1. Kelas 11 Penjasorkes

Pengertian Pergaulan Sehat, Ciri-ciri & Dampaknya

Meski memiliki kepribadian yang berbeda-beda, manusia secara alamiah pasti membutuhkan interaksi sosial dengan intensitas yang berbeda-beda. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain agar kehidupannya dapat berjalan dengan baik hingga akhir hayat. Nah oleh sebab itu, mereka membutuhkan pergaulan sehat untuk dapat berkembang lebih baik. Dari lahir sampai ke liang lahat pun, kita tetap membutuhkan bantuan orang lain, bukan?

Interaksi sosial yang terjadi setiap hari berbeda antara satu orang yang lainnya. Oleh karena itu, dampak yang muncul dari tiap-tiap interaksi sosial juga berbeda. Salah satu interaksi sosial yang paling mudah diidentifikasi adalah pergaulan. Memulai pergaulan alias jalinan sosial tidak boleh asal-asalan ya guys. Pergaulan yang buruk tentu akan menyebabkan dampak buruk bagi seorang individu. 

Konsep Pergaulan Sehat

Konsep Pergaulan Sehat
Konsep Pergaulan Sehat

Kawan literasi, konsep pergaulan sehat tidak serumit yang kalian bayangkan,lho. Aktivitas ini berarti suatu jalinan sosial yang membawa seorang individu atau komunitas untuk memperoleh dampak positif dari jalinan sosial yang terjadi. Cukup sederhana, kan?

Masa di mana teknologi berkembang semakin masif adalah masa-masa yang mengkhawatirkan. Batas-batas yang ada perlahan semakin mengabur. Lambat laun, pergaulan yang seringkali dianggap sebagai pergaulan yang memberikan banyak manfaat dapat menjadi pergaulan yang tidak sehat karena beberapa alasan.

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Pergaulan sehat penting untuk dimiliki bagi individu dari segala rentang usia. Baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Mengapa demikian? Pergaulan turut menjadi faktor terbentuknya kepribadian bagi masing-masing individu. Apalagi bagi mereka, anak-anak dan remaja yang masih dalam fase perkembangan dan pematangan jati diri.

Terlibat dalam pergaulan tidak sehat akan merugikan diri sendiri dan bukan tidak mungkin akan turut berdampak pada orang-orang di sekitarnya.

Walaupun memberikan banyak manfaat, globalisasi memiliki keterkaitan dengan adanya pergaulan tidak sehat atau pergaulan bebas. Negeri kita menganut norma dan budaya ketimuran yang di mana mereka tidak selaras dengan budaya liberal seperti hedonisme, sekularisme, konsumerisme, hingga free sex.  

Baca Juga: 10 Penyakit Menular Seksual: Penyebab & Cara Pencegahannya

Ciri Ciri Pergaulan Sehat 

Pergaulan yang membawa dampak baik dan menghindarkan dari segala pengaruh buruk. Selanjutnya, melansir dari Modul PJOK kelas ,  inilah ciri-ciri pergaulan yang patut kawan literasi ketahui, antara lain: 

1) Memiliki Akhlak yang Mulia

Berada dalam pergaulan yang baik salah satunya dapat diidentifikasi dengan kepribadian orang yang sudah terlibat didalamnya. Mereka yang ada pada pergaulan yang baik memiliki kecenderungan kecil untuk bertindak buruk.

2) Selalu Berprasangka Baik Kepada Siapapun

Positive Thinking
Positive Thinking

Waspada seringkali di salah pahami sebagai prasangka buruk, padahal dua hal tersebut berlawanan makna. Seseorang dapat menumbuhkan prasangka baik terhadap sesama dengan tetap bertindak waspada pada lingkungan sekitarnya.

3) Menumbuhkan Sikap Pemaaf

Sikap Pemaaf
Sikap Pemaaf

Selanjutnya, ciri-ciri pergaulan sehat adalah tidak menyimpan dendam dari seseorang yang telah menyakiti.  Menyimpan rasa sakit hati yang terlalu lama justru akan berdampak buruk pada kesehatan batin dirinya sendiri Seseorang yang memiliki pergaulan yang baik sebisa mungkin memaafkan kesalahan temannya.  

4) Menghindarkan Diri dari Perasaan Iri atau Dengki

Faktor yang membentuk kepribadian seseorang salah satunya adalah pergaulan. Seseorang yang terbiasa berada di sekitar mereka yang memiliki perasaan iri dan dengki akan bertindak seperti mereka di kemudian hari.

5) Memiliki Sifat Malu dalam Beberapa Konteks

Kemudian adalah sifat malu. Hayo, siapa nih yang masih suka buat malu diri sendiri? Sikap malu di sini adalah bersikap santun dan bertindak sesuai tata krama yang berlaku. Seseorang yang tidak tahu malu dan merasa dirinya paling benar dapat mempermalukan dirinya sendiri di depan umum. Wah, kalian jangan sampai seperti itu ya kawan literasi? 

6) Senantiasa Menepati Janji 

Menepati Janji
Menepati Janji

Ingkar janji bukanlah perilaku yang terpuji. Seseorang yang berkepribadian terpuji selalu menepati janji yang mereka buat. Jangan mematahkan kepercayaan seseorang dengan mengingkari janji kita kepadanya. Asal kalian tahu, dengan mengingkari sebuah janji, teman bisa saja menjauhi kita,lho.  

7) Berlomba-lomba dengan Kebaikan

Salah satu ciri dari pergaulan yang sehat tidak lain adalah orang-orang yang ada di lingkungan tersebut akan senantiasa berlomba-lomba dengan kebaikan. Menyenangkan bukan memiliki kawan yang selalu bertindak positif?

8) Membantu Teman Tanpa Terkecuali

Membantu Teman
Membantu Teman

Membantu teman tanpa membeda-bedakan bisa jadi salah satu indikator pergaulan yang sehat. Namun, ada kalanya kalian harus cermat memilih tentang siapa yang akan kalian jadikan teman sejati. 

9) Memberikan Nasihat Baik kepada Mereka yang Membutuhkan

Selanjutnya, ciri-ciri pergaulan sehat adalah menumbuhkan sikap supportif kepada teman. Berikan nasihat kepadanya terutama yang tengah membutuhkan dukungan emosional. Namun, adakalanya teman kalian ingin hanya ingin didengarkan keluh kesahnya. Jangan lupa, tumbuhkan rasa empati dan jaga mereka untuk selalu berada pada lingkungan yang positif ya?

10) Tidak Gemar Membicarakan Aib atau Keburukan Teman

Membicarakan aib orang lain adalah satu dari sekian hal yang sia-sia. Menyebarkan keburukan dan membicarakan aib orang lain apalagi teman sendiri berpeluang menciptakan permusuhan antara kita dan mereka. Asal kalian tahu, orang-orang yang berada di pergaulan yang sehat akan menjaga reputasi temannya.  

Baca Juga: Emotional Intelligence, Berperan Penting dalam Kesuksesan

Beberapa Dampak Positif Pergaulan Sehat 

Segala yang baik pasti menghasilkan dampak yang tak kalah baik pula. Berikut adalah beberapa dampak positif ketika terlibat dalam pergaulan sehat, antara lain:

1. Mengarahkan Seseorang ke Kepribadian yang Positif

Bukannya malah menjerumuskan seseorang ke perilaku-perilaku buruk yang menyimpang. Lingkungan pergaulan yang sehat justru akan mendorong setiap individu yang terlibat untuk selalu menjadi lebih baik kedepannya.

2. Memiliki Support System yang Baik

Beberapa orang menganggap adanya support system atau seseorang yang selalu ada dalam kondisi apapun di kehidupan kita adalah hal penting. Terlibat dalam pergaulan positif tentu akan membuatmu dikelilingi dengan orang-orang baik yang senantiasa mendukungmu sehingga semangatmu tidak akan surut. 

3. Membuka Kesempatan Untuk Bertemu dengan Orang-Orang Hebat

Orang-orang hebat yang berhasil memberikan manfaatnya kepada sekitar pasti dikelilingi oleh pergaulan yang positif. Pergaulan yang tidak sehat akan membuat seseorang merasa terbelenggu dalam lingkungan negatif yang berdampak buruk bagi kesehatan, terutama kesehatan mental. Manfaatkan teman-teman yang positif untuk menggali potensimu supaya kalian bisa berkembang dengan lebih baik, ya? 

4. Berkemauan dan Berkemampuan untuk Mengenali Sesuatu yang Baik/Buruk

Terkadang, kita tak sadar bahwa kita tengah terkungkung dalam pergaulan tidak sehat sehingga tidak mampu membedakan mana sebenarnya yang baik dan buruk. Apalagi ketika perilaku buruk tercipta karena pergaulan tersebut. 

5. Terhindar dari Perilaku-Perilaku yang Menyimpang Norma

Pergaulan sehat akan menghindarkanmu dari perilaku-perilaku yang memicu pelanggaran norma, baik norma sosial maupun norma hukum yang tengah berlaku di masyarakat. Bergaul dengan circle tidak sehat tak serta merta membuatmu menjadi seseorang yang toxic alias ‘beracun’. Namun, tinggal menunggu waktu saja bahwa secara tidak sadar perilakumu akan mencerminkan perilaku mereka. 

Itu tadi segenap informasi tentang pergaulan sehat beserta ciri-ciri dan manfaatnya. Jangan pernah meremehkan dampak kecil yang disebabkan oleh pergaulan yang kurang sehat. Sesuatu yang kecil akan menjadi besar pada waktu yang tepat. Sekian dan semoga bermanfaat ya, Kawan Literasi!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Pergaulan Sehat, Ciri-ciri & Dampaknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]