1. Uncategorized

Sel Elektrolisis: Pengertian, Cara Kerja & Contoh Reaksinya

Halo kawan literasi, bagaimana kabarnya? kali ini kita akan membahas tentang elektrolisis. Sebelumnya, apakah kalian pernah mengamati mengapa besi yang semula berkarat yang rapuh dan berlubang menjadi bagus kembali? 

Tentu itu bukan sulap bukan sihir ya, kawan literasi. Dalam ilmu kimia, ada beberapa cara pencegahan supaya logam yang semula rusak menjadi bagus lagi lho guys, namanya adalah elektroplating. Elektroplating menggunakan prinsip sel elektrolisis yang dimana memanfaatkan arus listrik. Daripada penasaran, yuk kita kupas satu persatu di pembahasan di bawah ini!

Pengertian Sel Elektrolisis

Salah satu pencegahan besi berkarat adalah pelapisan logam. Pelapisan logam atau elektroplating menggunakan konsep sel elektrolisis. Teknik ini merupakan bagian dari konsep elektrokimia. Jadi, sel elektrolisis merupakan reaksi yang melibatkan arus listrik untuk menjadi reaksi kimia.

Perubahan ini secara umum terdiri dari larutan elektrolit, sumber listrik, anode dan katode. Elektrolit yaitu zat yang dapat menghantarkan listrik. Jadi, larutan elektrolit yang familiar untuk digunakan adalah larutan garam, larutan basa ataupun larutan asam. Sementara itu, sumber listrik tersebut menyuplai arus listrik secara searah. Kemudian untuk menjalankan sel elektrolisis, membutuhkan anode (kutub positif) sebagai tempat reaksi oksidasi dan katode (kutub negatif) sebagai tempat terjadinya reaksi reduksi. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Baca Juga: Mengenal Asam Basa: Pengertian, Teori, Ciri-Ciri & Contohnya

Bagaimana Cara Kerja Sel Elektrolisis?

Nah, cara kerjanya adalah dengan cara menyiapkan kompartemen yang berisi larutan elektrolit, kemudian dua buah elektroda dicelupkan pada larutan tersebut. Elektrodenya bernama anode dan katode. Elektrode kemudian dihubungkan dengan sumber listrik memadai seperti baterai. Prosesnya pun berjalan. Supaya lebih paham, perhatikan gambar berikut ini!

 

Sel elektron di dalam larutan yang telah dialiri oleh arus listrik perlahan  akan berpindah dan masuk ke dalam katode dan mereka akan keluar melalui batang anode. Sehingga batang katode bermuatan negatif dan anode menjadi bermuatan positif. 

Nah, larutan elektrolit di dalam bejana tersebut akan mengion menjadi kation (kutub positif) dan anion (kutub negatif). Setelah terjadi peristiwa elektrolisis, kation dengan sendirinya akan menuju ke arah katoda yang bermuatan negatif dan anion akan menuju ke arah anoda yang bermuatan positif  

Contoh Reaksi Sel Elektrolisis

Elektrolisis Larutan NaCl (Elektrode Grafit)

NaCl Na+  + Cl

Na termasuk ke dalam logam golongan IA, sehingga air akan tereduksi di dalam katode. Sedangkan anion Cl akan teroksidasi di dalam anode. 

Katode : 2H2O (l) + 2e  → H2( g) + 2OH(aq)
Anode   : 2Cl(aq)  → Cl2 (g) + 2e
Reaksi sel : 2H2O(l) + 2Cl(aq) → H2(g) + 2OH(aq) + Cl2(g)

Baca Juga:Nilai Keelektronegatifan Atom 

Perbedaan Sel Volta dengan Sel Elektrolisis

Nah setelah mengerti pembahasan di atas, lantas kalian akan bertanya apa perbedaannya dengan sel volta. Sama-sama termasuk ke dalam elektrokimia, namun sel volta dan sel elektrolisis mempunyai perbedaan yang mendasar.

Perbedaannya terlihat pada reaksi yang terbentuk. Dalam sel volta, terjadi peristiwa perubahan  dari reaksi kimia menjadi arus listrik, sementara itu pada peristiwa sel elektrolisis, terjadi perubahan arus listrik untuk membentuk suatu reaksi kimia. Kedua sel tersebut bekerja dengan cara kebalikannya. Namun, mereka tetap membutuhkan arus listrik dan elektron yang bergerak. 

Fungsi Sel Elektrolisis

Penyepuhan Emas
Penyepuhan Emas

Selanjutnya, adapun fungsi dari pemanfaatan sel elektrolisis, antara lain:

  1. Untuk proses pembuatan gas oksigen, hidrogen, dan gas-gas lainnya.
  2. Bermanfaat untuk memurnikan kembali logam-logam yang kotor. Hal ini dilakukan dengan cara logam kotor diletakkan pada anoda sedangkan logam murni pada katoda.
  3. Berfungsi untuk memurnikan kembali logam mulia (penyepuhan) seperti emas, nikel, dan perak.
  4. Membantu dalam kegiatan produksi aluminium (Al) dan natrium (Na).

Kesimpulan

Sel elektrolisis merupakan bagian dari elektrokimia yang dimana menggunakan energi listrik untuk membuat suatu reaksi kimia. Cara kerjanya kalian harus mempersiapkan larutan elektrolit, sumber listrik, katode dan anode. Kemudian sel elektron yang di dalam larutan elektrolit yang telah dialiri listrik akan melewati batang katoda, mereka bergerak menuju ke atas dan keluar melalui Anoda. Sehingga katoda akan bermuatan negatif dan anoda bermuatan positif. 

Sementara itu, perbedaan sel volta dan sel elektrolisis cukup signifikan pada reaksi yang terbentuk. Sel volta mengawalinya dari pembentukan reaksi kimia sehingga menjadi arus listrik. Sedangkan sel elektrolisis adalah kebalikannya.

Nah bagaimana? Kalian sudah cukup paham bukan? Oke sampai jumpa di artikel pembahasan fisika selanjutnya dan semoga bermanfaat ya kawan literasi!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Sel Elektrolisis: Pengertian, Cara Kerja & Contoh Reaksinya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]