini, cukup terlihat ekstrim. Saat kalian bermain ke puncak, kalian sedikit banyak melihat aktivitas penerjun payung sedang melakukan aksinya. Olahraga udara ini menerapkan prinsip GLBB dipercepat, lho. Mengapa demikian? sebab kecepatan penerjun payung akan semakin bertambah ketika hendak mendarat atau mendekati tanah. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh gaya gravitasi.

Terakhir, penerapan GLBB bisa kalian ketahui saat kalian sedang berkendara, lalu bertemu dengan lampu pengatur lalu lintas. Ketika lampu dari kejauhan berwarna merah, maka otomatis akan berhenti dengan cara menarik tuas rem. Nah, kegiatan yang sering kalian lakukan ini juga termasuk dalam GLBB diperlambat.

Contoh Soal dan Pembahasan

 

Menarik Rem Adalah Contoh Peristiwa GLBB
Menarik Rem Adalah Contoh Peristiwa GLBB

 

Rasanya tidak lengkap, jika belajar ilmu fisika tanpa berlatih soal. Berikut adalah beberapa contoh soal yang bisa menjadi sumber belajar kalian. Perhatikan baik-baik, ya!

Soal 1

Sebuah bola di sudut ruangan yang semula diam kemudian ditendang dengan kecepatan 10 m/s² , berapakah kecepatan bola tersebut selama 2s?

Penyelesaian:

Dik:

v₀ = 0 km/h (karena bola tidak bergerak)

a = 10 m/s²

t = 2 detik

Dit:

vₜ = ?

Jawab:

Dari soal tersebut, kalian harus mencari nilai kecepatan akhir (vₜ).  Bola mengalami GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan dipercepat. Sehingga kalian harus memasukkan rumus berikut ini:

vₜ  = v₀ + at

vₜ = 0 + 10 m/s² . 2

vₜ =  20 m/s

 

Maka, kecepatan bola tersebut selama 2 detik adalah 20 m/s.

 

Soal 2

Sebuah batu besar berada di jalanan kota di Surabaya. Terdapat sepeda motor melaju dengan kecepatan 50 m/s dan mengetahuinya dari jarak 5 meter. Supaya pengendara motor tidak mengalami kecelakaan dan berhenti sebelum mengenai batu, maka pengendara itu harus menarik tuas rem dengan baik. Hitunglah perlambatan laju sepeda motor tersebut! 

Penyelesaian:

Dik:

vₜ = 50 m/s

v0 = 0 m/s

s = 5 meter

Dit:

a = ?

Jawab:

Nah, soal tersebut menanyakan perlambatan laju sepeda motor. Jadi, kalian harus mencari nilai a. Maka, kalian harus memasukkan rumus berikut ini:

vₜ²  = v0² – 2as

0² = 50² – 2a . 5

0² = 50² – 10a

0² = 2500 – 10a

10a = 2500

a = 2500 / 10

a = 250 m/s²

Maka, perlambatannya sepeda motor itu sebesar 250 m/s²

Kesimpulan

Nah, akhirnya kita sudah berada di penghujung pembahasan. GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan adalah ilmu fisika dasar yang setidaknya harus kalian pahami. Jenis-jenisnya pun terbagi menjadi dua tergantung kondisi dan peristiwa yang sedang terjadi.

Secara tidak sadar, kita sudah menerapkan teori ini dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak sebatas itu saja karena ada banyak peristiwa yang melibatkan penerapan GLBB. 

Cukup sekian materi dari kami. Jangan lupa untuk terus belajar dengan tekun. Semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: GLBB : Pengertian, Jenis, Rumus , Aplikasi & Contoh Soalnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]