1. SMK

Mengenal 9 Prinsip Desain Grafis dan Cara Penggunaannya

Kawan Literasi pasti sering banget kan menemukan desain pada kemasan produk? Nah hasil desain tersebut merupakan salah satu penerapan desain grafis dalam kehidupan sehari-hari. Hm, apa itu desain grafis? Yuk kita pelajari prinsip dasar desain grafis di Studio Literasi. 

Apa itu Desain Grafis?

Desain grafis adalah suatu bentuk proses komunikasi yang dilakukan secara visual dengan menggunakan berbagai elemen seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi untuk menyampaikan pesan.

Ketika membuat desain grafis diperlukan berbagai kombinasi yang menciptakan sesuatu yang selaras. Hal yang harus desainer kuasai ketika sedang mendesain adalah memiliki kemampuan untuk mengkombinasikan warna, gambar, dan tulisan untuk menciptakan perpaduan yang menyatu. Bagi Kawan Literasi yang tertarik dengan desain grafis, ada beberapa prinsip yang harus dipelajari agar menciptakan desain yang tepat. 

Ada berbagai perdebatan mengenai jumlah unsur dan prinsip desain grafis, ada yang mengatakan tujuh, sembilan, atau bahkan sebelas. Namun, ketika mendesain tidak selalu menggunakan semua unsur tersebut. Seorang desainer, harus dapat merancang komposisi yang sesuai. Kali ini, Studio Literasi akan membahas mengenai 9 prinsip dasar desain grafis beserta cara menggunakannya. 

Artikel Terkait

  • 4 Contoh Soal Tekanan Zat Padat Ini Bisa Jadi Referensi Belajar!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 3:35 am

      Salah satu cara lain dalam pelajaran IPA, selain dengan menjelaskan tentang teori serta uji laboratorium, yakni mempelajari beberapa contoh soal, terlebih kalau menyangkut rumus. Tujuannya untuk membuktikan sekaligus mempraktekan cara menghitungnya. Seperti materi tekanan zat padat berikut ini yang bakal membahas beberapa soal melalui artikel ini. Rumus Utama & Definisi Tekanan Zat Padat Tekanan Artikel 4 Contoh Soal Tekanan Zat Padat Ini Bisa Jadi Referensi Belajar! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Cermin Cembung: Bentuk, Sifat, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 3:15 am

    Kalau pada cermin cekung, sifatnya konvergen. Nah, pada Cermin cembung, sebuatannya sebagai cermin divergen. Lantaran termasuk jenis cermin yang permukaannya melengkung ke luar seperti bola. Sehingga memiliki sifat-sifat khusus yang berbeda dari cermin datar dan cermin cekung. Artikel ini bakal mengulas secara mendalam mengenai beberapa aspek, termasuk bentuk, sifat, rumus, contoh soal serta penerapannya dalam Artikel Cermin Cembung: Bentuk, Sifat, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Pesawat Sederhana Bidang Miring
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 3:00 am

    Pesawat sderhana Bidang miring, sebuah materi biasanya kamu dapatkan saat berada pada kelas 8 SMP. Cakupan materinya paling meliputi definisi, cara kerja, jenis benda hingga penggunaan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kalau SMA (IPA) masuknya dalam mata pelajaran Fisika pembahasannya lebih detail, terdapat rumus untuk menghitungnya. Semua itu bakal terbahas secara lengkap melalui artikel ini. Barangkali Artikel Tentang Pesawat Sederhana Bidang Miring pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Cermin Cekung: Sifat, Rumus, dan Pemanfaatannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 2:55 am

      Cermin cekung, atau yang dikenal juga sebagai cermin konkaf, merupakan cermin dengan permukaan melengkung ke dalam. Karena bentuknya  menghasilkan berbagai sifat bayangan yang menarik dan berbeda dari cermin datar maupun cembung. Artikel ini mengupas tuntas seluk beluk tentang cermin cekung, mulai dari sifat bayangan, rumus, hingga berbagai pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. 1. Sifat-Sifat Cermin Artikel Cermin Cekung: Sifat, Rumus, dan Pemanfaatannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

9 Prinsip-prinsip Desain Grafis

Nah, untuk mempelajari desain grafis lebih jauh lagi, adapun prinsip-prinsipnya yang perlu kalian ketahui, antara lain: 

1. Keseimbangan

Komposisi adalah salah satu hal penting dalam desain. Seorang desainer harus memperhatikan masing-masing komposisi agar menciptakan estetika yang seimbang dan lebih komunikatif agar dapat menyampaikan pesan dan membentuk persepsi. Ada dua prinsip untuk menciptakan desain yang seimbang yakni menjaga keseimbangan simetris, asimetris, radial, dan sederajat.  

2. Hierarki

Hirarki
Hirarki

Ketika membuat sebuah desain, maka semua objek harus memiliki kepentingan sama. Desainer harus dapat membuat skala yang tepat untuk setiap objek agar orang menjadi tahu pusat perhatian sebuah desain. Elemen-elemen harus dapat disesuaikan dan diprioritaskan pada bagian tertentu untuk menciptakan desain yang sesuai.  

3. Kesejajaran

Alignment merupakan sesuatu yang mengacu pada elemen grafis yang sejajar pada sebuah halaman. Keselarasan pada komposisi rata kiri, tengah, atau kanan merupakan hal yang menjaga keselarasan. Elemen yang berbeda antara satu dan yang lain dapat menggambarkan desain dengan kesan yang berantakan serta dapat mengacaukan komposisi. 

Desainer harus mampu untuk menggambarkan secara jelas posisi teks yang selaras agar elemen satu dengan lainnya dapat terhubung. Selain itu, letak sebuah judul dan pusat juga harus diperhatikan secara detail. 

Baca Juga: Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) & Prospek Kerjanya

4. Proporsi

Poster Film Enchanto
Poster Film Enchanto

Kawan Literasi pernah tidak memperhatikan sebuah poster film? Kamu akan melihat ada objek yang lebih menonjol daripada dengan yang lainnya. Nah dalam desain grafis hal itu disebut sebagai proportion. Desain dapat membagi skala untuk membandingkan setiap unsur yang ada sehingga audiens dapat memusatkan perhatian pada apa yang ingin desainer tonjolkan.

5. Ruang Kosong

Sebuah desain yang memiliki latar kosong tanpa elemen apapun disebut sebagai ruang kosong atau negative space. Desain yang terlalu menggunakan banyak elemen terkadang membuat ruang komposisi terasa “sesak”. Ruang kosong akan membuat sesuatu lebih menonjol dan pengalaman audience yang lebih baik lagi. 

6. Kontras

Kontras
Kontras

Prinsip desain yang harus dipahami selanjutnya adalah kontras. Penggunaan sebuah warna, ukuran, bentuk, hingga elemen yang serupa harus mengacu pada perbedaan. Mengapa penting? Karena sebuah perbedaan yang kontras akan menjadi hal yang menjadi pusat perhatian audiens ketika pertama kali melihat sebuah desain.

Ada catatan penting pada penggunaan kontras yakni elemen menjadi menonjol antara satu dengan lainnya. Desain yang kurang kontras akan menghasilkan sesuatu yang tidak terlalu audiens ingat. Fungsi lain dari sebuah kontras adalah aksesibilitas yakni kontras antara elemen akan lebih mudah diakses oleh orang yang mengalami kesulitan membaca teks pada layar atau yang tidak memiliki kontras yang memadai. 

Baca Juga: Cara Membuat Logo Sendiri & Tipsnya Agar Profesional

7. Penekanan

Ketika melihat sebuah desain, audiens biasanya akan tertuju pada sesuatu yang menonjol dan membuat tertarik. Beberapa yang membuat tertarik adalah judul, gambar, dan CTA (Call to Action). Hal ini perlu untuk desainer tekankan pada sebuah desain agar pesan yang ingin diberikan dapat tersampaikan pada audiens. 

Desainer yang belum mengetahui bagaimana penekanan pada komposisi desain akan mengakibatkan kebingungan pada audiens. Selalu pastikan untuk menekankan kesan pengguna dengan membuat komposisi elemen, white space, dan pola yang sesuai. 

8. Pergerakan

Pergerakan
Pergerakan

Pernahkah kawan literasi ketika melihat sebuah desain seperti pola desain tersebut mendorong mata untuk mengikut alurkan? Seperti melihat pola desain yang paling besar, kemudian yang kecil, dan elemen lainnya. Hal tersebut merupakan komposisi desain seorang desainer agar dapat mengontrol mata audiensnya. Gerakan mata manusia biasanya akan berpola seperti F dan Z atau pola kue lapis.

9. Kesatuan

Prinsip yang terakhir adalah sebuah desain harus memberikan rasa kesatuan yang harmonis. Komposisi visual dan konseptual harus mampu membuat audiens menjadi lebih nyaman sehingga semua terlihat baik pada tempatnya. Metode unity yang baik adalah:

  1. Proximity.yakni elemen sangat dekat dan terlihat seperti kelompok yang terpadu.
  2. Alignment, yakni elemen yang sejajar sehingga tampak rapi dan terkait.
  3. Repetition. yakni pengulangan elemen untuk menciptakan rasa kesatuan dan harmonis dengan pola yang teratur. 

 

Nah itu tadi prinsip-prinsip desain yang harus Kawan Literasi ketahui ketika membuat sebuah desain. Semoga artikel ini dapat membantumu ya untuk membuat desain yang memukau mata. Selamat mencoba 🙂

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal 9 Prinsip Desain Grafis dan Cara Penggunaannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]
    Pasca kemerdekaan Indonesia, Indonesia tidak sepenuhnya merdeka, lho. Masih ada upaya-upaya Belanda ingin menjajah dan menduduki negara Indonesia. Maka dari itu, para pemuda Indonesia tidak ingin hal tersebut terjadi. Sehingga, terbentuklah Konferensi Meja Bundar (KMB) atau dalam bahasa Belanda disebut dengan Nederlands-Indonesische ronde tafel conferentie. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut konferensi […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]