1. Uncategorized

Sistem Ekonomi Pancasila: Pengertian, Prinsip & Ciri-Cirinya

Sistem ekonomi pancasila memegang peranan penting dalam roda perekonomian negara Republik Indonesia. Tahukah kalian guys, jika pancasila itu sendiri yang dikenal sebagai dasar negara Indonesia itu menjadi dasar atau fundamental dalam menjalankan sistem perekonomian Indonesia? Hmm, menarik nih! Lalu, bagaimana ya implementasi, definisi, prinsip, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangannya dari sistem ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Sistem Ekonomi Pancasila

Sistem yang Berlandaskan Nilai Pancasila
Sistem yang Berlandaskan Nilai Pancasila

Oke, kita mulai dengan definisinya terlebih dahulu.Berdasarkan kompas.com, ia merupakan sistem ekonomi pasar yang bertumpu pada kelima dasar pancasila. Analogi sederhananya, sistem ini sangat menjunjung tinggi nilai-nilai dan moral dalam setiap butir-butir pancasila. 

Sistem ini mengimplementasikan konsep kekeluargaan dan semangat gotong royong. Dengan adanya implementasi sistem tersebut dalam aspek ekonomi, diharapkan mampu memperjuangkan kesejahteraan seluruh warga Indonesia

Prinsip Sistem Ekonomi Pancasila

Lantas, bagaimanakah sistem ekonomi pancasila ini bisa berjalan dengan seksama? Dengan memperhatikan prinsip-prinsip yang selaras dengan makna pada sila-sila pancasila maka roda perekonomian bisa berjalan dengan baik. Beberapa prinsip di bawah ini yang perlu kalian ketahui, antara lain:

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Kegiatan Ekonomi Berjalan Dengan Baik

Kegiatan Ekonomi Berjalan dengan Baik
Kegiatan Ekonomi Berjalan dengan Baik

Prinsip pertama adalah menciptakan ekonomi bangsa yang lebih unggul, maka diperlukan adanya rangsangan ekonomi yang kuat serta perilaku moral yang baik. Dengan adanya rangsangan ekonomi yang baik maka kesehjateraan bangsa akan tercapai.

Pemerataan Sosial

Pemerataan Sosial
Pemerataan Sosial

Tujuan utama dari sistem ekonomi pancasila ini tak lain lagi adalah mewujudkan kemakmuran dan kesehjateraan sosial untuk masyarakat Indonesia. Pemerataan ekonomi yang memadai secara tidak langsung dapat menanggulangi kesenjangan  sosial. 

Kalian ingat sila 5 Pancasila yang berbunyi “Kesehjateraan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”? Nah, sistem tersebut diharapkan berhasil mengurangi ketimpangan ekonomi selaras denga nilai dan moral-moral dasar negara Indonesia

Mewujudkan perekonomian nasional yang tangguh, kokoh, dan mandiri adalah impian setiap bangsa. Lantas, bagaimana cara menggapainya? Tentunya untuk melaksanakan sistem ekonomi pancasila perlu adanya semangat nasionalisme yang membara. 

Rasa nasionalisme yang kuat serta elemen masyarakat yang saling terhubung dapat menyongsong pembangunan ekonomi menuju Indonesia 2045. Selanjutnya, pemerintah perlu mengadakan berbagai upaya, evaluasi berkala serta mencari solusi dari setiap permasalahan ekonomi yang terjadi supaya pembangunan ekonomi berjalan lancar. 

Keseimbangan yang Harmonis

Secara praktikal, perlu adanya langkah yang efisien untuk mencapai keseimbangan yang harmonis dalam menciptakan keadaan ekonomi yang unggul. Maksudnya adalah dengan menciptakan perencanaan nasional dengan desentralisasi ekonomi yang transparan dan  bertanggung jawab. Namun, untuk sampai bisa ke masyarakat perlu pemerintahan otonomi untuk membuat ekonomi tetap stabil dan terpelihara dengan baik. 

Baca Juga: Simak Strategi Mengatasi Ancaman di Bidang Ideologi Negara!

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pancasila

Ciri-ciri sistem ekonomi pancasila bisa terlihat dari beberapa hal di bawah ini. Ia berperan penting dalam kelangsungan hidup suatu bangsa dalam sebuah negara. Simak ciri-cirinya berikut ini!

Negara Menguasai Kehidupan Orang Banyak

Negara Menguasai Hidup Orang Banyak
Negara Menguasai Hidup Orang Banyak

Guna mengatur roda perekonomian supaya tetap stabil dan terjaga maka negara harus mengambil alih beberapa aset untuk diatur sedemikian rupa untuk masyarakat. Beberapa aset penting yang berguna untuk kehidupan masyarakat seperti hasil bumi, tambang, batu bara dan sebagainya. 

Dengan adanya regulasi ekonomi yang tertata dan efisien maka pemerintah juga perlu mempertimbangkan beberapa ancaman terkait dengan ketersediaan aset yang ada di alam maupun tidak. 

Pemerintah dan Swasta Saling Bersinergi Membangun Perekonomian

Dengan adanya sinergi antara pihak pemerintah dan swasta, maka menjadi mudah untuk mencapai sebuah kemakmuran.  Mereka saling mendukung satu sama lain untuk pembangunan nasonal yang lebih baik. Beberapa ketentuan seperti pihak swasta tidak mendapati posisi yang vital serta tidak mendominasi ekonomi. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi adanya ketimpangan dan ketidakpuasan bagi masyarakat.

Prioritas Utama Mencapai Perekonomian Tangguh

Ekonomi Tangguh
Tujuan Untuk Membangun Ekonomi Tangguh

Karakteristik selanjutnya adalah mempunyai visi yang cemerlang yakni mencapai perekenomian yang tangguh. Perekonomian yang tangguh bisa dimulai dengan mencerminkan rasa nasionalisme dalam setiap pembangunan ekonomi dalam skala kecil atau besar. Lalu, untuk mempertahankannya, perlu upaya dari pemerintah serta ikut andil masyarakat dan pihak  swasta. 

Kelebihan & Kekurangan Sistem Ekonomi Pancasila

Sama dengan yang lain, sistem ekonomi pancasila memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh sebab itu, perlu adanya kesadaran baik dari pemerintah maupun masyarakat supaya roda perekonomian tetap stabil

Kelebihan 

  1. Pengelolaannya dilakukan secara bersama-sama, karena memang untuk kepentingan bersama.
  2. Sistem ini berorientasi untuk masyarakat luas, bukan untuk kepentingan golongan tertentu saja. 
  3. Masyarakat diberikan kebebasan untuk berkreasi dan berinovasi dalam menjalankan usaha selama tidak mengganggu kepentingan bangsa dan negara. 
  4. Negara mengakui usaha kepemilikan individu selama tidak bertentangan dengan hajat orang banyak. 

Kekurangan

  1. Sistem ekonomi pancasila ini menganut asas demokrasi maka membutuhkan waktu lebih banyak, kemufakatan serta tenaga.
  2. Pengambilan keputusan berjalan lambat sehingga kurang efisien.
  3. Meskipun warga negara memiliki kebebasan dalam berinovasi, namun tak menutup kemungkinan negara turut mendominasi kreativitas dan inovasi warga negara. 

Baca Juga: 5 Ancaman Terhadap NKRI, Resiko, & Bentuk-bentuknya

Kesimpulan

Sistem ekonomi pancasila merupakan sistem pengaturan ekonomi yang berlandaskan sila-sila dan nilai moral pancasila. Oleh sebab itu, prinsip-prinsip yang diimplementasikan juga berdasarkan nilai moral dari pancasila tersebut. Semangat gotong royong dan rasa nasionalisme yang tinggi bisa mendukung keberhasilan dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain itu, kelebihan dan kekurangannya perlu dipertimbangkan dengan baik. Cara yang paling efektif adalah mendukung kelebihan dan sebisa mungkin berupaya menekan dampak dari kekurangan sistem ekonomi pancasila. 

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Sistem Ekonomi Pancasila: Pengertian, Prinsip & Ciri-Cirinya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]