1. Uncategorized

GLBB : Pengertian, Jenis, Rumus , Aplikasi & Contoh Soalnya

Sadarkah kalian, jika setiap hari kalian setidaknya berkutat dengan waktu dan kecepatan. Sebagai contoh, ketika kalian pergi terlambat ke sekolah menggunakan motor tentu saja dengan kecepatan yang lebih dari biasanya. Kalian akan melihat perubahan kecepatan tetap laju motor secara beraturan setiap detiknya dengan satuan “km/h”  Itulah namanya GLBB atau Gerak Laju Berubah Beraturan yang akan kita pelajari kali ini. 

Yap, kalian akan melihat bagaimana benda itu bergerak dari posisi satu ke posisi lain pada bidang lurus serta menghitung percepatannya. Tenang saja, ini tidak serumit seperti yang kalian pikirkan. Simak selengkapnya di sini!

Pengertian GLBB

 

Terjung Payung adalah Contoh Aktivitas GLBB
Terjung Payung adalah Contoh Aktivitas GLBB

Gerak Lurus Berubah Beraturan atau GLBB adalah sebuah benda yang bergerak pada lintasan lurus dengan perubahan kecepatan yang tetap. Lebih jelasnya, benda tersebut bergerak dengan perubahan kecepatan secara tetap atau berubah dengan teratur setiap detiknya.

Artikel Terkait

  • Struktur Teks Laporan Percobaan, Ciri-Ciri dan Contohnya
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 17, 2023 at 11:48 am

    Teks laporan percobaan merupakan salah satu jenis teks yang ada dalam materi Bahasa Indonesia. Teks ini berfungsi untuk melaporkan percobaan yang dilakukan oleh seorang penulis. Penulisannya tentu tidak boleh asal, sebab teks ini harus menyatakan fakta hasil dari percobaan dan disusun dengan sistematis. Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak artikel berikut hingga akhir, Kawan Literasi! Apa Artikel Struktur Teks Laporan Percobaan, Ciri-Ciri dan Contohnya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 13 Tanda Baca, Fungsi, dan Contoh Penggunaan sesuai EYD
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 17, 2023 at 8:38 am

    Dalam suatu kalimat, terdapat tanda baca yang biasanya digunakan. Baik itu kalimat pernyataan, kalimat tanya, atau kalimat seruan. Masing-masing menggunakan tanda baca sesuai fungsinya. Contohnya, tanda titik (.) yang umumnya digunakan untuk mengakhiri suatu kalimat berita.  Fungsi tanda baca adalah memudahkan pembaca untuk memberi jeda, mengetahui struktur suatu kalimat, dan menentukan intonasi. Lalu, bagaimana fungsi Artikel 13 Tanda Baca, Fungsi, dan Contoh Penggunaan sesuai EYD pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pencemaran Tanah: Komponen Pencemar, Dampak, dan Penanganan
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 17, 2023 at 2:01 am

    Pencemaran tanah terjadi jika terdapat makhluk hidup, zat, maupun komponen lain ke dalam tanah hingga kualitas tanah menurun. Biasanya pencemaran tanah kerap terjadi akibat bahan kimia buatan manusia yang merubah lingkungan tanah. Apa saja sumber pencemaran tanah, dampak, dan cara menanganinya? Untuk mengetahuinya, simak artikel Studio Literasi kali ini hingga akhir, Kawan Literasi! Pencemaran Tanah Artikel Pencemaran Tanah: Komponen Pencemar, Dampak, dan Penanganan pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Konjungsi: Ketahui Jenis-Jenis hingga Contoh Penggunaannya
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 5, 2023 at 3:44 am

    Konjungsi lebih akrab disebut sebagai kata hubung. Konjungsi berfungsi menghubungkan dua klausa maupun frasa dalam sebuah kalimat agar saling berkesinambungan. Contoh paling umum yaitu dan, tetapi, maupun, sedangkan, dan lain sebagainya.  Namun tahukah Kawan Literasi jika konjungsi memiliki berbagai macam jenis dan penggunaannya yang berbeda? Simak artikel Studio Literasi kali ini hingga selesai untuk mengetahuinya Artikel Konjungsi: Ketahui Jenis-Jenis hingga Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Perubahan kecepatan secara tetap, maka percepatan geraknya tetap (konstan) dan tidak bernilai nol. 

Jenis-Jenis GLBB

 

Grafik GLBB
Grafik GLBB

Ngomong-ngomong tentang percepatan, Gerak Lurus Berubah Beraturan terbagi menjadi dua, antara lain:

GLBB dipercepat

GLBB dipercepat terjadi ketika gerak suatu benda pada sebuah lintasan lurus dengan kecepatan bertambah secara teratur setiap detiknya. Benda tersebut bergerak dengan percepatan yang konstan atau tetap.

GLBB diperlambat

Kebalikan dengan sebelumnya, kecepatan suatu benda tersebut mengalami penurunan secara konstan setiap detiknya, hingga benda tersebut benar-benar berhenti. 

Rumus GLBB

GLBB dipercepat

Berikut adalah rumus untuk menghitung GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan jika kecepatan laju suatu benda menjadi cepat

vₜ  = v₀+ at

s   = v₀t + ½ at²

vₜ² = v₀² + 2as

 

Keterangan:

v  = kecepatan (m/s)

v₀ = kecepatan awal (m/s)

vt = kecepatan akhir

a = percepatan (m/s²)

t = waktu (s)

s = jarak (m)

GLBB diperlambat

Sedangkan, ini adalah rumus untuk menghitung GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan jika kecepatan laju suatu benda menjadi lambat

vₜ  = v₀ – at

s   = v₀t – ½ at²

v= v₀² – 2as

 

Keterangan:

v  = kecepatan (m/s)

v₀ = kecepatan awal (m/s)

vₜ = kecepatan akhir

a = percepatan (m/s²)

t = waktu (s)

s = jarak (m)

Penerapan GLBB di Kehidupan Sehari-Hari 

Melempar bola adalah Contoh Aktivitas GLBB
Melempar bola adalah Contoh Aktivitas GLBB

Salah saat manfaat mempelajari ilmu fisika untuk mempermudah kegiatan sehari-hari. Aplikasi atau penerapan Gerak Lurus Berubah Beraturan atau GLBB bisa kalian lakukan saat melakukan beberapa kegiatan yang berhubungan dengan waktu dan kecepatan.

Sebagai contoh, ketika kalian melempar bola ke atas, maka kalian sedang mengalami peristiwa GLBB diperlambat. Bola yang melambung ke atas, maka kecepatan bola akan terus berkurang seiring bola menjauhi dasar atau tanah. 

Contoh yang kedua adalah, ketika kalian mengemudikan mobil ketika kondisi jalan raya di depan terlihat lengang, maka sebagian besar kalian akan menambah kecepatan laju mobil tersebut. Maka jarum speedometer akan bergerak secara beraturan ke arah kanan. Itulah yang dinamakan GLBB dipercepat.

Aplikasi GLBB ketiga adalah saat melihat seseorang bermain skateboard di taman. Perhatikan ketika pemain itu berseluncur di permukaan yang miring. Dari persitiwa tersebut, pemain itu sedang melakukan peristiwa GLBB dipercepat. Skateboard yang semula berada di atas dan kemudian berseluncur akan terjadi penambahan kecepatan secara konstan. 

Penerapan GLBB keempat ini, cukup terlihat ekstrim. Saat kalian bermain ke puncak, kalian sedikit banyak melihat aktivitas penerjun payung sedang melakukan aksinya. Olahraga udara ini menerapkan prinsip GLBB dipercepat, lho. Mengapa demikian? sebab kecepatan penerjun payung akan semakin bertambah ketika hendak mendarat atau mendekati tanah. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh gaya gravitasi.

Terakhir, penerapan GLBB bisa kalian ketahui saat kalian sedang berkendara, lalu bertemu dengan lampu pengatur lalu lintas. Ketika lampu dari kejauhan berwarna merah, maka otomatis akan berhenti dengan cara menarik tuas rem. Nah, kegiatan yang sering kalian lakukan ini juga termasuk dalam GLBB diperlambat.

Contoh Soal dan Pembahasan

 

Menarik Rem Adalah Contoh Peristiwa GLBB
Menarik Rem Adalah Contoh Peristiwa GLBB

 

Rasanya tidak lengkap, jika belajar ilmu fisika tanpa berlatih soal. Berikut adalah beberapa contoh soal yang bisa menjadi sumber belajar kalian. Perhatikan baik-baik, ya!

Soal 1

Sebuah bola di sudut ruangan yang semula diam kemudian ditendang dengan kecepatan 10 m/s² , berapakah kecepatan bola tersebut selama 2s?

Penyelesaian:

Dik:

v₀ = 0 km/h (karena bola tidak bergerak)

a = 10 m/s²

t = 2 detik

Dit:

vₜ = ?

Jawab:

Dari soal tersebut, kalian harus mencari nilai kecepatan akhir (vₜ).  Bola mengalami GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan dipercepat. Sehingga kalian harus memasukkan rumus berikut ini:

vₜ  = v₀ + at

vₜ = 0 + 10 m/s² . 2

vₜ =  20 m/s

 

Maka, kecepatan bola tersebut selama 2 detik adalah 20 m/s.

 

Soal 2

Sebuah batu besar berada di jalanan kota di Surabaya. Terdapat sepeda motor melaju dengan kecepatan 50 m/s dan mengetahuinya dari jarak 5 meter. Supaya pengendara motor tidak mengalami kecelakaan dan berhenti sebelum mengenai batu, maka pengendara itu harus menarik tuas rem dengan baik. Hitunglah perlambatan laju sepeda motor tersebut! 

Penyelesaian:

Dik:

vₜ = 50 m/s

v0 = 0 m/s

s = 5 meter

Dit:

a = ?

Jawab:

Nah, soal tersebut menanyakan perlambatan laju sepeda motor. Jadi, kalian harus mencari nilai a. Maka, kalian harus memasukkan rumus berikut ini:

vₜ²  = v0² – 2as

0² = 50² – 2a . 5

0² = 50² – 10a

0² = 2500 – 10a

10a = 2500

a = 2500 / 10

a = 250 m/s²

Maka, perlambatannya sepeda motor itu sebesar 250 m/s²

Kesimpulan

Nah, akhirnya kita sudah berada di penghujung pembahasan. GLBB atau Gerak Lurus Berubah Beraturan adalah ilmu fisika dasar yang setidaknya harus kalian pahami. Jenis-jenisnya pun terbagi menjadi dua tergantung kondisi dan peristiwa yang sedang terjadi.

Secara tidak sadar, kita sudah menerapkan teori ini dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak sebatas itu saja karena ada banyak peristiwa yang melibatkan penerapan GLBB. 

Cukup sekian materi dari kami. Jangan lupa untuk terus belajar dengan tekun. Semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: GLBB : Pengertian, Jenis, Rumus , Aplikasi & Contoh Soalnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Untuk menyelenggarakan kegiatan lingkup negara maupun daerah, pasti membutuhkan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, Undang-Undang di Indonesia telah mengatur pengelolaan dana melalui APBN dan APBD. Meskipun sama-sama bertujuan untuk mengatur pendanaan, keduanya juga memiliki perbedaan dalam hal sumber serta fungsinya. Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak artikel kali ini hingga selesai, ya, Kawan Literasi! […]
    Halo kawan literasi, akhirnya kita akan berjumpa lagi. By the way, pernahkah kalian membeli snack atau ice cream dari supermarket lalu terlintas kalian berpikir plastik itu terbuat dari apa? Kemudian saat kalian memasak, kalian pasti heran mengapa pegangan alat masak terasa begitu solid dan ringan? Peristiwa-peristiwa di atas merupakan contoh dari kegunaan polimer dalam kehidupan […]

    Trending

    Cause and effect merupakan salah satu jenis kalimat yang paling sering digunakan baik dalam teks maupun percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui cara menyusun kalimat ini dengan benar. Sebagian orang pun masih melakukan kesalahan dalam menyatakan sebab dan akibat dalam bahasa Inggris.  Misalnya, “Because sick, she can’t come to school.” Klausa pertama […]
    Puisi terbagi menjadi dua jenis, yaitu puisi lama dan puisi baru. Perbedaan yang signifikan diantara keduanya yaitu pada aturan penulisannya. Puisi lama biasanya lebih kaku karena adanya aturan seperti jumlah kata dan pengulangan kata. Setiap jenisnya pun memiliki ketentuannya sendiri. Kawan Literasi pasti sudah tidak asing dengan pantun atau syair. Pantun dan syair merupakan beberapa […]
    Kerajaan Kediri dikenal dengan nama Kerajaan Panjalu. Kerajaan ini berdiri pada sekitar abad ke-12 tahun 1042-1222. Berada di tepi Sungai Brantas, Jawa Timur, dahulu kerajaan ini merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno dengan corak Hindu. Bagaimana kehidupan masa kerajaan ini berdiri dan apa penyebab keruntuhannya? Simak artikel kali ini hingga selesai! Awalnya, kerajaan ini adalah hasil […]
    Sebagai makhluk sosial, manusia tentu melakukan interaksi sosial. Nah, untuk bisa hidup dengan teratur, perlu sistem yang dapat mengaturnya, yaitu lembaga sosial. Institusi seperti sekolah, perusahaan, bahkan keluarga pun merupakan bentuk dari lembaga sosial.  Menurut Koentjaraningrat, pengertian lembaga sosial adalah sistem tata kelakuan dan relasi yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan hidup ini mencakup […]